pulse echo

Apa itu Metode Pulse Echo?

pulse echoTestingindonesia.co.id – Untuk pengujian pada beton, akan lebih baik jika dilakukan dengan tidak merusak ataupun menghancurkan si beton. Metode itu dikenal dengan nama Non Destructive Test (NDT) metode ini dapat digunakan dengan sangat baik pada suatu struktur yang sudah usang maupun baru. Namun penggunaan nya pada struktur yang baru cenderung pada pengendalian pada kualitas ataupun untuk mencari jawaban pada keraguan terhadap kualitas dari bahan.

Metode ultrasonic pulse echo , atau metode pulse echo ini adalah sebuah teknik pengujian non-destruktif dengan menggunakan gelombang ultrasonik untuk menemukan cacat pada suatu bahan. Untuk prinsip kerja pada alat seperti yang terlihat pada gambar 1.1, pemancar pada alat akan menghasilkan gelombang ulstrasonik, yang mana gelombang tersebut seperti tidak mencerminkan adanya sebuah kecacatan pada dinding atau pada spesimen, lalu setelah dilakukanya pengujian sinyal yang diterima oleh alat akan ditampilkan pada layar seperti yang terlihat pada gambar 1.2.

pulse echo
Gambar 1.1
Gambar 1.2

Arah scan pada pengujian dengan alat ini dapat memungkinkan si pengguna untuk menentukan ketebalan pada barang, serta alat juga dapat melakukan lokalisir pada bagian bawah permukaan benda yang sedang dilakukan pengujian, seperti melakukan pendeteksian pada benda yang terdapat di dalam material seperti pipa, tulangan, delaminasi,keretakan serta honeycomb.

Alat ini akan menampilkan hasil pengujian dalam bentuk 3 dimensi, yang mana dapat membantu si pengguna dari alat untuk mengetahui letak dari cacat tersebut berada. Cara kerja nya sederana, alat ini akan melepaskan gelobambang ultrasonic dan memantulkannya kembali, dari pantulan tersebut alat akan melakukan pengukuran atau penilaian dengan menampilkan hasil dalam bentuk 3D.

Pengaturan pada Peralatan Ultrasonik

Untuk pengaturan pada ultrasonic analog, Pulse generator akan melakukan pengiriman pada pulse listrik menuju ke probe pemancar, yang menghasilkan pulsa ultrasonik. Gelombang ultrasonik ini menyebar ke spesimen dan dipantulkan ke penerima, yang mengubah gelombang menjadi sinyal listrik. Sinyal ini kemudian dikirim ke amplifier dan dari sana ke tabung sinar katoda (CR), yang menampilkan sinyal sebagai puncak. Sumbu horizontal sebanding dengan waktu t. Sumbu vertikal menunjukkan amplitudo sinyal. Generator basis waktu menghasilkan gelombang frekuensi tinggi dan membuat spot bergerak melintasi tabung CR.

Puncak pertama pada layar mewakili pulsa ultrasonik yang dihasilkan. Gelombang ultrasonik bergerak melalui spesimen hingga tersebar oleh suatu permukaan. Bagian yang dipantulkan dari gelombang dapat dilihat sebagai puncak pada tabung CR. Bagian lain dari gelombang berlanjut ke dinding belakang spesimen dan akan tercermin di sana.

Jenis pengaturan analog ini sudah usang. Pengaturan modern adalah digital dan tidak memiliki tabung CR. Konverter analog-ke-digital (AD) digunakan antara pengaturan dan tampilan. Dalam tampilan modern, kecepatan suara dapat dimasukkan dan tampilan menunjukkan jarak vertical dan waktu pada sumbu X. alat ini juga dapat melakukan pengukuran pada kedalaman cacat dapat langsung dibaca pada layar monitor.

Layar menunjukkan tampilan yang tampaknya stabil. Namun jika spesimen tebalnya 100 mm, gelombang ultrasonik bergerak 200 mm, yang mengambil baja 33 μs. Ini tidak mungkin dilihat di layar. Karena the pulse harus diulang berkali kali dalam satu detik. Biasanya digunakan frekuensi pengulangan pulsa PRF dari 500-2000 pulsa per detik (pps).

Transduser

Transduser, yang juga disebut probe, adalah pemancar dan penerima gelombang ultrasonik. Dengan efek piezo-listrik, energi dari tegangan listrik diubah menjadi gelombang ultrasonik. Penerima menggunakan efek piezo-listrik terbalik untuk mengubah gelombang ultrasonik menjadi sinyal listrik.

Pemancar dan penerima dapat berupa dua probe terpisah atau satu probe. Umumnya satu probe digunakan yang dapat mengirim dan menerima sinyal. Jika probe memiliki satu kristal yang berfungsi sebagai pemancar dan penerima, maka itu adalah probe kristal tunggal.

Keuntungan pada Alat

  • Kita dapat mengetahui posisi detail dari kecacatan
  • Dapat melakukan perbandingan antara ukuran cacar dengan objek referensi
  • Hanya memerlukan 1 sisi aksebilitas
  • Mampu melakukan pengukuran pada ketebalan material
  • Penentuan retakan pada barang
  • Pengujian pada semua jenis bahan
  • Pengujian otomatis
  • Penggunaan teknik yang cepat, multifungsi dan fleksibel

Testing Indonesia sebagai perusahaan yang bergerak pada bidang monitoring dan system , kami Jual Pulse Echo dengan kualitas terbaik dan pastinya dengan harga yang bersahabat, untuk informasi alat dan penawaran pada harga, anda dapat menghubungi kami melalui nomor telepon : 0813-9929-1909 atau dengan melalui sales kami di email : sales@testingindonesia.com

sumber : wiki.tum.de

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *