TESTINGINDONESIA.CO.ID – Pada setiap bangunan yang berdiri pastinya dibuat sedemkian rupanya untuk dapat menjaga keutuhan dan kondisi bangunan sehingga pengguna bangunan dapat menrasakan kenyamanan pada saat menggunakan bangunan tersebut, namun apakah masyarakat mengetahui dampak yang terjadi akibat bencana pada kondisi bangunan? bencana tidak dinginkan oleh setiap orang namun dapat terjadi dan berdampak pada bangunan, seperti gempa bumi yang dapat membuat kondisi bangunan mengalami retakan hingga kebarakan yang dapat menurunkan kualitas dari bangunan itu sendiri , sebab struktur beton bangunan memiliki sifat menyerap panas sehingga suhu pada beton dapat meningkat secara tinggi dan memungkinkan perubahan pada sifat-sifat beton bangunan, dalam kondisi tersebut sangat memungkinkan bahwa kemampuan dalam mendukung beban yang ditahannya tidak dapat menahan beban berat seperti diawal pembangunan. Karenanya untuk menjaga dan mengawasi bangunan diperlukanya pengujian hammer test sehingga kondisi dari bangunan dapat diketahui.

Dalam langkah awal sebelum melakukan pengujian, diperlukannya pengamatan awal yang bertujuan untuk memastikan kerusakan awal pada permukaan dan dampak dari kerusakan pada sekitar area yang rusak, dalam pemeriksaan yang dilakukan biasanya terdapat perubahan fisik biasanya mengalami perubahan warna yang diakibatkan oleh suhu atau terjadinya deformmasi pada struktur, jika sudah melakukan evaluasi awal pengujian hammer test dapat dilakukan, pengujian hammer test beton merupakan sebuah pengujian yang sederhana dan dapat dikatakan lebih murah, alat uji sendiri memiliki cara kerja dengan memberikan tumbukan yang telah sesuai dengan standart pengujian.

Kelebihan dan manfaat pengujian hammer test diantaranya:

Manfaat

  1. Dapat memeriksa keseragaman dari kualitas beton struktur yang diujinya
  2. Dapat menghasilkan analisa dari kekuatan beton bangunan
  3. Dapat mengoreksi hasil dari pengujian dar beton yang diuji

Kelebihan

  • Dapat diuji dengan mudah
    Pengujian dapat dilakukan dengan cepat, sebab pengujian hanya perlu dilakukan dengan beberapa tahap yaitu pemantauan pada sebelum pengujian, persipapan pada lapangan pembersihan lokasi uji, dan pengujian.
  • Mudah diaplikasikan
    Penggunaan hammer test terbilang mudah dan simple, sebab hanya memerlukan beberapa tahapan yang sederhana.
  • Tidak merusak object uji
    Salah satu hal penting yang dalamp pengujian hammer test ini merupakan sifat yang tidak merusak object uji, yaitu bersifat NDT sehingga pengujian yang dilangsungkan pada pondasi bangunan tidak akan mempengaruhi pada bangunan.
  • Harga pengujian terjangkau
    Pengujian yang dilakukan dengan menggunakan hammer test dapat dikatakan terjangkau sebab pengujian dapat dilakukan sendiri ataupun menggunakan jasa.

Tentunya dari kelebihan-kelebihan yang dimiliki untuk pengujian hammer test cukup bermanfaat dalam menjaga kondisi struktur bangunan sehingga hasil analisa dari pengujian mengunakan alat uji tersebut dapat bermanfaat untuk data perbaikan yang akan dilakukan oleh pengelolah bangunan. testing Indonesia sebagai perusahaan yang menjual berbagai alat uji menjual alat uji hammer test digital yang berkualitas sehingga dapat menghasilkan data pengujian secara valid, untuk pemesanan ataupun konsultasi mengenai alat uji dapat menghubungi kami pada nomor dibawah ini.

PT Testindo | Testingindonesia.co.id
Jl.Radin Inten II No 61B Duren Sawit Jakarta Timur
Whatsapp : +62 815-6141-954 (Zulfikri)
Email: sales@testindo.com
Telp: (021) 2956 3045

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *