Testingindonesia.co.id – Untuk fungsi pada alat strain gauge transducer ini tergantung pada resist sebuah objek pada listrik atau konduktor. Ketika sebuah benda diregangakan dalam batas elastisitasnya dan tidak mengalami pecah atau tertekuk secara permanen, maka benda itu akan menjadi lebih tipis dan memanjang, sehingga hal tersebut akan menyebabkan hambatan listrik yang tinggi.

Jika sebuah benda dilakukan kompresi dan tidak mengalami perubahan pada bentuknya akan tetapi mengalami pelebaran ataupun perpendekan, maka hal itu dapat menyebabkan penurunan pada hambatan listriknya. Nilai yang diperoleh setelah dilakukannya pengukuran hambatan listrik pada sebuah alat dapat membantu untuk memahami jumlah stress yang ditimbulkan.

Tegangan eksitasi diterapkan di terminal input jaringan pengukur, sedangkan output dibaca di terminal output. Biasanya, ini terhubung ke beban dan cenderung tetap stabil untuk waktu yang lebih lama, terkadang beberapa dalam jangka waktu yang cukup lama. Lem yang digunakan untuk pengukur bergantung pada durasi sistem pengukurannya. Lem cyanoacrylate sangat cocok untuk pengukuran jangka pendek dan lem epoksi untuk pengukuran dalam jangka panjang.

Prinsip Kerja Pada Alat Strain Gauge Transducer

Seperti yang kita ketahui, bahwa resistensi secara langsung akan bergantung pada panjang dan juga pada luas penampang konduktor. R + L / A

Yang mana,

R = Resistensi

L = Length

A = Cross-sectional area

Pengaplikasian Alat Strain Gauge Transducer

Alat ini memiliki beberapa fitur fitur yang luar biasa, pengukuran dengan alat ini biasanya akan berkaitan dengan bidang geoteknik untuk melakukan pemantauan pada beberapa struktur. Beberapa pengaplikasian dengan alat ini meliputi:

  • Pemantauan pada rel kereta api
  • Jembatan
  • Aerospace
  • Pembangkit listrik tenaga nuklir

Testing Indonesia – Kami sebagai perusahaan yang bergerak pada bidang system dan monitoring system, kami jual Strain Gauge Transducer dengan kualitas terbaik dan juga dengan harga yang bersahabat. Selain itu kami juga melayani jasa untuk instalasi pada alat uji dengan bantuan para engineering yang sudah berpengalaman. Untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi kami melalui:

PT Testindo | Testingindonesia.co.id
Jl.Radin Inten II No 61B Duren Sawit Jakarta Timur
Whatsapp : +62 815-6141-954 (Zulfikri)
Whatsapp : +62 822-5870-6420 (Anto)
Email: sales@testindo.com
Telp: (021) 2956 3045

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *