Automatic Weather Station yang merupakan salah satu contoh kemajuan teknologi yang bermanfaat untuk menganalisa cuaca, karena dengan sensor-sensor yang terdapat di AWS Anda dapat mengukur suhu, kelembaban udara, mengukur tekanan udara dan atmosfer, mengukur kecepatan angin, radiasi matahari dan lain-lain.

Jenis-jenis Automatic Weather Station

automatic weather station
Automatic Weather Station untuk Pertanian (Sawah)

Banyaknya jenis automatic weather station dengan berbagai metode pengaplikasiannya menjadikan AWS salah satu instrumen yang ideal untuk setiap kondisi dan medan. Berikut jenis-jenis automatic weather station yang perlu diketahui. Yuk simak sampai habis ya!

  • Wireless Weather Home Station

wireless home weather station
Wireless Home Weather Station

AWS jenis pertama yaitu ada Wireless Home Weather Station digunakan untuk mengukur suhu dan kelembaban dalam ruangan dan suhu dan kelembaban luar ruangan, tekanan atmosfer, cahaya, radiasi ultraviolet, kecepatan dan arah angin, titik embun, curah hujan.

AWS dilengkapi dengan layar LCD warna, ukuran layar besar dan juga dilengkapi built-in besar sebagai penyimpanan kapasitas, serta alat ini bisa mengakses data meteorologi dengan WIFI yang diunggah ke website yang dibuat dan telah ditentukan. Wireless weather home station cocok untuk pemasangan di taman, villa, taman, rumah pedesaan, dan area lainnya.

  • Portable Weather Station

Portable Weather Station
Gambar Produk Portable Weather Station

Yang kedua, Portable Weather Station adalah stasiun cuaca mini yang sangat terintegrasi dari konsumsi daya mikro, dilengkapi dengan tripod teleskopik ringan untuk proses pemasangan yang efisien dan cepat. Memiliki fungsi sebagai pengamat meteorologi jangka pendek secara terus menerus memantau dan dapat disesuaikan untuk pengumpulan data secara real-time.

Terdapat 5 sensor yakni sensor seperti arah angin, kecepatan angin, tekanan udara, suhu, sensor kelembaban dan lainnya yang dapat disesuaikan. Data uji dapat ditransmisikan ke pusat data meteorologi tetap atau data logger yang dapat dihubungkan dengan jenis AWS ini

  • Ultrasonic Automatic Weather Instrument

Ultrasonic Automatic Weather Instrument
Gambar Produk Ultrasonic Automatic Weather Instrument

AWS jenis ketiga ada Ultrasonic Automatic Weather Instrument yang berfungsi untuk mengukur suhu atmosfer, kelembaban atmosfer, tekanan udara, kecepatan angin, arah angin, radiasi matahari, Penerangan/UV, menghitung debu konsentrasi dan curah hujan.

Juga terdapat sensor suhu, kelembaban dan tekanan udara yang ditempatkan di dalam pelindung radiasi. Deteksi radar 24G pada curah hujan, yang dapat dengan cepat mendeteksi curah hujan dan intensitas curah hujan.

Terdapat modul pemosisian global GPS internal dan kompas elektronik yang dapat dipasang ke sistem untuk memberikan indikasi garis lintang dan garis bujur yang baik dan kecepatan relatif, yang dapat menghitung kecepatan dan arah angin secara nyata dan virtual, dan sangat cocok untuk pemasangan pada vektor gerak, contohnya untuk kendaraan khusus atau kapal, dan lain-lain.

  • Miniature Ultrasonic Automatic Weather Instrument

Miniature Automatic Weather Instrument
Gambar Produk Miniature Automatic Weather Instrument

AWS jenis terakhir berfungsi untuk mendeteksi secara digital dan memiliki sensor presisi tinggi, yang terintegrasi dengan prinsip kecepatan angin ultrasonik dan sensor arah. Digunakan untuk mendeteksi suhu dan kelembaban secara digital dengan presisi tinggi. Dan memiliki sensor tekanan yang dapat secara akurat dan cepat mendeteksi kecepatan angin, arah angin, suhu atmosfer, kelembaban atmosfer dan tekanan atmosfer.

Unit pemrosesan sinyal internal juga dapat menghasilkan sinyal yang sesuai sewsuai dengan kebutuhan pengguna, desain struktur yang kokoh dapat bekerja dengan andal di lingkungan iklim yang keras dan dapat diaplikasikan secara luas dalam meteorologi, laut, bandara, pelabuhan, laboratorium, industri pertanian, transportasi, dan lain-lain.

Fitur-fitur Keunggulan Automatic Weather Station

Selain dapat diaplikasikan di setiap lingkungan dan cuaca, berikut beberapa fitur keunggulan lainnya dari AWS yang wajib Anda ketahui, diantaranya:

  1. Akurasi yang tinggi
  2. Respon yang cepat
  3. Memiliki LCD berwarna yang jelas dan detail (Wireless Home Station)
  4. Kemampuan tahan pada korosi yang kuat
  5. Desain struktural yang kokoh dan kuat
  6. Pengukuran dan pemantauan pada setiap cuaca
  7. Opsi untuk menggunakan solar panel
  8. Dapat diakses secara real-time dari manapun dan kapan pun
  9. Perawatan yang mudah
  10. Mencatat langsung semua nilai minimum dan maksimum bersama dengan waktu dan tanggal rekaman

Itulah jenis-jenis automatic weather station yang perlu diketahui. Jika Anda ingin bertanya mengenai jenis-jenis AWS di atas dan berminat untuk memesan AWS (Automatic Weather Station) bisa menghubungi kami di Office: 021-2956-3045, Email: sales@testingindonesia.com, Whatsapp: 0813-9929-1909 (Zulfikri), 0822-5870-6420 (Anto).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *