Apa Itu Alat Ukur Ketebalan?

Alat Ukur Ketebalan atau thickness meter adalah alat yang biasa digunakan untuk melakukan pengukuran ketebalan pada permukaan suatu benda. alat pengukuran ini sudah memang dirancang khusus untuk melakukan pengukuran pada ketebalan. Thickness meter ini banyak digunakan untuk mengukurr ketebalan lapisan besi, kaca atau bahan padat lainnya.

Alat ini di desain dengan bentuk yang praktis digunakan pada pengukuran ketebalan NDT (Non Destructive Test). Alat ini mampu mengukuran dengan cepat dan tepat dengan hasil pengukuran yang presisi. Pada umumnya pengguna dari alat ini adalah para pelaku bisnis yang bergerak pada bidang kontruksi, atau para penyedia jasa pemeliharaan fasilitas industri dan pelaku bidang industri lainnya yang sangat membutuhkan alat ini.

Pada dasarnya pengaplikasian dan kegunaan dari alat ini dapat dibagi menjadi 2 yakni Coating Thickness Meter dan ultrasonic Thickness Gauge.

  1. Coating Thickness Gauge.

Coating thickness gaugealat ukur ketebalan merupakan sebuah alat ukur ketebalan yang secara khusus digunakan untuk melakukan pengkuran ketebalan pada lapisan / coating permukaan pada suatu benda, biasanya yang diukur adalah permukaan benda yang berbahan logam, baik yang memiliki sifat ferrous ataupun yang memiliki sifat non – ferrous.

Alat ini sangat penting bagi para pelaku industri, terutama untuk melakukan pengukuran pada ketebalan material, alat ini juga dapat digunakan untuk melakukan pengukuran ketebalan pada suatu produk, jika ketebalan pada suatu produk diketahui maka kita juga dapat mengetahui kondisi dari produk tersebut. Jika anda adalah seorang pelaku industri yang terkait dengan alat ini, alat ini sangat cocok untuk anda karena alat ini dapat digunakan untuk tetap menjaga kualitas produk anda.

 

 

  1. Ultrasonic Thickness Gauge

alat ukur ketebalanalat pengukur ketebalan ini merupakan alat yang digunakan untuk melakukan pengukuran ketebalan pada benda benda padat, terkhusus pada benda yang memiliki daya hantar gelombang ultrasonic yang baik.

Alat ini juga banyak digunakan para pelaku industri, Cuma pada bidang yang berbeda yakni pada industri perminyakan / kilang minyak. Alat ini digunakan untuk mengukur ketebalan pada tabung penyimpanan minyak, maksud dilakukan pengukuran ini adalah untuk memastikan bahwa tidak terjadi korosi di dalam tabung penyimpanan denga cara melihat dari ketebalan pada tabung.

 

 

 

>>>>>BACA JUGA Solusi Pengukur Ketebalan Cat Menggunakan Coating Thickness Gauge<<<<<

Cara Mengukur Ketebalan Dengan Menggunakan Ultrasonic Thickness Meter

Lakukan persiapan – persiapan berikut :

  • Lakukan persiapan alat, periksa kondisi pada alat, pastikan baterai pada alat dalam kondisi yang baik.
  • Bersihkan permukaan benda yang akan diukur dan pastikan permukaan benda tersebut terbebas dari kotoran dan apapun itu yang dapat mengurangi tingkat akurasi dari alat.
  • Oleskan Grease pada permukaan benda yang akan diukur
  • Luas permukaan yang yang akan dibersihkan dan dioleskan dengan Grease tidak perlu terlalu lebar dan besar, hanya cukup pada bagian yang akan dilakukan test saja.
  • Nyalakan alat dengan menekan tombol ON
  • Bersihkan permukaan pada test probe
  • Sebelum melakukan pengukuran lakukan verifikasi pada alat, apakah alat dapat bekerja dengan baik.
  • Cara melakukan verifikasi adalah dengan mengoleskan cairan Grease pada permukaan test probe setelah itu tempelkan test probe pada permukaan logam bulat yang ada pada alat tersebut.
  • Setelah test probe ditempelkan pada permukaan logam tersebut, tekan lalu tahan tomol zero selama beberapa saat, hingga terlihat hasil pengukuran sebesar 4,0 mm pada layar pada alat ukur.
  • Tempelkan test probe pada permukaan benda yang akan diukur yang sudah dibersihkan dan diolesi dengan Grease tadi
  • Untuk melihat hasil dari pengukuran dapat dilihat pada monitor yang sudah disediakan pada alat, hasil dari pengukuran akan ditampilkan dalam bentuk simbol.
  • Pada saat dilakukannya pengukuran pastikan simbol tersebut muncul pada alat, hal ini bertujuan untuk menandakan bahwa pengukuran sudah pasti berhasil dilakukan.
  • Apabila pada saat pengukuran simbol yang dimaksud tidak muncul, maka hal tersebut disebabkan karena permukaan pada alat yang tidak dalam keadaan bersih. Maka lakukan pembersihkan dan pengujian dengan cara yang sama.
  • Pastikan bahwa pengaturan nilai velocity pada alat uji sudah benar benar sesuai dengan velocity pada jenis benda yang akan dilakukan pengukuran dengan cara menekan tombol VEL pada alat

Pengaturan Velocity

Salah satu hal yang tidak kalah penting adalah menyesuiakan velocity, pengaturan velocity? Apa maksudnya? Maksudnya velocity adalah membedakan jenis benda yang akn dilakukan pengukuran. Nilai velocity harus diatur dan disesuaikan dengan benda yang akan dilakukan pengukuran pada ketebalannya.

Pengaturan Pada Alat Pengukur Ketebalan

Proses penyesuaian adalah sebuah teknik yang paling penting kita perhatikan, teknik ini dapat kita gunakan untuk melakukan pengaturan pada alat pengukur ketebalan sebuah lapisan, dan juga agar dapat menyesuaikan sesuai dengan kenyamanan tangan. Selain pada perbedaan material, bentuk serta permukaan pada akhir penyesuaian juga dapat dilakukan pada suhu yang relatif tinggi atau pada daerah yang memiliki medan magnet. Dengan melakukan penyesuaian pada alat pengukur ketebalan lapisan pada kondisi yang ada, maka kesalahan yang dihasilkan akan sangat berkurang ataupun bahkan tidak ada sama sekali. Efek dari permukaan yang kasar, terutama permukaan yang dihasilkan secara sengaja dengan membuat profil subsrat dengan melakukan pembersihan blast dengan grit atau shot dengan pembersihan mekanis, tentu hal tersebut cukup signifikan.

Lalu Bagaimanakah Pengukuran Pada film Kering?

Ketebalan pada film kering atau (DFT) dapat dilakukan pengukuran dengan menggunakan 2 metode, yakni dengan metode pengukuran ketebalan destruktif yang mana pada metode ini akan dilakukan pengukuran pada lapisan yang akan dipotong ke substrat dengan menggunakan sebuah pemotong. Metode yang kedua yakni dengan menggunakan teknik pengukuran ketebalan lapisan non destruktif, dengan menggunakan teknik yang tidak akan merusak atau bahkan menghancurkan lapisan dan substrat seperti pengujian magnetic, iduksi magnetic dan juga metode pengukuran ketebalan dengan arus eddy current.

Testing Indonesia sebagai perusahaan yang bergerak di bidang monitoring system kami jual alat ukur ketebalan dengan kualitas terbaik yang tentunya dengan harga yang bersahabat, untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami melalui nomor telepon : 021-2956-3045 atau melalui sales kami di email : sales@testingindonesia.co.id

 

sumber : ukurkadarair.com, duniaberbagiilmuuntuksemua

4 thoughts on “Cara Pengukuran Dengan Alat Ukur Ketebalan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *