Coating thickness gauge adalah alat yang berfungsi untuk mengukur ketebalan lapisan suatu benda atau produk. Biasanya alat ukur ketebalan ini digunakan pada industri untuk mengukur seberapa bagus kualitas lapisan produk yang mereka buat.

Alat ini bekerja dengan metode magnetik dan eddy current. Setiap coating thickness gauge memiliki prinsip dan tingkat akurasi yang berbeda. Coating thickness gauge yang umum digunakan biasanya mendukung pengukuran metode magnetik dan eddy current. Secara relatif, metode magnetik memiliki akurasi pengukuran yang lebih tinggi, tetapi metode ini juga memiliki keterbatasan tertentu.

Coating thickness gauge ini termasuk dalam kategori alat pengukuran NDT atau non-destruktif karena alat ini tidak merusak benda atau material yang diukur. Alat ini dapat mengukur ketebalan lapisan non-magnetik pada bahan feromagnetik, seperti seng, tembaga, lapisan kromium pada permukaan baja, atau lapisan seperti cat, enamel, plastik yang diperkuat serat kaca, plastik semprot, dan aspal.

Bagaimana Coating Thickness Gauge bekerja?

Coating thickness gauge bekerja dengan cara menempelkan probe pada benda yang akan diukur ketebalan lapisannya, lalu hasilnya akan tampil pada layar alat tersebut. Seperti yang disebutkan di atas, coating thickness gauge dapat bekerja dengan metode eddy current dan magnetik. Kedua metode ini memiliki kelebihannya masing – masing.

Metode magnetik dapat digunakan untuk mengukur ketebalan berbagai lapisan non-magnetik seperti seperti lapisan cat, lapisan semprotan bubuk (powder coating), lapisan porselen, lapisan pelapis krom, lapisan tembaga, dan seng yang disemprotkan pada berbagai material magnetik (baja, logam, dll).

Metode eddy current dapat mengukur ketebalan semua lapisan isolasi yang disemprotkan pada material logam non-magnetik (seperti aluminium, tembaga, kuningan, dan stainless steel).

Coating thickness gauge harusnya merupakan alat ukur ketebalan lapisan yang akurat. Jika Anda sudah membeli coating thickness gauge namun hasilnya masih tidak akurat mungkin faktor berikut yang menjadi penyebabnya:

Faktor yang Menyebabkan Coating Thickness Gauge Tidak Akurat

Medan magnet yang kuat

Eksperimen telah membuktikan bahwa ketika coating thickness gauge digunakan di dekat medan elektromagnetik sekitar 10.000V, hasil pengukuran akan terganggu. Pastikan Anda menggunakan alat ini jauh dari medan magnet yang tinggi.

Faktor Pengguna Baru

Situasi ini sering terjadi pada pengguna baru. Alasan mengapa coating thickness gauge dapat mengukur ke tingkat mikron karena dapat mengambil sedikit perubahan fluks magnet dan mengubahnya menjadi sinyal digital. Jika Anda belum terbiasa menggunakan coating thickness gauge untuk pengukuran, probe dapat menyimpang dari sampel yang diukur, menyebabkan fluks magnet berubah, dan menghasilkan pengukuran yang salah.

Oleh karena itu, disarankan untuk menguasai metode pengukuran saat menggunakan coating thickness gauge untuk pertama kalinya. Penempatan probe memiliki pengaruh besar pada pengukuran. Selama pengukuran, probe harus dalam posisi tegak lurus terhadap permukaan sampel yang akan diukur. Dan waktu penempatan probe juga tidak boleh terlalu lama, agar tidak menimbulkan gangguan medan magnet dari sampel itu sendiri.

Ukuran Benda yang diukur

Bidang minimum material yang diukur adalah 7mm, dan ketebalan minimum adalah 0,2mm. Coating thickness gauge tidak dapat digunakan pada material di bawah ukuran tersebut.

Terdapat Benda yang Menempel

Coating thickness gauge sensitif terhadap zat adhesi yang mencegah probe bersentuhan dengan permukaan lapisan. Oleh karena itu, benda – benda lain yang menempel seperti label atau semacamnya harus dilepas untuk memastikan bahwa probe bersentuhan langsung dengan permukaan lapisan, terutama untuk coating thickness gauge magnetik. Saat melakukan kalibrasi alat ini, permukaan material yang dipilih juga harus kosong dan halus.

Coating thickness gauge Anda rusak

Faktor yang terakhir adalah coating thickness gauge Anda mungkin rusak. Yang namanya benda elektronik memang seperti itu, terkadang cepat rusak, terkadang awet. Solusinya adalah hubungi teknisi atau vendor yang menjual coating thickness gauge Anda untuk diperbaiki.

Itulah faktor yang menyebabkan coating thickness gauge Anda tidak akurat. Semoga artikel ini bermanfaat, kunjungi website kami setiap hari untuk informasi menarik lainnya. Jika Anda tertarik dengan alat ini kami jual coating thickness gauge. Hubungi kami di Office: 021-2956-3045, Email: sales@testingindonesia.com, Whatsapp: 0813-9929-1909 (Zulfikri), 0822-5870-6420 (Anto).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *