Dalam industri elektronik, peningkatan miniaturisasi dan produksi yang cepat adalah syarat standar kualitas tertinggi. Laser Scanner Sensor atau Laser Profile Scanner digunakan di mesin produksi dan fasilitas produksi berteknologi tinggi dan memastikan bahwa kualitas dan persyaratan tinggi dalam hal kualitas dan efisiensi terpenuhi. Berkat keberadaan sensor model dan sensor presisi tinggi perpindahan non-kontak, Laser Scanner Sensor dapat digunakan di hampir semua bidang industri elektronik mulai dari produksi chip hingga pemantauan perakitan yang kompleks dalam produksi komputer, smartphone, dan tablet.

Miniaturisasi dan peningkatan kecepatan produksi bersama dengan peningkatan efisiensi ekonomi merupakan faktor penentu dalam industri elektronik. Kualitas, fungsi, dan komunikasi layar sentuh dari produk akhir memerlukan prosedur pengukuran dan inspeksi yang baik di setiap tahap produksi.

Laser Scanner Sensor yang ringkas, berkecepatan tinggi, dan mudah diintegrasikan memastikan keandalan tertinggi di hampir semua area di mana presisi tinggi diharapkan mulai dari pemantauan alat berat hingga quality control otomatis dari produk akhir. Sebelumnya kami telah membahas penggunaan sensor ini pada industri otomotif dan pembuatan baterai, pada artikel kali ini kami akan membahas tentang peran sensor ini dalam produksi barang – barang elektronik.

Apa Saja Peran Laser Scanner Sensor dalam Industri Elektronik?

Kontrol produksi kaca display

laser scanner sensor, jual laser scanner sensor, laser profile scanner

Deteksi tepi pelat kaca

Selama kontrol pelat kaca yang masuk, tepinya menjalani pemeriksaan kualitas. Laser Scanner Sensor dengan diode biru memeriksa bagian kaca dari kerusakan dan area yang rusak hingga keakuratan kisaran mikrometer

Pemeriksaan kualitas inline

laser scanner sensor, jual laser scanner sensor, laser profile scanner

Pemeriksaan gasket

Dalam proses perakitan smartphone dan tablet, dimensi dan celah perakitan gasket diperiksa untuk memastikan ketahanan yang tinggi terhadap air dan debu. Pengukuran dilakukan dengan Laser Scanner Sensor yang memberikan resolusi tinggi dan frekuensi profil.

Pengukuran dimensi struktur mekanis yang sangat kecil

laser scanner sensor, jual laser scanner sensor, laser profile scanner

Sementara komponen dimasukkan ke dalam garis, laser scanner mendeteksi dimensi struktur terkecil. Penyimpangan dalam kisaran mikrometer dapat diukur dengan baik menggunakan Laser Scanner diode biru.

Mengukur koplanaritas pin ICs

laser scanner sensor, jual laser scanner sensor, laser profile scanner

Dalam proses SMT dan penyolderan reflow, koplanaritas pin harus diperiksa untuk memastikan kualitas penyolderan yang sempurna dan untuk menghindari cacat. Untuk melakukan hal ini, diperlukan Laser Scanner Sensor. Laser scanner menggunakan dioda laser biru yang memungkinkan resolusi sangat tinggi.

Mengukur ketinggian pin yang ditekan

Selain akurasi tinggi dengan dimensi miniatur, produksi komponen elektronik juga membutuhkan proses kecepatan tinggi yang memberikan kualitas terbaik. Oleh karena itu, banyak langkah produksi di area ini yang sangat otomatis. Automationpro perusahaan telah mengembangkan mesin yang memeriksa ketinggian pin kontak yang ditekan pada PCB (Press Fit Technology = PFT) secara inline segera setelah proses pengepresan. Jika pin tidak ditekan sepenuhnya melalui lubang, tidak mungkin terjadi kontak dengan komponen lain, yang dapat menyebabkan kegagalan.

Oleh karena itu, Laser Scanner Sensor memindai setiap PCB dalam tiga dimensi. Selama proses pengepresan ini, PCB dipasang pada meja putar yang memindahkan modul rakitan dari posisi tekan ke posisi pemindaian. Laser scanner sedang digerakkan oleh aktuator yang terhubung ke encoder yang digunakan untuk memicu pemindai garis untuk memastikan jarak profil yang teratur.

Bergantung pada waktu siklus proses, komponen menjalani pemindaian lengkap dalam 7 detik, menghasilkan 1.280 poin per profil. Nilai pengukuran yang terekam dikirim ke software pemrosesan gambar pelanggan sebagai data mentah melalui antarmuka Gigabit Ethernet untuk Machine Vision (GigE Vision). Untuk tujuan evaluasi dan pemrosesan data mentah, Automationpro mengembangkan algoritme pemrosesan gambar khusus. Seluruh struktur sistem memungkinkan data profil ini dikirim dan dievaluasi dengan kecepatan tinggi. Akibatnya, seluruh proses evaluasi per PCB dilakukan dalam waktu kurang dari satu detik.

Software laser scanner akan menghitung tinggi pin relatif terhadap area permukaan sekitar pada PCB. Hasilnya ditransmisikan ke sistem kontrol dan dievaluasi segera. Ini berarti PCB yang rusak dapat ditolak secara otomatis. Untuk keperluan debugging, hasilnya juga ditampilkan di monitor berwarna yang memungkinkan operator untuk menganalisis proses dengan mudah. Selain itu, sistem memungkinkan dilakukannya inspeksi tambahan seperti mengukur tinggi senyawa pot dengan sensor tambahan di langkah berikutnya.

Itulah peran laser scanner sensor dalam produksi barang elektronik seperti smartphone, tablet, komputer, PCB, dan lainnya.  Ternyata sensor ini sangat penting untuk menjaga kualitas barang elektronik saat diproduksi supaya tidak ada cacat produk.

Jika tertarik dengan sensor ini atau ingin tanya – tanya silahkan hubungi kami di chat online di website ini, email: sales@testingindonesia.com, atau Whatsapp 0813-9929-1909 (Bpk. Zulfikri).

 

Sumber: micro-epsilon

One Thought on “Pentingnya Laser Scanner Sensor dalam Industri Elektronik”

  • Terimakasih infonya, saya jadi lebih mengerti tentang manfaat dan peran Laser Scanner Sensor didalam industri elektronik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *