Testingindonesia.co.idUniversal Testing Machine merupakan sebuah mesin pengujian yang digunakan untuk menguji kualitas pada sebuah produk, sebelum membeli alat universal testing machine ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, agar mesin yang dibeli sesuai dengan kebutuhan pada pengujian. Karena jika Anda salah membeli 1 part saja, Anda bisa saja merogoh gocek yang sangat besar, karena harga rata rata pada part mesin UTM ini tidaklah murah.

Berikut Beberapa Hal yang perlu Diperhatikan Ketika Membeli Universal Testing Machine

  • Kenali Tipe Seperti apa yang Anda Butuhkan didalam Pengujian

Ada 2 tipe pengujian yang bisa Anda gunakan pada Universal Testing Machine. Yakni Single Column dan juga Double Column. Universal testing machine dengan kolom ganda memiliki Max Load Capacity yang lebih baik dibandingkan dengan mesin dengan kolom tunggal. Tentu sangat disarankan untuk memilih double column UTM agar hasil pengujian bisa lebih maksimal lagi.

  • Pilih Metode Pengujian Sesuai dengan Material yang Akan Diuji
Uji tekan menggunakan Universal Testing Machine

Ada 2 metode umum yang digunakan dalam pengujian Universal Testing Machine, yakni metode uji tarik dan juga metode uji tekan. Beberapa material sejenis logam biasanya akan diuji dengan menggunakan metode tarik, dan uji tekan biasanya digunakan pada material seperti kayu, beton hingga bahan makanan.

  • Pastikan Anda Bisa Melakukan Kalibrasi ditempat Anda Membeli Mesin
Kalibrasi pada Universal Testing Machine

Sebelum membeli alat Universal Testing Machine ini, pastikan terlebih dahulu apakah Anda bisa melakukan service secara berkala di tempat Anda membeli mesin. Karena terkadang ada sejumlah seller yang hanya menjual saja dan tidak melayani jasa service pada mesin yang mereka jual. Ini sangat penting mengingat beberapa jenis UTM dengan jenis yang sama namun memiliki cara perawatan yang berbeda, serta biasanya hanya mereka para penjual itulah yang mengerti tentang mesin yang mereka jual.

  • Pilihlah Mesin yang Sudah Tersertifikasi dan Lolos Uji

Bagi mereka para engineering tentu mereka membutuhkan sebuah mesin yang dengan kualitas terbaik serta dapat bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama. Pertama tama pilihlah mesin yang sudah tersertifikasi, contohnya seperti ISO dan juga CE. Anda juga bisa melihat testimoni dari mereka yang sudah pernah membeli mesin tersebut, jikalau dirasa sudah aman dan terpercaya, Anda bisa memilih mesin tersebut pada pengujian yang akan Anda lakukan.

  • Pilihlah Grip yang Anda Butuhkan

Dalam 1 mesin UTM ini anda dapat menggunakan berbagai macam grip di dalam pengujiannya. Anda harus berhati hati dalam memilih grip, sebab grip-grip tersebut digunakan pada jenis pengujian yang berbeda. Ada beberapa macam grip pada mesin UTM seperti:

tips membeli universal testing machine
tips membeli universal testing machinetips membeli universal testing machine
tips membeli universal testing machinetips membeli universal testing machine
universal testing machine

Itulah beberapa tips membeli Universal Testing Machine dalam pengujian material Anda. Jika anda ingin mendapatkan mesin UTM dengan kualitas terbaik dan juga harga terjangkau anda dapat menghubungi kami melalui Whatsapp +62 813-9929-1909 (Zulfikri) atau melalui Email kami di Sales@testingindonesia.com

 

Fetures Image : deben

One Thought on “Tips Sebelum Membeli Universal Testing Machine”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *