Mesin UTM (Universal Testing Machine) adalah alat pengujian untuk menguji tegangan tarik, uji tekan, dan uji lengkung. Pengujian – pengujian tersebut dilakukan untuk mengetahui karakteristik dan menentukan kualitas material tersebut. Universal Testing Machine ini banyak digunakan di industri untuk menguji material logam, karet, plastik, tekstil, dan masih banyak lagi.

universal testing machine, jual universal testing machine, jual mesin utm, mesin utm, upgrade mesin utm, service mesin utm, mesin uji tarik, mesin uji tekan

Ada tiga metode pengujian pada universal testing machine yaitu uji Tarik (tensile test), uji tekan (compression test), dan uji lengkung (bending test). Mesin UTM juga dikenal dengan sebutan Materials Test Frame, Materials Testing Machine, dan Universal Tester. Mesin ini sudah banyak digunakan di industri karena mampu menentukan standar kualitas yang tepat pada material yang diuji.

Repair & Service Universal Testing Machine

Untuk mengoperasikan Universal Testing Machine tidak terlalu sulit. Misalnya untuk pengoperasian compression test (uji tekan), letakkan material yang akan diuji pada bagian tengah mesin, lalu nyalakan mesin. Nantinya, mesin ini akan memberikan tekanan pada material. Lalu, data pengujiannya akan keluar melalui layar monitor yang bisa dijadikan bahan analisa untuk menentukan kekuatan dan standar material tersebut.

Untuk tensile test atau uji Tarik, material yang akan diuji diletakkan pada bagian pengapit lalu dikunci sampai tidak bergerak atau bergeser sama sekali. Setelah itu mesin utm dinyalakan dan nantinya material tersebut akan ditarik sampai putus. Data hasil pengujian juga akan tampil di monitor yang tersedia, biasanya data yang ditunjukkan berupa grafis.

Universal Testing Machine harus diberikan perawatan secara berkala supaya tidak cepat rusak dan tahan lama, karena yang Namanya mesin pasti akan mengalami penurunan Ketika digunakan terus menerus. Sayangnya, banyak perusahaan yang kurang memperhatikan mesin utm mereka sehingga seringkali mesin cepat rusak. Oleh karena itu, lakukan perawatan pada Universal Testing Machine Anda untuk mengurangi risiko kerusakkan yang mana dapat menambah pengeluaran perusahaan Anda.

Upgrade UTM

Opsi upgrade universal testing machine dapat Anda lakukan jika mesin Anda dirasa sudah mengalami penurunan kualitas dan hasil datanya sudah tidak akurat.

Itulah pentingnya melakukan perawatan dan upgrade mesin utm. Jika Anda ingin melakukan repair dan upgrade universal testing machine, kami Testing Indonesia menyediakan jasa upgrade dan repair utm dengan tenaga ahli berpengalaman. Hubungi kami di Office: 021-2956-3045, Email: sales@testingindonesia.com, Whatsapp:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *