Di musim penghujan, curah hujan meningkat dari biasanya. Curah hujan yang tinggi menyebabkan debit air di sungai meningkat sehingga bisa menyebabkan banjir, selain debit air meningkat, arus sungai juga semakin bertambah yang bisa menyebabkan kerusakan lingkungan sekitarnya.Untuk mengatasi hal ini, dibutuhkan alat ukur arus sungai. Alat tersebut adalah Current Meter.

Alat ini biasanya digunakan untuk mengukur aliran air rendah. Current Meter adalah alat ukur arus yang banyak digunakan karena dapat mengukur kecepatan dengan ketelitian yang cukup tinggi. Kecepatan arus yang diukur alat ini adalah kecepatan titik arus dalam satu penampang arus tertentu. Alat ini bekerja dengan adanya antara kecepatan arus dengan kecepatan putar baling-baling current meter.

current meter, jual current meter

Dari pengukuran kecepatan arus, akan didapatkan debit suatu aliran sungai atau saluran. Pengukuran debit pada arus air seperti sungai atau saluran membutuhkan pengukuran yaitu luas penampang aliran dan kecepatan aliran. Pengukuran luas penampang sungai bisa dilakukan dengan mudah jika lokasi alat sudah ditetapkan, dan dilakukan pengukuran yang teliti mengenai bentuk penampang sungai di alat tersebut.

Pengukuran debit bisa dilakukan dengan cara pengukuran langsung (direct measurement).

Jenis – Jenis Current Meter

Current meter bisa dibagi dalam dua kategori berdasarkan metode pengukurannya. Kedua metode tersebut yaitu:

Current meter dengan pengukuran non-otomatis

Metode pengukuran dan perekaman data kecepatan arus yang memerlukan operator atau orang untuk membacanya, biasanya current meter dengan metode pengukuran ini ditempatkan pada struktur tertentu.

Current meter dengan pengukuran otomatis

Metode pengukuran dan perekaman data kecepatan arus tanpa memerlukan operator atau seseorang untuk memeriksa langsung (otomatis). Current meter tipe ini biasanya memiliki penyimpanan yang cukup besar untuk pengukuran dalam waktu tertentu.

Metode Pengukuran Kecepatan Arus Air

Selain jenis current meter, untuk mengukur kecepatan arus air juga terdapat berbagai metode, yaitu:

Velocity Curved Method (metode garis lengkung)

Untuk melakukan metode ini perlu dilakukan pengukuran pada banyak titik dalam satu garis vertical dari permukaan air sampai dasar sungai.  Metode pengukuran garis lengkung biasanya dilakukan pada setiap 1/10 bagian ke dalam mulai dari titik 0,1 hingga titik 0,9. Metode ini cocok untuk pengukuran di lokasi yang kondisi arusnya tidak baik, seperti terlalu deras dan banyak sampah. Metode ini juga dapat menghasilkan pengukuran yang akurat.

Two-Point Method (metode pengukuran dua titik)

Metode ini melakukan pengukuran kecepatan arus dengan cara langsung pada titik kedalaman 0,2 dan 0,8 dari permukaan air. Rata – rata kecepatan arus air bisa didapatkan dengan meratakan kecepatan pengukuran pada kedua titik tersebut. Untuk melakukan metode ini disarankan untuk tidak mengukur pda kecepatan arus air pada lokasi yang kedalamannya kurang dari 0,76 meter karena pada kedalaman kurang dari 0,76 meter, titik kedalaman 0,8 dan kedalaman 0,2 akan kurang dari 0,15 meter baik dari permukaan maupun dari dasar sungai, dan akan menyebabkan terjadinya gesekan antara baling-baling current meter dengan sungai maupun udara.

Six-Tenths Method (cara pengukuran 0,6 kedalaman)

Metode ini dilakukan pada titik 0,6 kedalaman dari permukaan air. Metode ini dilakukan jika metode dua titik (two-point method) tidak bisa dilakukan. Hasil pengukuran pada titik 0,6 kedalaman ini adalah kecepatan rata-rata pada kedalaman air yang diukur. Metode ini dapat dilakukan dengan kondisi air sebagai berikut:

  • Kedalaman air dalam kisaran 0,25 meter dan 0,7 meter.
  • Banyak benda seperti sampah di sungai sehingga sulit untuk mengukur pada banyak titik.
  • Saat alat ukur tidak bisa diletakkan pada titik 0,8 kedalaman.
  • Permukaan air cepat naik atau turun (berubah) dan pengukuran harus dilakukan dengan cepat.

Pemeliharaan Current Meter

Menggunakan current meter adalah untuk mengukur kecepatan arus air juga perlu dilakukan perawatan seperti pembersihan alat, oleh karena itu dibutuhkan seorang operator untuk mengatasinya. Membersihkan current meter tidak memakan banyak waktu, tetapi sangat penting untuk menghindari alat ini kemasukkan partikel seperti pasir serta menghindari korosi yang bisa mengganggu kinerja current meter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *