Ada beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan saat melakukan kalibrasi Universal Testing Machine (UTM). Selama proses ini, Anda perlu memeriksa seberapa akurat mesin UTM Anda.

Anda perlu menentukan apakah memerlukan kalibrasi compression, tension atau keduanya. Instrumen yang digunakan untuk mengukur gaya dan mencapai perpindahan juga perlu diperiksa dan dikalibrasi. Ukuran beban mesin juga perlu ditentukan. Anda juga harus menentukan apakah Anda memerlukan kalibrasi ekstensometer.

Dalam hal kalibrasi, kinerja Universal Testing Machine yang diuji dibandingkan dengan mesin utm lain yang telah lulus kalibrasi. Hasilnya diukur dengan standar tertentu, seperti dari National Institute of Standards and Technology (NIST).

Apa itu Universal Testing Machine (UTM)?

Universal testing machine digunakan untuk menguji baik kekuatan tekan (compression) maupun kekuatan tarik (tensile) pada bahan yang berbeda. Anda mungkin pernah mendengar tentang tensometer, ini merupakan nama lain untuk mesin uji tarik.

Extensometer-Electronic-Universal-Testing-Machine-TIME-WDW-2E-in-plastic-industry, kalibrasi universal testing machine

Kata “universal” ditambahkan ke namanya karena menambahkan fungsionalitas baru yang membuatnya lebih serbaguna. UTM dapat melakukan uji tekan dan tarik pada berbagai struktur, komponen, dan material.

Mengapa Anda Perlu Mengkalibrasi Universal Testing Machine

Tujuan di balik kalibrasi UTM adalah untuk mengurangi jumlah ketidakpastian yang mungkin terjadi pada pengujian. Mesin-mesin ini sering digunakan dalam tahap quality control produksi.

Banyak perusahaan sering menggunakan UTM untuk memastikan kualitas sifat bahan mereka. Langkah ini sangat penting dalam semua produksi karena quality control dilakukan tepat sebelum mendistribusikan bahan tersebut.

Selama pengujian, nilai yang dihasilkan harus berada dalam kisaran tertentu untuk suatu produk lolos quality control. Melakukan hal ini membantu memastikan bahwa spesifikasi tertentu yang diberikan oleh manufaktur selalu terpenuhi.

Misalnya, mesin uji tarik digunakan untuk menilai sertifikasi regangan tertentu, termasuk compression, extension, dan bend dari jenis bahan tertentu. Setelah UTM dikalibrasi, Anda dapat yakin bahwa mesin akan menghasilkan hasil sesuai dengan spesifikasi manufaktur Anda.

Kalibrasi rutin dapat meminimalkan potensi kesalahan manufaktur. Hasil tes juga penting untuk tim penelitian dan pengembangan Anda. Setiap ketidakakuratan dalam spesimen uji Anda dapat menghasilkan kesimpulan yang salah saat bahan dan produk diuji, bahkan dapat menyebabkan cacat desain pada produk.

Inilah mengapa sebabnya kalibrasi berkala Universal Testing Machine sangat penting. Sertifikasi kalibrasi dari berbagai sistem manufaktur dan produksi memiliki masa expired pada titik tertentu. Ketika itu masa berlaku kalibrasinya sudah habis, universal testing machine Anda perlu dikalibrasi ulang secara teratur.

Standar Kalibrasi UTM

Standar industri yang lengkap sudah dikembangkan oleh ASTM International yang digunakan di seluruh dunia. Standar yang mereka tetapkan diterima oleh hampir semua organisasi.

Standar ini telah ditetapkan untuk memastikan bahwa semua pengujian UTM dan peralatan lainnya akan sama terlepas dari siapa yang melakukan kalibrasi. Misalnya, ASTM E4 menentukan prosedur tentang cara mengkalibrasi UTM untuk compression dan tension.

Kalibrasi perlu dilakukan setidaknya satu tahun sekali untuk menentukan di mana titik koneksi harus ditempatkan serta arah gaya yang perlu diterapkan.

UTM juga membutuhkan dua pembacaan untuk akurasi yang lebih baik. Berikut adalah beberapa standar lainnya yang digunakan untuk mengkalibrasi Universal Testing Machine:

  • ASTM E467 untuk gaya dinamis
  • ASTM E2624 untuk torsi
  • ASTM E2309 & ASTM E2658 untuk kecepatan crosshead UTM

Seberapa Sering Kalibrasi Direkomendasikan?

Universal Testing Machine biasanya memerlukan kalibrasi ketika masa berlaku sertifikat dan akreditasinya sudah habis. Sertifikat kalibrasi terakreditasi ini biasanya habis setelah satu tahun. Kami menyarankan agar semua peralatan yang digunakan dalam pengujian material dikalibrasi setidaknya setiap 12 bulan.

Namun, perhatikan bahwa kondisi seperti utm dipindahkan, standar industri, atau ASTM E4, mengharuskan kalibrasi ulang pada utm Anda. Beberapa industri juga memerlukan kalibrasi lebih sering pada utm mereka karena frekuensi penggunaannya yang tinggi.

Itulah penjelasan mengenai pentingnya kalibrasi pada universal testing machine. Hubungi kami di Office: 021-2956-3045, Email: sales@testingindonesia.com, Whatsapp: 0813-9929-1909 (Zulfikri), 0822-5870-6420 (Anto) jika Anda memiliki pertanyaan atau tertarik dengan universal testing machine kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *