Testing IndonesiaPada artikel kali ini kita akan membahas mengenai inclinometer mulai dari apa itu inclinometer & Digital Inclinometer, sejarah awal mula pada penggunaan inclinometer, prinsip monitoring pada inclinometer & casing inclinometer serta komponen sistem yang terdapat pada inclinometer.

Apa Itu Inclinometer?

Inclinometer merupakan alat konstruksi yang memiliki fungsi untuk melakukan penganalisaan pada kemiringan yang terjadi pada tanah. misalnya pada tanah yang memiliki potensi besar terjadinya longsor atau pada tanah yang terletak pada dinding terowongan, bendungan dan lainnya.

Secara global, inclinometer atau alat pengukur kemiringan merupakan sebuah alat yang digunakan untuk melakukan pengkuran lateral deformation. karena itu jugalah alat ini juga sering digunakan pada pengukuran kecepatan dan pengukuran besar pergerakan pada tanah. setelah pengukuran selesai, hasil dari pengkuran tersebut dapat digunakan sebagai informasi pada lokasi atau pada titik yang mengalami kritis yang diakibatkan oleh pergerakan tanah, kemudian hasil dari pengukuran akan dimunculkan pada layar monitor.

Digital Inclinometer

Seiring berjalan-nya waktu, inclinometer sudah mengalami banyak perubahan, hingga saat ini sudah tercipta sensor yang dinamakan dengan digital inclinometer,  alat ini mampu mengubah tenaga analog yang kemudian akan dihasilkan menjadi sinyal digital. Dengan Model GK-604 alat ini juga dihadirkan dengan paket komplit yang mencakup probe inclinometer dan digital dengan Model 6100D.

Pada Pengaplikasian-nya, digital inclinometer akan menggunakan casing inclinometer untuk melakukan penahanan serta penarikan pada roda pegas. Pada setiap kali peningkatan maka akan dilakukan pembacaan pada probe yang akan menjauh secara vertikal.

Pada jarak kenaikannya akan ditentukan dengan menggunakan spidol berbahan logam yang sebelumnya sudah dikerutkan. Dalam proses perekaman akan dilakukan dengan cara menekan tombol enter yang ada pada monitor, setelah itu lakukan penarikan pada selubung ke arah luar dan memutar selubung 180° lalu menurunkan-nya ke arah bawah. Lalu lakukan pengulangan prosedur sebanyak beberapa kali.

Sejarah Awal Mula Digunakan-nya Inclinometer

Awal mula diproduksinya inclinometer adalah pada tahun 1957, dimana awalnya inclinometer digunakan untuk melakukan proses monitoring pada pergerakan yang terjadi pada daerah greenland. Dimana yang bertindak sebagai operatornya sekaligus orang pertama yang menjadi operator pada alat ini adalah Stanley D Wilson, beliau juga merupakan sang pencipta atau penemu dari alat ini. Dan Stanley D Wilson ini juga berhasil dalam mendirikan perusahaan Slope Indikator yang masih berdiri hingga saat ini.

Prinsip Monitoring Pada Inclinometer

Pada penggunaan pada PC dengan Model FPC-2  proses monitoring dapat dilaksanakan dengan melakukan pembacaan pada probe inclinometer. Field PC nantinya akan melakukan komunikasi dengan interface yang terletak pada gulungan kabel dengan melalui teknologi nirkabel.

Untuk penyimpanan data, hanya dengan mengetuk tombol “rekam” atau dengan menekan “enter” pada layar tampilan PC. Setelah itu akan dilakukan penentuan pada penyelesaian pada pembacaan yang sudah dilakukan, hanya dengan menunggu alat hingga menghasilkan suara “Bip”. PC lapangan ini juga mempu melakukan penampilan pada jumlah check yang akan ditampilkan pada layar LCD, yakni jumlah pada alat yang nantinya digunakan untuk melakukan pemeriksaan data survei di lapangan. Hal ini bertujuan utnuk meminimalisir kesalahan pada proses pembacaan.

FPC-2 akan melakukan survei spiral, dan juga pada saat yang bersamaan alat juga akan melakukan survei pada inclinometer secara normal, hasil dar survei kemudian akan disimpan di dalam file data secara terpisah dengan model FPC-2 Fields PCs dengan akhiran “_COMPASS.”

Field pada PC ini ditampilkan dengan tujuan agar dapat digunakan serta menampilkan / menyimpan tabel spiral yang dapat diekspor secara bersamaan dengan data survei yang standard. Hanya dengan mengetuk ikon “COMPASS” selama berlangsung-nya survei berjalan, maka akan membuka kemungkinan judul COMPASS dapat dilihat kapan saja.

Setelah selesai melakukan survei maka pembacaan yang sudah tersimpan sebelumnya dapat dilakukan pengiriman menuju PC yang mana akan dilakukan pengurangan pada data yang setelah itu akan dilakukan pula laporan pada data.

Proses terakhir akan dilakukan penyelesaian akhir dengan menggunakan perangkat lunak. Untuk field PC sendiri sudah dilengkapi dengan hand strap, stylus, kabel sinkronasi, USB, charger, batrai, CD-ROM, buku penduan serta pelindung pada layar.

Prinsip Kerja Pada Casing Inclinometer

Casing inclinometer ini digunakan secara bersamaan dengan semua jenis probe inclinometer dalam melakukan proses monitoring. Pada bagian selubungnya akan digabungkan dengan daerah permukaan pada tiang pancang. Casing dan kopling memiliki alur yang di setel pada interval 90 derjat yang sudah disesuaikan dengan roda probe inclinometer, hal ini bertujuan untuk menjaga orientasi probe disaat melalui bagian atas maupun bawah casing. Probe juga sangat akurat dalam melakukan pengukuran pada perubahan sudur kemiringan, mulai dari bagian vertikal hingga bagian bagian yang ada pada selubung.

Bahan yang digunakan untuk membuat casing inclinometer ini disebut dengan fiber glass, bahan ini juga sangat kuat, ideal dan juga tahan terhadap berbagai lingkungan. Proses pulturasion akan memastikan bahwa akan tidak ada perubahan lekukan pada alur.

Penggunaan inclinometer yang paling sering digunakan diantaranya :

  • Melakukan Deteksi pergerakan pada zona, sehingga dapat diketahui apakah pergerakan tersebut konstan, cepat atau tidak merespon sama sekali.
  • Melakukan pengawasan pada deformasi agar selalu berada pada batas desain.
  • Melakukan pemeriksaan stabilitas pada bendungan serta lereng hulu setelah dilakukanya pemeriksaan
  • Memantau pergerakan pada struktur pondasi.

Komponen Sistem Pada Inclinometer

  • Kabel Kontrol

Kabel kontrol dengan model 6000-2, memiliki diameter yang kurang dari 8mm dengan inti pusat dan jaket polyurethane ekstrusi bertekanan ganda. Kekuatan minimum 500 lbs. Dan konduktor kawat-kawat pesawat yang terbuat dari bahan stainless steel yang terpasang dengan kuat pada konektor kabel probe, yang tentu secara efektif akan mencegah peregangan pada kabel dan memungkinkan tarikan bertambah berat jika probe mengalami kemacetan di dalam casing.

  • Gulungan Kabel

Gulungan kabel pada inclinometer ini memiliki interface, dengan pengisian daya baterai external serta lampu indikator konektivitas tanpa kabel. Interface itu sendiri berfungsi sebagai pengubah sinyal digital dari probe yang akan diubah menjadi sinyal radio, kemudian sinyal yang diubah tersebut akan ditransmisikan menuju PC lapangan FPC-2.

  • Gulungan Kabel Listrik

sistem yang terdapat pada gulungan kabel listrik ini terdiri dari winch elektrik 12 volt, gulungan kabel dengan kapasitas max 300 meter, rem yang otomatis dan tripod baja galvanis. Winch ini berfungsi sebagai penampil kontrol pada kecepatan, kontrol arah dan cincin slip presisi, secara bersamaan alat akan dipasang di dalam wadah interface. Rem yang disediakan tersebut dirancang untuk menghentikan winch pada setiap 0,5 menit yang dilengkapi dengan seklar tangan yang digunakan untuk memicu interval menuju 0,5 m selanjutnya.

  • Katrol Kabel

inclinometer

Katrol Kabel dengan Model 6000-20A ini dirancang untuk ditempatkan pada bagian bawah casing, hal ini bertujuan untuk memungkinkan kabel dapat diturunkan dengan menggunakan klem kabel bawaan, serta dapat dipegang dengan mudah pada setiap kali dilakukan pengukuran.

  • Probe Dummy

inclinometer

Probe dummy dengan model 6000-10 secara geometris alat ini memang identik Model 6100D namun tidak mengandung sensor apapun. Probe ini digunakan untuk melakukan pemeriksaan pada selubung inclinometer yang sebelumnya sudah terpasang secara bebas dan dapat mencegah penghapusan pada probe standar.

Testing Indonesia sebagai perusahaan yang bergerak di bidang control dan monitoring system, kami menyediakan serta jual inclinometer dengan harga dan kualitas terbaik. Serta kami juga menyediakan jasa instalasi pada alat uji. untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di nomor telepon : 021-2956-3045 atau dengan melalui sales kami di : sales@testingindonesia.com

sumber : Alat Uji Geoteknik

8 thoughts on “Mengenal Inclinometer Sebagai Alat Pengukur Kemiringan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *