Jika Anda pecinta otomotif, pasti sudah tidak asing dengan istilah powder coating untuk memodifikasi kendaraan Anda. Bagi yang belum tahu, powder coating adalah proses pelapisan warna dengan bahan powder. Powder coating ini biasanya digunakan untuk memberi lapisan warna pada logam dan material padat lainnya. Perlu diketahui, proses powder coating tidak bisa dilakukan sembarangan, jika terlalu tebal bisa mempengaruhi kualitas material itu sendiri.

alat ukur ketebalan, coating testing, coating thickness gauge, jual coating thickness gauge, mengukur ketebalan powder coating
sumber: pixabay

Mengapa Logam Perlu Dilakukan Powder Coating?

Karena bahan yang terbuat dari logam cenderung sulit dilapisi terutama menggunakan cat basah. Oleh karena itu, penggunaan powder coating sangat menguntungkan karena memiliki hasil warna yang lebih jelas dan merata.

Metode powder coating memiliki tahapan proses yang rumit dari pengecatan biasa, maka dari itu hasilnya juga lebih baik dari cat biasa.

Kelebihan Powder Coating

Apa aja sih kelebihan powder coating ini? Simak kelebihannya di sini:

Warna Lebih Tebal

Kelebihan yang pertama adalah Teknik powder coating ini menghasilkan warna yang lebih baik dan tebal dibanding Teknik pengecatan lainnya. Ketebalan yang dihasilkan powder coating ini hingga 350 micron, sedangkan ketebalan cat lain seperti cat minyak hanya sekitar 30 – 40 micron.

Permukaan yang Keras

Selain warna yang lebih tebal, Teknik pengecatan powder ini akan membuat permukaan logam akan lebih keras sehingga membuatnya tahan gores.

Memiliki sifat adhesif

Powder coating mendapatkan chemical pretreatment dan proses bake sampai suhu 200 derajat celcius yang membuat proses melting powder lebih menyatu dengan material serta menimbulkan sifat adhesif yang lebih kuat sehingga membuat cat lebih menyatu dengan logam.

Menutup Pori – pori Material

Proses pengecatan powder coating yang merata akan menutup pori – pori benda dengan sempurna. Jika dibandingkan dengan cat minyak, cat minyak akan mengalami retakan kecil yang tidak kasat mata setelah jangka waktu tertentu. Retakan ini lama kelamaan akan menjadi jalur masuk air, embun, atau uap yang bisa mengakibatkan karat.

Efisien

Teknik pengecatan powder coating cenderung lebih efisien dan hemat biaya dibandingkan Teknik pengecatan lainnya.

Aman dan Ramah Lingkungan

Powder coating menggunakan media yang aman untuk Kesehatan dan ramah lingkungan. Tidak ada campuran bahan khusus yang membuat cat terkelupas, bahan powder coating adalah powder basah yang tidak memiliki bau menyengat.

Untuk memastikan powder coating merata ke seluruh material, diperlukan coating thickness gauge. Alat ukur ketebalan lapisan ini digunakan untuk mengukur ketebalan powder coating apakah sudah sesuai dengan standar atau tidak.

alat ukur ketebalan, coating testing, coating thickness gauge, jual coating thickness gauge, mengukur ketebalan powder coating

Mengapa Powder Coating Perlu Diukur Ketebalannya?

Hasil akhir dari powder coating dapat dipengaruhi oleh ketebalan lapisan. Ketebalan lapisan dapat mempengaruhi warna, kilap, daya rekat, fleksibilitas, ketahanan benturan, dan kekerasan lapisan. Kesesuaian potongan material yang disambung setelah proses coating dapat terpengaruh ketika ketebalan lapisan tidak dalam toleransi. Oleh karena itu, coating harus diberikan spesifikasi ketebalan lapisan minimum dan maksimum tertentu untuk mengoptimalkan penggunaan yang dimaksudkan.

Ketika pengecatan menggunakan powder coating tidak merata, maka tidak bisa memberikan cakupan dan perlindungan yang memadai bagi material yang dicat. Misalnya, logam memerlukan ketebalan lapisan yang cukup untuk perlindungan yang memadai dari pengaruh lingkungan seperti korosi (baja) atau oksidasi (aluminium). Selain itu, ketebalan powder coating yang tidak memadai dapat mengakibatkan hasil akhir yang buruk dan warna yang tidak sesuai.

Ketebalan Powder Coating juga dapat mempengaruhi ketahanan benturan, fleksibilitas, kekerasan, cakupan tepi, ketahanan chip, pelapukan, ketahanan terhadap semprotan garam, dan kemampuan untuk mempertahankan kilap. Produsen menyediakan lembar spesifikasi produksi untuk bahan pelapis bubuk. Pelapis bubuk berusaha menerapkan lapisan yang rata yang memenuhi spesifikasi itu. Hasil pengukuran powder coating memungkinkan coater untuk menyesuaikan proses pelapisannya sesuai dengan spesifikasi.

Ketebalan lapisan yang berlebihan berisiko kemungkinan curing yang tidak lengkap dan dapat secara drastis mengurangi efisiensi keseluruhan. Powder coating yang terlalu banyak dapat menyebabkan daya rekat yang buruk dan cenderung mengelupas atau terkelupas dari substrat.

Itulah pentingnya mengukur ketebalan powder coating. Dengan adanya peralatan quality control berteknologi tinggi seperti coating thickness gauge dapat membantu perusahaan Anda memaksimalkan penggunaan lapisan dan meningkatkan keuntungan Anda dengan mengukur ketebalan powder coating supaya sesuai dengan standar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *