Dalam proses pengeboran dinding atau struktur beton, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan karena ada banyak benda di dalam dinding atau kolom beton, mulai dari saluran pipa hingga saluran listrik, tulangan baja, dan banyak lagi.

Tidak hanya itu, ketika Anda harus membuat lubang pada beton dengan ukuran yang cukup besar, bor genggam tidak cocok untuk Anda. Anda memerlukan core drill machine kelas industri yang mampu membuat lubang berukuran besar dengan akurasi dan presisi bahkan melalui struktur beton yang paling sulit sekalipun.

4 Tips Mengebor Struktur Beton

Berikut adalah tips mengebor struktur beton:

Pilih Mesin Bor yang Tepat

Hal pertama yang Anda butuhkan untuk operasi pengeboran yang aman dan akurat adalah Anda harus memilih mesin bor yang tepat. Ada dua jenis perangkat pengeboran beton yaitu, handheld dan dipasang di rig.

core drilling machine, core drilling machine electric, jual core drilling machine, mesin bor, jual mesin bor, core drilling adalah, tips mengebor beton

Perangkat bor genggam hanya berfungsi untuk lubang kecil, tetapi saat Anda mencari untuk menbebor dinding beton, Anda memerlukan core drill machine yang dipasang di rig yang dapat dengan mudah mengebor dinding beton berkekuatan tinggi.

Gunakan Mata Bor yang Tepat

Bukan hanya mesin bor, Anda juga harus hati-hati memilih mata bor yang tepat. Mata bor berlian adalah standar industri, tetapi pilihan mata bor tergantung pada kekerasan material yang akan dibor. Misalnya, untuk pengeboran alumina yang sangat keras, batu safir, batu mulia, atau bahan dengan kandungan logam tinggi, metal bond diamond drill adalah yang terbaik. Tetapi untuk pengeboran inti beton, mata bor berujung berlian juga dapat berfungsi dengan baik.

Periksa Lokasi Sebelum Pengeboran

Anda tidak bisa begitu saja membuat opening pada struktur beton tanpa mengetahui apa yang ada di bawah struktur beton tersebut. Periksa area yang akan dibor sebelum mengebor dinding beton. Ada beberapa contoh di mana secara tidak sengaja memotong saluran listrik mengakibatkan pemadaman listrik dan terkadang sengatan listrik, dan jika terkena tulangan beton dapat membahayakan stabilitas struktural, dan merusak pipa bisa menjadi perbaikan yang mahal.

Anda dapat menghindari semua ini dengan memeriksa area tersebut sebelum mengebor. Untuk melakukannya, Anda memerlukan georadar untuk memindai struktur beton. Anda bisa membeli alat georadar atau mencari penyedia jasa georadar untuk melakukan pemindaian beton untuk memeriksa struktur beton secara akurat, mengukur ketebalan pelat, dan menemukan tulangan, kabel PT, saluran, dan rongga.

Gunakan Peralatan Keselamatan yang Benar

Tips terakhir adalah Anda harus tau risiko dari pengerjaan bor struktur beton ini. Anda harus mengikuti semua panduan keselamatan yang disediakan oleh produsen peralatan untuk melakukan operasi pengeboran. Pedoman keselamatan umum meliputi:

  • Mengenakan kacamata saat melakukan pengeboran setiap saat
  • Menggunakan penyumbat telinga untuk mencegah kerusakan pendengaran
  • Mengenakan sarung tangan pengaman untuk mencegah cedera tangan

Jika Anda mengikuti semua empat tips yang disebutkan di atas, Anda dapat mengebor dinding beton dengan aman. Jika Anda membutuhkan core drill machine berkualitas, hubungi kami di Office: 021-2956-3045, Email: sales@testingindonesia.com, Whatsapp: 0813-9929-1909 (Zulfikri), 0822-5870-6420 (Anto).

 

sumber gambar: concreteinsight.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *