Testing Indonesia – Karet merupakan salah satu material yang paling banyak digunakan saat ini, mulai dari produk industri hingga kebutuhan alat rumah tangga. Ada 2 jenis tipe karet yang dikenal luas saat ini, yakni karet alam dan juga karet sintetis. Ada beberapa olahan dari karet ini yang harus diproduksi dengan kualitas top, sebab masalah utama pada karet adalah seberapa lama karet tersebut dapat bertahan pada gesekan (aus). Salah satu cara untuk mengukur ketahanan aus karet adalah dengan menggunakan Abrasion Tester. Sampel utama yang digunakan untuk pengujian ini adalah ban, sol, dan sabuk konveyor/penggerak.

Alat Abrasion Tester ini digunakan dengan cara memasang sand paper menuju tabung dengan cara melilitkan-nya. Setelah itu probe yang terdapat pada alat akan dipasangkan karet yang sudah disiapkan. Lalu probe akan menekan karet ke sand paper tadi, hingga beberapa kali putaran, setelah selesai diujikan, karet pengujian akan dilakukan penimbangan untuk menghitung seberapa daya tahan karet tersebut terhadap daya gesek (aus) yang diberikan tadi.

Abrasion tester ini dapat dapat Anda gunakan untuk memastikan bahwa karet yang akan anda produksi aman dan memenuhi standar sebelum diproduksi secara massal, bahan yang tahan lama juga merupakan tanda kualitas produk yang lebih baik.

Rubber Abrasion Tester ini adalah alat pengujian yang sederhana, sebab alat ini tidak menggunakan banyak komponen-komponen yang rumit di dalam pengujiannya. Alat ini hanya memiliki sistem penggerak, drum silinder yang dapat berputar dan probe yang berfungsi sebagai holder (penahan) pada material yang akan diujikan.

Proses Pengujian Pada Abrasion Tester

Pertama tama operator alat akan mempersiapkan beberapa spesimen pengujian dengan memotong bahan uji menjadi beberapa bagian dengan menggunakan mesin pemotong. Spesimen juga harus berukuran pas dengan lubang yang terdapat pada probe alat. Lalu pasangkan sand paper dengan teliti dan rapi.

Sebelum pengujian dimulai, beberapa komponen pada alat akan dibersihkan terlebih dahulu, terutama pada lembaran pengujian. Pasangkan bahan uji pada probe, lalu turunkan probe pada alat sembari menyalakan mesin.

Setelah pemutaran selesai, pindahkan bahan uji menuju ke timbangan khusus, untuk melakukan pengecekan pada sample uji. Setelah itu, sang operator pada alat akan melakukan perbandingan antara sample uji dengan reference sampel (bahan referensi) dan menentukan hasil dari pengujian tersebut.

Testing Indonesia – Kami sebagai perusahaan yang bergerak pada bidang system dan monitorinng system. Kami Jual Abrasion Tester dengan kualitas terbaik dan pastinya dengan harga yang bersahabat, untuk informasi lebih lanjut mengenai alat dan pembelian, anda dapat menghubungi kami melalui:

PT TESTINDO | Testingindonesia.co.id
Jl.Radin Inten II No 61B Duren Sawit Jakarta Timur
Whatsapp : +62 815-6141-954 (Zulfikri)
Email: sales@testindo.com
Telp: (021) 2956 3045

 

Sumber : nextgentest, Bareiss Pruefgeraetebau

4 Thoughts on “Menguji Keausan Karet Menggunakan Abrasion Tester”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *