alat ukur ketebalan

Testingindonesia.co.id – Di dalam beberapa kasus, sangat penting untuk melakukan pengukuran pada ketebalan sebuah bahan yang sudah diaplikasikan pada sebuah permukaan, seperti lapisan cat yang diaplikasikan pada mobil. Ada 2 jenis metode pada alat ukur ketebalan ini. Mari kita mulai dengan pengujian yang merusak atau destructive test.

Pengujian destructive test dilakukan dengan cara menembus lapisan kering hingga mencapai subsrat, dengan begitu alat dapat menetapkan ketebalan pada sebuah lapisan. Masalahnya adalah anda harus merusak bahan uji anda untuk dapat menghetahui berapa ketebalan dari permukaan benda tersebut. Dan juga ada pengukur ketebalan lapisan basah yang dapat melakukan pengukuran pada ketebalan lapisan sebelum benda tersebut diawetkan.

Jenis pengukur kedua adalah Non-Destructive Test atau NDT, jenis pengukuran yang satu ini juga digunakan untuk menentukan ketebalan yang terdapat pada sebuah permukaan benda, namun alat ini tidak akan merusak benda yang diuji, alat ini menggunakan gelombang ultrasonic di dalam pengujiannya.

Ultrasonic Thickness Gauge menggunakan transduser ultrasonic yang akan memancarkan gelombang energi suara pada lapisan permukaan. Pada saat gelombang tersebut telah mencapai ujung dari material, maka disini akan terjadi efek refleksi, dimana gelombang akan kembali terpantul dan berbalik menuju ke transduser. Dengan melakukan pengukuran pada waktu yang dibutuhkan gelombang untuk kembali, alat dapat melakukan pengukuran pada ketebalan sebuah lapisan.

Metodologi ini dapat bekerja pada berbagai macam bahan termasuk logam, plastic, komposit, fiberglass dan juga pada keramik. Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan ketika melakukan pengujian dengan menggunakan alat ini :

  • Alat ini hanya membutuhkan akses 1 sisi pada material, yang mana ini sangat cocok untuk melakukan pengujian pada pipa, tubing dan pada benda dengan akses yang terbatas lainnya.
  • Alat ini tidak merusak komponen uji
  • Mampu melakukan pengujian dalam rentang yang luas
  • Hasil pengujian yang cepat dan akurat
  • Mudah untuk diaplikasikan

Testing Indonesia – Kami sebagai perusahaan yang bergerak pada bidang system dan monitoring system, kami Jual Alat Ukur Ketebalan dengan kualitas terbaik dan pastinya dengan harga yang bersahabat. Untuk informasi lebih lanjut mengenai alat anda dapat KLIK DISINI atau untuk penawaran pada harga dan pembelian pada alat anda dapat menghubungi kami melalui :

WA : +62-813-992-919-09 (Zulfikri)

Phone : 021-2956-3045

Email : Sales@testingindonesia.com

Office : Jl.Radin Inten II No 61 B Duren Sawit Jakarta Timur

alat ukur ketebalan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *