Testingindonesia.co.id – Mesin industri merupakan jantung pada sebuah industri, agar mesin industri tersebut dapat bekerja dengan baik setiap harinya, tentu mesin tersebut harus dirawat dan juga dipelihara dengan baik. Dalam upaya pemeliharaan dan juga perawatan pada sebuah mesin industri, pertama tam akita harus mengetahui cara perawatan yang benar dan juga tepat pada mesin industri tersebut. Karena hal tersebut sangat penting, karna mungkin saja jika kita salah satu Langkah saja dapat memengaruhi kualitas dan juga waktu produksi pada mesin tersebut.

Berikut adalah beberapa tips dan juga trik yang bisa anda lakukan untuk menjaga mesin industri anda tetap dalam kondisi yang optimal.

Rencanakan perawatan preventif

mesin industri

Perawatan pada mesin adalah hal yang sangat penting untuk anda lakukan agar mesin produksi anda tetap dalam kondisi yang optimal, dengan mengikuti rekomendasi dari pabrikan untuk melakukan penjadwalan perawatan preventif. Anda memerlukan sebuah tim untuk melakukan pekerjaan pada mesin untuk proses pada tingkat produksi yang tertentu. Lalu buatlah sebuah catatan untuk setiap mesin atau peralatan yang sudah dilakukan perawatan agar kita dapat memastikan bahwa tim dapat memberikan beberapa rekomendasi yang paling baik dalam melakukan perawatan pada mesin.

Perawatan peralatan dan juga perlengkapan kegiatan dalam perawatan mesin ini dapat meliputi berbagai aspek. Mesin juga harus diistirahatkan jika sudah digunakan dalam jengka waktu yang lama. Dan juga bersihkan mesin setelah digunakan sehingga tidak ada kotoran atau limbah industri yang menempel pada mesin industri. Kegiatan yang terkesan simpel ini merupakan kunci keawetan sebuah mesin industri.

Spare Parts

Pada beberapa perusahaan manufaktur, biasanya mereka akan membuat semacam list yang berisikan daftar spare parts mesin. Dan jika memungkinkan, mereka akan menyetok parts mesin yang sering mengalami kerusakan. Ini juga dapat menjadi ide yang bagus karena kita bisa melakukan perbaikan dengan cepat jika terjadi beberapa kerusakan pada bagian mesin tersebut.

Melakukan pengantian pada spare part dan juga pembaharuan pada pemeliharaan juga harus terencana dan juga terjdawal, jika kita sudah melakukan sesuai dengan prosedur yang ditentukan, dapat dipastikan jika kualitas dari mesin tersebut dapat terjaga dengan baik.

Selain melakukan perawatan dan juga pembaharuan pada mesin, ada beberapa faktor lain yang penting untuk menunjang proses produksi:

  • Penyimpanan persediaan bahan dan juga alat.
  • Penyimpanan untuk barang yang tidak terpakai
  • Perlindungan mesin dari bahaya kebakaran
  • Pengurangan suara dan juga polusi
  • Penyimpanan hasil dokumentasi dan juga administrasi pada proses pemeliharaan dan juga perbaikan.

Kebersihan mesin

Kebersihan pada mesin adalah hal yang sangat penting, terutama bagi manufaktur yang bergerak di bidang konsumsi. Tumpahan dan juga kepingan bahan bahan makanan dan juga kimia dapat menjadi hama bagi mesin anda. Karena itu, tetaplah menjaga mesin anda tetap dalam keadaan yang bersih.

Dengan menerapkan beberapa tips dan trik tersebut, anda dapat meningkatkan produktifitas produksi anda sekaligus menjaga agar mesin anda agar bertahan lebih lama.

 

Sumber : daruma.co.id, shiftindonesia.com, wonderpolis, abas ERP

One Thought on “Tips dan Trik Menjaga Mesin Industri dengan Tepat dan Efisien”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *