Sistem kelistrikan sangat rentan terhadap kegagalan termal, itulah sebabnya teknik analisis termal digunakan untuk meningkatkan keandalan dan kinerja sistem ini. Untuk memantau, melindungi, dan mengurangi efek suhu, berbagai rangkaian tambahan dipasang di sirkuit elektronik yang panas.

Sebagian besar sirkuit tambahan ini menggunakan proximity sensor untuk analisis termal. Pada artikel ini, kita akan mengeksplorasi apa itu proximity sensor dan apa fungsinya.

Proximity sensor untuk Analisis Termal

Sensor suhu adalah bagian penting dari rangkaian analisis termal tambahan. Mereka digunakan untuk melacak suhu sirkuit utama dan mengirim informasi ke sistem kontrol. Sensor termal/suhu mengirimkan peringatan ketika ada kondisi perbedaan termal di dalam sistem listrik sehingga sirkuit pelindung dapat diaktifkan untuk mencegah kerusakan termal.

proximity sensor, jual proximity sensor, sensor perpindahan, proximity sensor induktif, proximity sensor kapasitif, proximity sensor analisis termal
sumber: gfxspeak.com

Sensor suhu memainkan peran penting dalam mengoptimalkan kinerja suatu sistem, terutama ketika parameter sistem bergantung pada suhu. Sensor termal membantu engineer mengatur komponen sistem dengan variasi suhu untuk mengimbangi perubahan termal.

Menggunakan proximity sensor untuk analisis termal memberikan pengukuran suhu non-kontak (tanpa sentuhan). Proximity sensor dapat mendeteksi keberadaan objek terdekat dan mengukur parameter fisik lainnya seperti panjang, gaya, tekanan, dll. Ada berbagai macam proximity sensor yang tersedia untuk analisis termal.

Jenis Proximity Sensor

Proximity sensor memiliki sistem pendeteksi suhu bawaan. Dalam proximity sensor, energi yang terpancar dari benda panas diinterpretasikan untuk merasakan suhunya. Sesuai dengan pengukuran suhu, proximity sensor memberikan output yang stabil ke prosesor sinyal di sirkuit analisis termal.

  • Proximity sensor induktif: Proximity sensor induktif cenderung adaptif lingkungan, dengan pengukuran suhu mulai dari -25 derajat Celcius hingga 250 derajat Celcius. Mereka tahan kondisi debu dan kotoran di lingkungan industri.
  • Proximity sensor kapasitif: Sensor ini cocok untuk suhu ekstrem, terutama saat sensor harus bersentuhan dengan benda panas.
  • Proximity sensor magnetik: Aplikasi pengukuran suhu tinggi dipenuhi dengan memasang magnet permanen di proximity sensor magnetik di area bersuhu tinggi dan sensor di belakang area berinsulasi.
  • Proximity sensor ultrasonik: Sensor ini menggunakan dasar gelombang suara dan digunakan dalam sistem di mana aplikasi sensor fotolistrik sulit dilakukan.
  • Proximity sensor fotolistrik: Proximity sensor fotolistrik terdiri dari kabel serat optik dan sensor fotolistrik. Mereka cocok untuk pengukuran suhu di lingkungan yang ekstrim dan keras.
  • Proximity sensor IR: Proximity sensor IR paling cocok untuk membaca suhu benda yang bergerak.
  • Proximity sensor LiDAR: LiDAR adalah teknologi penginderaan canggih dalam proximity sensor yang menawarkan rentang deteksi suhu maksimum dengan kecepatan pembaruan yang cepat.

Keuntungan Menggunakan Proximity Sensor untuk Analisis Termal

Di lingkungan yang industri, proximity sensor berguna untuk analisis termal seperti:

  • Pendeteksi suhu tanpa kontak: Dengan proximity sensor, deteksi dan pengukuran suhu dimungkinkan tanpa menyentuh objek atau sirkuit
  • Rentang suhu yang lebar: Proximity sensor dapat mengukur rentang suhu yang luas dibandingkan dengan sensor kontak konvensional.
  • Masa pakai yang lebih lama: Proximity sensor tidak memerlukan gerakan mekanis untuk mengukur kuantitas fisik. Tidak adanya bagian yang bergerak memperpanjang masa pakai proximity sensor.
  • Waktu respons singkat: Waktu respons proximity sensor lebih cepat dari sensor kontak biasa. Respons kecepatan tinggi dari proximity sensor berguna untuk melindungi sirkuit dari masalah yang disebabkan oleh panas.
  • Tidak terpengaruh oleh kondisi permukaan: Proximity sensor secara akurat mengukur suhu, terlepas dari kondisi permukaan. Mereka dapat digunakan di lingkungan yang lembab atau ekstrim.

Dalam aplikasi industri, otomotif, dan aerospace, diperlukan untuk mengukur suhu bagian sirkuit tanpa menyentuh sirkuit tersebut. Akurasi pengukuran suhu juga penting untuk meningkatkan keandalan dan kinerja sistem. Untuk sirkuit ini, menggunakan proximity sensor untuk analisis termal adalah solusi ideal.

Semoga artikel ini bermanfaat, kunjungi website kami setiap hari untuk informasi menarik lainnya. Jika tertarik dengan sensor ini, hubungi kami di Office: 021-2956-3045, Email: sales@testingindonesia.com, Whatsapp: 0813-9929-1909 (Zulfikri), 0822-5870-6420 (Anto).

sumber artikel: resources.system-analysis.cadence.com

sumber gambar: mscsoftware.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *