Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai apa itu Thickness Gauge lalu metode pengukuran pada thickness gauge, Ultrasonic Thickess Gauge serta apa itu Coating Thickness Gauge.

Apa itu Thickness Gauge?

Thickness gauge adalah alat pengukur ketebalan yang pada umumya digunakan pada pengukuran besi, kaca, aluminium, plastik, plat, pipa dan bahan padat lainnya yang memiliki daya hantar gelombang ultrasonik yang bagus.

Thickness Gauge merupakan alat yang digunakan untuk melakukan pengkuran pada celah diantara 2 bagian. Tickness gauge ini terdiri dari lembaran baja tipis dengan presisi 1/100 mm atau 0,01 mm. Biasanya ketebalannya berkisar di angka 0,03 mm hingga 1,00 mm. Nilai ketebalan tersebut akan tercantum pada setiap lembaran.

Fungsi dari thickness gauge sendiri adalah untuk mengukur ketebalan pada celah diantara 2 bagian komponen yang saling bersentuhan.

Metode Pengukuran

Di dalam metode pengukuran nya thickness gauge diawali dengan menyisipkan gauge diantara komponen komponen yang akan dilakukan pengukuran, apabila gauge terlalu mudah untuk masuk dan keluar, maka disarankan untuk menggunakan gauge dengan ukuran yang lebih tebal sampai adanya hambatan yang terasa saat menarik gauge keluar. Ketebalan pada gauge bisa dikatakan sama dengan dua celah pada komponen

Jika ingin melakukan pengukuran dengan alat pertama tama disarankan untuk membersihkan gauge dan material yang akan diukur demi hasil pengukuran yang maksimal. Kemudian sisipkan thickness gauge pada celah material dengan hati hati, jika tidak gauge dapat patah atau rusak, jika thickness gauge sudah rusak maka tidak akan dapat diperbaiki dan harus dibuang.

Apabila alat digunakan sebagai penyetelan celah klep, maka kita harus menentukan terlebih dahulu celah katup yang sesuai dengan spesifikasi yang tersedia. Kemudian masukkan pilihan berapa ketebalan yang sesuai dengan spesifikasi yang ada tersebut.

Kalibrasi

Untuk langkah awal dari proses kalibrasi tentu kita harus menyiapkan satu unit alat coating thickness gauge, disarankan untuk menjauhkan barang barang berbahan besi setidaknya pada jarak 10 centimeter. Kemudian nyalakan alat dengan menekan tombol on pada alat, kemudian masuk ke dalam menu calibration kemudian pilih enable.

Setelah itu tekan tombol berwarna biru untuk kembali lagi ke menu utama, kemudian teruh vertical probe alat di atas bahan tanpa coating. Kemudian akan muncul kombinasi angka x.x μm pada layar, langkah selanjutnya dengan menekan tombol ZERO selama kurang lebih 2 detik.

Kemudian akan muncul kombinasi angka Angka 0.0 μm, “Cal1”, “ZeroY” pada layar. Setelah semua proses diatas sudah benar benar dilakukan, maka alat sudah dapat digunakan.

Perawatan

Untuk cara perawatan pada alat ini cukup mudah. Untuk menghindari kebocoran pada baterai, keluarkan batrai yang ada pada alat apabila alat sudah tidak digunakan. Selesai penggunaan alat usahan selalu bersihkan alat dengan meggunakan kain kering, selalu jaga alat agar selalu tetap kering dengan menjauhkan alat dari bahan air yang dapat membuat alat basah, terutama pada bagian sensor pembaca. Simpan alat pada tempat yang kering, dan hindari alat kontak langsung dengan matahari

Ultrasonik Thickness Gauge

Ultrasonik Thickness Gauge ialah sebuah perangkat yang digunakan untuk mengukur seberapa tebal suatu benda atau material. Hal ini juga menyangkut dengan kemudahan para pengguna dan menampilkan langsung hasil pengukuran. Kemudahan pada alat ukur karena memberkan durability dan efektifitas yang tinggi, karena bersifat portable yang praktis dalam penggunaan serta memberikan efisiensi waktu.

coating thickness gauge

Ultrasonik Thickness Gauge dibuat pertama kali pada tahun 1967 oleh seseorang yang bernama Wener Sobek. Beliau merupakan seorang insinyur yang berasal dari Katowice, Polandia. Awal mula penggunaan alat ini yaitu digunakan pada pengukuran ketebalan dengan mengukur gelombang yang dipancarkan alat pada beberapa tes tertentu. Yang kemudian akan dihitung ketebalan dengan menggunakan mikrometer dengan persamaan matematika terapan.

Di dalam penggunaan nya ada beberapa metode pengukuran ketebalan yaitu pertama, dengan alat ukur portable yang hanya akan menaruh benda menuju data yang diinginkan yang dapat tampil. Kemudian metode kedua yakni dengan menggunakan alat pendeteksi suara atau ultrasonic.

Thickness gauge yang menggunakan kedua metode tersebut terdiri dari transmitter, receiver gelombang ultrasonic dan juga up counter transmitter yang dilengkapi dengan transduser ultrasonic dengan pemancar khusus.

 

Gelombang ultrasonic yang dipancarkan oleh rangkaian transmitter akan menembus benda yang sedang diuji lalu kemudian akan dipantulkan kembali menuju rangkaian receiver. Waktu tempuh yang dijalani gelombang ini akan diukura dengan menggunakan up-counter metode time of flight.

Ultrasonic Thickness Gauge menentukan bagian atau struktur secara akurat serta menghitung waktu yang dibutuhkan oleh ultrasonik yang dihasilkan oleh tranduser untuk melewati ketebalan pada material.

Apa itu Coating Thickness Gauge

Apa itu Coating Thickness Gauge? Coating thickness gauge merupakan alat ukur ketebalan pada cat yang praktis, alat ini di desain untuk pengukuran pada lapisan non-destruktif. Alat ini mampu melakukan pengukuran dalam waktu singkat dengan ketebalan yang presisi. Fungsi utama dari coating thickness gauge adalah untuk mengetahui ketebalan cat pada suatu material atau benda.

Coating Thickness Gauge juga umumnya digunakan pada bidang perlindungan korosi, tentu alat ini sangat cocok untuk pabrik atau petugas lapangan serta pekerjaan yang bersangkutan dengan cat.

Bagi suatu perusahaan pengujian cat pada material logam sangat diperlukan mengingat sebuah industri wajib untuk mengikuti standar kualitas dari pengecatan yang dilakukan. Beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam melakukan uji kualitas cat.

  • Kita harus mengetahui ketebalan cat pada material yang sudah dilakukan pengecatan, untuk cat stoving standar sebagaii dasar dalam melakukan pengujian ketebalan sebesar 35 hingga 55 milimeter
  • Melihat secara visual lapisan pada film cat yang mengalami kerusakan yang dapat dilihat dengan mata atau secara visual.
  • Kita juga harus memperhatikan kekerasan pada cat pada lapisan plat
  • Melakukan pengetasan salt spray pada cat dengan tujuan untuk melihat seberapa kemampuan cat untuk dapat menahan timbulnya karatan, metode ini terkhusus pada test metal

Pada saat melakukan pengecatan seringkali dijumpai adanya kesalahan kesalahan yang mungkin disebabkan oleh beberapa faktor. Kesalahan yang paling umum di dalam pengecatan adalah ketebalan cat yang tidak sesuai dengan standar.

Sekarang sudah banyak macam dan model dari thickness gauge, tentu tidak semuanya memiliki akurasi yang sama. Semakin tinggi kualitas barang yang kita gunakan, maka akan semakin tinggi pula lah akurasi yang dihasilkan alat.

Testingindonesia.co.id sebagai perusahaan control dan monirtoring system kami jual coating thickness gauge, electronik coating thickness, dan juga kami menyediakan jasa instalasi pada beberapa produk dengan tenaga ahli yang berpenglaman. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami melalu nomor telepon : 021-29560-3045 atau dengan melalui sales kami di e-mail : sales@testindo.com

 

 

Sumber: tssekolah.blogspot.com, alatuji.com

7 thoughts on “Mengenal Lebih Coating Thickness Gauge

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *