Testingindonesia.co.id – Ada beberapa langkah yang diperlukan dalam menentukan komponen universal testing machine ini. Meski alat ini dinamakan dengan universal, akan tetapi masih dibutuhkan beberapa rancangan dan perencanaan untuk mendapatkan sebuah mesin yang sempurna untuk melakuka pengujian pada sebuah spsesimen.

1. Melakukan pemilihan pada frame test

Frame test atau kerangka uji adalah sebuah komponen universal testing machine yang paling penting pada system pengujian, karena komponen ini dapat melakukan penentuan pada kapasitas dasar setup. Frame test ini juga belum tentu bisa dilakukan upgrade, jadi harus dilakukan perawatan secara tepat untuk melakukan pemilihan pada kapasitas yang cukup. Kapasitas pada mesin juga bergantung pada pengaplikasian. Mesin dengan ukuran lebih besar dapat memenuhi berbagai macam prosedur pengujian, akan tetapi pengujiannya akan berjalan pada kecepatan yang lambat, jadi tidak cocok digunakan pada beberapa pengujian.

2. Menentukan kontroler yang tepat

Sistem yang ada pada universal testing machine sudah mengalami perkembangan yang cukup pesat dalam beberapa dekade terakhir. Analog Vacuum Tubes dan Paper Chart Recorder sudah digantikan dengan menggunakan komputer digital. Beberapa pabrikan Universal Testing Machine menawarkan dua opsi standar untuk unit kontrol mereka.

Standalone, Low-Feature Controller:

Untuk standalone controller ini sangat cocok digunakan untuk pengujian yang dilakukan secara ber-ulang kali, seperti pada sebuah laboratorium sebuah manufaktur.  Interface pada alat memiliki pnpad dan juga layar digital kecil. Seorang operator dalam melakukan pemilihan pada sejumlah pengujian mesin secara terbatas, dan juga dapat menjalankan mesin tanpa menggunakan sebuah PC. Sejumlah data akan ditampilkan pada layar dan akan disalin dengan menulis data tersebut, atau juga data data tersebut juga dapat diunggah kembali ke PC untuk dilakukan penganalisaan dan dokumentasi. Standalone controller ini cenderung memiliki sedikit pilihan dalam hal pengontrolan, akan tetapi alat ini juga memiliki harga yang bersahabat.

PC-Based, Full-Feature Controller:

PC based controller ini akan lebih cocok digunakan untuk R&D settings yang mana operator akan terus melakukan perubahan pada prosedur pengujian dan selanjutnya akan dilakukan penganalisaan lebih lanjut pada hasil data. Sementara itu mesin akan dioperasikan sepenuhnya dengan menggunakan PC, PC-based controller dapat disematkan di dalam desktop pada PC. Menggunakan jenis pengontrol yang satu ini dapat memungkinkan proses pengumpulan dan pengelolaan pada data hasil uji akan lebih mudah, sekaligus juga dapat memberikan opsi kontrol dalam jumlah maksimum kepada si pengguna alat.

3. Grips, Fixtures, and Accessories

Ada segudang opsi untuk grip dan juga fixture pada pengujian dengan universal testing machine. Jenis grip yang dipilih yang akan digunakan tentu akan didasarkan pada konstitusi material, geometri pada sampel, serta pada maximum anticipated force capacity.

Testing IndonesiaKami sebagai perusahaan yang bergerak pada bidang system dan monitoring system, kami jual Universal Testing Machine dengan kualitas terbaik dan juga dengan harga yang bersahabat. Selain itu kami juga melayani jasa untuk instalasi pada alat uji dengan bantuan para engineering yang sudah berpengalaman. Untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi kami melalui:

PT Testindo | Testingindonesia.co.id
Jl.Radin Inten II No 61B Duren Sawit Jakarta Timur
Whatsapp : +62 815-6141-954 (Zulfikri)
Whatsapp : +62 822-5870-6420 (Anto)
Email: sales@testindo.com
Telp: (021) 2956 3045

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *