Testingindonesia.co.id – Kekerasan buah adalah tingkat ketegangan atau resistensi yang dirasakan saat menekan buah dengan jari. Ini membantu menentukan kualitas dan kesegaran buah, karena buah yang terlalu lembek mungkin sudah matang, sedangkan buah yang terlalu keras belum matang sepenuhnya. Ukuran kekerasan buah sangat penting bagi industri pertanian dan perdagangan buah, karena membantu dalam menentukan waktu panen yang tepat dan memastikan bahwa buah memenuhi standar kualitas yang ditentukan.

Mengapa Kekerasan Buah Perlu Diukur?

alat ukur kekerasan buah, jual alat ukur kekerasan buah, jual alat ukur kekerasan buah jakarta timur, jual fruit hardness tester, fruit hardness tester, hardness tester, jual hardness tester, alat ukur kekerasn, jual alat ukur kekerasan

Kekerasan buah perlu diukur karena hal ini mempengaruhi kualitas dan daya tahan buah. Kekerasan yang terlalu kuat dapat menyebabkan kerusakan pada buah selama penyimpanan dan pengangkutan, sedangkan kekerasan yang terlalu lemah menunjukkan bahwa buah mungkin sudah matang atau memiliki kualitas yang buruk. Oleh karena itu, mengukur kekerasan buah membantu dalam menentukan kapan buah siap dipanen dan memastikan bahwa buah memenuhi standar kualitas yang ditentukan.

Alat Ukur Kekerasan Buah

Menentukan kekerasan buah bisa dilakukan secara manual dengan menekannya menggunakan jari tangan, namun pengukuran ini cenderung tidak akurat. Untuk menentukan kekerasan buah dengan akurat diperlukan alat ukur kekerasan buah, alat tersebut adalah Fruit Hardness Tester.

alat ukur kekerasan buah, jual alat ukur kekerasan buah, jual alat ukur kekerasan buah jakarta timur, jual fruit hardness tester, fruit hardness tester, hardness tester, jual hardness tester, alat ukur kekerasn, jual alat ukur kekerasan

Fruit Hardness Tester – HPE III Fff merupakan alat yang digunakan untuk mengukur kekerasan buah, sayuran, daging, dan ikan. Alat ini terdiri dari probe yang bisa diganti sesuai dengan buah dan sayuran yang akan diukur dengan cara yang tidak merusak buah tersebut. Alat ukur kekerasan buah ini memainkan peran penting dalam mengukur kualitas buah, jadi petani atau penjual buah dapat memastikan buah matang dengan sempurna saat dijual.

Fitur Alat Ukur Kekerasan Buah HPE III Fff

User friendly

Fitur pertama dari alat ukur kekerasan buah ini yaitu user friendly. Alat ini akan menampilkan hasil pengukuran yang mudah dipahami oleh pengguna.

Layar yang besar

Alat ini memiliki layar yang besar sehingga pengguna dapat melihat hasil pengukuran dengan jelas, serta menampilkan informasi pengukuran pada sample, dan status baterai.

Probe yang dapat diganti

Anda dapat mengganti probe alat ini sesuai dengan ukuran sample yang ingin Anda ukur seperti buah atau sayuran.

Pengukuran Non-Destructive

Metode pengukuran yang digunakan alat ini merupakan non-destructive, yang berarti alat ini tidak merusak struktur buah atau sayuran yang diuji. Probe alat ini juga tidak tembus ke kulit buah tidak seperti penetrometer yang menembus kulit buah untuk mendapatkan hasil kekerasan buah/sayuran tersebut.

Pengukuran non-destructive (ndt) ini juga bermanfaat karena tidak ada buah dan sayuran yang terbuang hanya untuk pengujian, yang mana dapat menghemat biaya.

Transfer data

Fruit Hardness Tester ini memiliki port usb untuk disambungkan ke komputer atau laptop untuk transfer data hasil pengukuran.

Gagang yang nyaman

Alat ukur kekerasan kami juga memiliki handgrip atau gagang yang nyaman digunakan sehingga tidak mengganggu tekanan atau angle pengukuran. Alat ini terbuat dari campuran aluminium yang ringan namun tetap kokoh.

Indikasi error

Alat ini akan memberikan bunyi beep saat proses pengukuran terganggu atau error.

Itulah penjelasan tentang pentingnya alat ukur kekerasan buah. Hubungi kami di Office: 021-2956-3045, Email: sales@testingindonesia.com, Whatsapp: 0813-9929-1909 (Zulfikri), 0822-5870-6420 (Anto) jika Anda membutuhkan fruit hardness tester kami.

3 Thoughts on “Pentingnya Alat Ukur Kekerasan Buah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *