mengenal hardness tester

Alat ukur kekerasan (Hardness Tester) adalah alat yang berfungsi untuk mengukur kekerasan material seperti batu, besi, baja, logam dll, selain itu kekerasan adalah salah satu sifat mekanik dari suatu material selain sifat fisik dan teknologik yang dimilikinya. Kekerasan memiliki rumus untuk pengujian kekerasan seperti ada , Brinnel (HB / BHN), Rockwell (HR / RHN), Vikers (HV /VHN) dan Micro Hardness (knoop hardness).

Pengujian kekerasan/ uji kekerasan adalah pengujian yang cukup efektif karena secara mudah mengetahui sifat mekanik suatu material. Walaupun cara pengukuranya hanya dilakukan pada satu titik tertentu. Hasil nilai yang muncul cukup valid untuk menghasilkan data kekuatan suatu material.

Dari sekian banyak pengujian yang telah dilakukan, pengujian kekerasan merupakan salah satu pengujian penting untuk menganalisa suatu material, biasanya pengujian dilakukan agar dapat mengetahui ketahanan terhadap deformasi plastik, suatu nilai yang penting untuk aplikasi dan industri.

Pengaruh beban, suhu dan  tekanan pada aktivitas manufaktur pun bisa memberikan dampak yang cukup besar terhadap kinerja material, terutama material yang berbahan logam. Karena nya pengujian kekerasan merupakan hal yang penting untuk menguji kualitas dari material, sehingga peran nya sangat penting pada proses control kualitas.

Berikut ini adalah metode yang digunakan dalam uji kekerasan :

  • Brinell ( HB/BHN )

Metode yang satu ini dalah metode yang paling banyak dipakai, cara kerja metode ini adalah dengan cara menekankan beban ke benda yang akan diuji dengan ukuran beban yang sudah ditentukan, lalu mangukur dan menganalisa bekas dari alat penekan. Tujuan dari metode yang satu ini adalah agar dapat menentukan seberapa keras suatu benda melalui tahap identor yang ditekankan pada permukaan benda yang sedang diuji, akan tetapi metode ini hanya dapat dilakukan pada benda yang meiliki permukaan kasar dengan rentan kekuatan 500 hingga 3000 kgf. Sementara itu identor atau bola jaya, adalah benda yang terbuat dari bahan karbida tungsten yang sudah di plating.

 

alat brinell hardness tester
Alat brinell hardness tester
  • Rockwell ( HR/RHN )

Metode Rockwell adalah metode kekerasan suatu benda yang dapat ditentukan berdasarkan kenaikan bersih dari kedalaman beban yang diterapkan. Data yang dihasilkan bukan suat nomor unit, namun diberikan dalam bentuk skala seperti K,M,L,R,E semakin tinggi skala bendana maka akan semakin keras benda tersebut

alat rockwell hardness tester
Alat rockwell hardness tester
  • Vickers ( HV/VHN )

Pengukuran dengan metode ini biasa disebut dengan metode microhardness, karena metode ini sering digunakan untuk benda kecil dan tipis. Metode ini dilakukan berdasarkan pengukuran optic, dengan cara menentukan rentang beban identor, dengan maksud membuat sebuah lekukan pada material yang diukur lali dikonfersikan ke nilai kekerasan. Cara tersebut sangat bergua apabila diuji pada benda yang lebih luas, namun sampel uji harus dipoles pada ukuran tayang

Alat vickers hardness tester
Alat vickers hardness tester

Testingindonesia.co.id  menjual produk alat ukur kekerasan, kami mensupply hardness tester dari brand Time dan Novotest, untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi 021-2956-3045 atau email sales@testingindonesia.com.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *