Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang coating testing atau yang biasa disebut alat ukur ketebalan, definisi dari alat ukur ketebalan adalah, alat yang berfungsi untuk mengukur ketebalan material seperti, permukaan cat, salah satu pengukur yang sudah digunakan di dunia industry adalah ultrasonic thickness gauge,  alat ini biasa digunakan untuk pengukuran pada benda seperti besi, aluminium, bahan plastic, pipa baja, dan berbagai benda lainnya. Ultrasonic thickness kebanyakan digunakan pada industry perminyakan untuk mengukur ketebalan dari tabung penyimpanan, untuk mengrtahui apakah terjadi korosi atau yang tidak bisa dilihat ketebalannya

Diantara metode pengukur ketebalan di dalam pengaplikasian nya ada beberapa cara, dengan  alat  portable yang hanya meletakan perangkat ke media ukur, maka data yang diinginkan dapat tampil, tapi ada juga yang menggunakan dengan pendeteksi suara (Ultrasonic)

Fungsi Ultrasonic Thickness Gauge pada Pembuatan Gitar

Pada beberapa kasus di dunia industri, mereka membutuhkan alat untuk mengukur ketebalan, baik dari lapisannya ataupun dari materialnya, sebagai contoh adalah pengujian ketebalan, pengujian dari ultrasonic membawa manfaat yang berbeda untuk industry kayu. Misalnya produsen alat musik sering menerapkan beberapa lapisan pernis atau bahan finishing. Beberapa proses tersebut memerlukan kemampuan untuk mengidentifikasi ketebalan lapisan individu atau serangkaian lapisan.

Salah satu industri yang menggunakan alat ini adalah industri pembuatan gitar, coating testing digunakan untuk mengukur ketebalan yang salah pada lapisan,  lapisan yang memperindah dan melindungi gitar dengan kualitas tinggi, dapat dengan mudah mengurangi suaranya dan apabila lapisan terlalu banyak bisa berdampak mengurangi resonansi dari akustik gitar namun apabila terlalu sedikit akan memiliki efek sebaliknya. Inilah fungsi dari thickness gauge untuk mengukur tingkat ketebalan lapisan pada permukaan gitar.

Untuk mendapatkan hasil pengukuran yang akurat dalam mengukur lapisan, dibutuhkan instrument  yang berkualitas, testingindonesia.co.id adalah solusi untuk mendapatkan alat ukur yang berkualitas. Kami menjual alat ukur ketebalan seperti coating thickness gauge dan ultrasonic thickness gauge, untuk informasi lebih lanjut mengenai alat ukur ketebalan dapat menghubungi kami di 021-2956-3045 atau sales@testingindonesia.com

One Thought on “Apa Itu Alat Ukur Ketebalan?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *