Water quality monitoring system sudah mulai harus dimiliki untuk berbagai bisnis dan industri yang mengandalkan dan melibatkan air. Menggunakan perangkat yang mengukur konsentrasi bahan kimia tertentu dalam pasokan air, sekaligus memberikan peringatan secara real-time ketika salah satu level tersebut turun terlalu rendah atau naik terlalu tinggi. Pentingnya menggunakan water quality monitoring system juga karena adanya beberapa fitur yang memudahkan untuk menguji kualitas air Anda, diantaranya:

Mudah Digunakan

Kemudahan dalam menggunakan sistem ini menjadi salah satu fitur yang juga sangat menguntungkan, karena pengoperasiannya yang mudah membuat operator tidak bingung saat menggunakannya.

pentingnya menggunakan water quality monitoring system
Water Quality Monitoring System

Lalu, user interface sederhana dan intuitif sudah kompatibel dengan perangkat iOS dan Android. Sistem ini dapat digunakan pada ponsel pintar, tablet, bahkan dapat diakses juga pada website yang langsung terhubung secara real time.

Peringatan Waktu

Selain memberikan data secara real time, water quality monitoring system ini juga memiliki fitur berupa peringatan waktu  seperti berikut:

  • Peringatan waktu untuk pemantauan kualitas air.
  • Peringatan waktu yang dapat dikirim ke perangkat seluler.
  • Peringatan waktu yang dapat dikirim ke server jarak jauh.
  • Peringatan waktu yang juga dapat dikirim ke pihak ketiga, seperti pemerintah lokal atau masyarakat pada umumnya.

Pengumpulan Data

Pengumpulan data adalah bagian terpenting dari program pemantauan kualitas air. Data dari kualitas air harus dikumpulkan secara teratur untuk memastikan bahwa sumber air Anda aman, dan untuk sudah sesuai dengan aturan yang ada.

Ini juga penting untuk mengidentifikasi tren kontaminan yang ditemukan di sumber air minum Anda dari waktu ke waktu, serta mengidentifikasi sumber kontaminasi tersebut.

Peringatan Sensor

Sistem pemantauan kualitas air juga dapat digunakan untuk mendeteksi adanya gangguan yang terjadi pada sensor. Dengan mendeteksi sensor yang rusak atau tidak terkalibrasi, aplikasi sistem pemantauan kualitas air akan memberitahu Anda tentang situasi ini sehingga Anda dapat mengambil tindakan yang diperlukan secepatnya.

Memastikan Kualitas Air Yang Memenuhi Standar

Pentingnya aplikasi sistem pemantauan kualitas air adalah untuk memastikan kualitas air dan menyesuaikan dengan standar dan peraturan yang ada. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk:

  • Memastikan bahwa pasokan air aman untuk diminum
  • Memastikan bahwa air tersebut memenuhi standar yang ditetapkan oleh pihak berwenang
  • Memastikan bahwa air tersebut memenuhi standar yang diminta oleh para konsumen

Alasan Pentingnya Water Quality Monitoring System

Penggunaan water quality monitoring system merupakan hal yang penting. Karena nantinya akan memberikan manfaat bagi perusahaan, pelanggan, dan masyarakat luas.

Selain itu, dengan sistem ini Anda dapat melakukan pemantauan kualitas air yang memungkinkan Anda menguji produk Anda lebih dahulu untuk kontaminan yang berbeda pada setiap langkah proses sebelum mencapai tangan konsumen.

Kesimpulan

Sistem pemantauan kualitas air merupakan bagian penting dari bisnis apapun, baik itu pabrik manufaktur besar atau toko ritel kecil. Dengan alat dan sumber daya yang tepat, Anda dapat memastikan bahwa perusahaan Anda tetap mematuhi peraturan kesehatan setempat dan menyediakan air minum yang aman bagi pelanggan.

Itulah penjelasan mengenai pentingnya pengaplikasian water quality monitoring system. Hubungi kami di Office: 021-2956-3045, Email: sales@testingindonesia.com, Whatsapp: 0813-9929-1909 (Zulfikri), 0822-5870-6420 (Anto) jika Anda tertarik dengan sistem monitoring kualitas air kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *