alat ukur ketebalan

Testingindonesia.co.id – Thickness Gauge atau Alat Ukur Ketebalan adalah sebuah metode pengukuran Non Destructive atau NDT untuk melakukan pengukuran pada ketebalan pada sebuah media atau element padat seperti logam dan plastik, biasanya alat ukur ketebalan yang digunakan pada beberapa industri biasanya hanya pada metode pengukur ketebalan yang ultrasonic.

Pada saat melakukan pengukuran dengan menggunakan alat ini, akan dilakukan pengamatan pada gelombang ultrasonic yang bergerak melalui sebuah benda (misal pada sebuah besi) pada karakteristik kecepatan konstan. Jadi, dengan menggunakan beberapa informasi pada kecepatan gelombang, pengguna pada alat dapat melakukan penghitungan pada panjang jalur yang dilalui oleh gelombang dengan menggunakan sebuah rumus :


ALAT UKUR KETEBALAN ULTRASONIC

Alat ukur ketebalan ultrasonic pertama kali diciptakan pada tahun 1967 oleh seseorang bernama Werner Sobek, yakni seorang insinyur asal Polandia dari Katowice. Alat ukur pada ketebalan pertama ini digunakan untuk melakukan pengukuran pada gelombang yang dipancarkan pada sebuah sampel uji yang ditentukan, lalu kemudian dilakukan penghitungan pada micrometer dari pengukuran kecepatan ini dengan sebauh persamaan matematika tertentu.

Ada 2 jenis transduser yang dapat digunakan pada alat ukur ketebalan ultrasonic ini. Sensor tersebut adalah piezoelektrik dan juga EMAT. Kedua jenis transduser tersebut dapat memancarkan gelombang suara menuju ke material, frekuensi yang digunakan transduser ini juga sebelumnya harus ditentukan terlebih dahulu. Adapun frekuensi standar yang digunakan pada ultrasonic thickness gauge ini adalah 5 MHz.

Beberapa alat pengukur ketebalan ini mengharuskan si penggunanya untuk menggunakan gel, pasta ataupun sebuah cairan untuk menggunakan sebuah format demi menghilangkan celah antara transduser dan benda yang sedang dilakukan pengujian. Salah satu couplant yang sering digunakan adalah propylene glycol, akan tetapi masih banyak pilihan lain yang dapat digunakan.

Pada saat ini ada banyak sekali model dengan teknologi tinggi yang sudah ada di pasaran, thickness gauge digital yang modern memiliki sebuah kemampuan yang dapat melakukan penyimpanan pada data.

PENGUKURAN KETEBALAN PADA SEBUAH BAJA

Bahan baja dapat kita temui pada kehidupan kita sehari hari, pada baja yang digunakan pada sumur minyak dan gas, jalanan, rel kereta serta pada gedung pencakar. Di tempat penggilingan panas dan dingin akan melakukan pengiriman pada produk baja ini untuk memenuhi permintaan klien dengan spesifikasi yang sudah ditentukan. Maka dari sinilah alat ukur ketebalan akan digunakan.

Pengukuran yang cepat dan tepat sangat dibutuhkan untuk memastikan kualitas dan keseragaman pada sebuah produk, pada sebuah industri manufaktur baja akan mengguanakn alat ukur ini untuk melakukan pengukuran pada sebuah baja secara real time dan akurat. Sistem pengukur akan membantu untuk mamastikan bahwa sebuah produk sudah memenuhi sifat mekanis tertentu.

Ada berbagai jenis alat ukur ketebalan yang digunakan pada pengukuran ini, hal tersebut juga tergantung pada pengaplikasiannya. Ada pengukur untuk pabrik hot strip, cold rolling dan lainnya. Tiap tiap sistem tersebut akan membantu untuk meningkatkan efisiensi pada operasional baja dan hal kualitas pada ketebalannya.

Testing Indonesia – Kami sebagai perusahaan yang bergerak pada bidang system dan monitoring system, kami Jual Alat Ukur Ketebalan dengan kualitas terbaik dan pastinya dengan harga yang bersahabat. Untuk informasi lebih lanjut mengenai alat anda dapat KLIK DISNI atau untuk penawaran harga dan pembelian pada alat anda dapat menghubungi kami melalui :

WA : +62-813-992-919-09 (Zulfikri)

Phone : 021-2956-3045

Email : Sales@testingindonesia.com

Office : Jl.Radin Inten II No 61 B Duren Sawit Jakarta Timur

alat ukur ketebalan

Source : Wikipedia

 

2 thoughts on “Mengenal Apa Itu Alat Ukur Ketebalan

  1. Terimakasih Informasi yang disampaikan
    Kami tertarik dengan alat Ukur Ketebalan , tapi pertanyaan kami,
    apakah Alat ini bias juga untuk mengukur keramik ( Table Ware )

    Terimakasih

    1. @Rotua H Siregar : Tentu pak, alat ultrasonic thickness gauge dapat melakukan pengujian pada beberapa bahan, contoh pada bahan seperti logam, plastik, komposit, fiberglass, dan keramik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *