Testingindonesia.co.idFatigue Testing Machine – fatigue adalah sebuah bentuk dari kegagalan yang terjadi pada sebuah struktur yang disebabkan oleh dinamika yang berfluktuasi dibawah yield strength yang terjadi dalam waktu yang lama dan berulang ulang. Perlu diingat, kata kucinya adalah beban dinamik, berulang dan dalam jangka waktu yang lama.

Fatigue crack biasanya bermula dari sebuah permukaan yang merupakan tempat beban berkonsentrasi. Fatigue ini menyerupai brittle farcture yang akan ditandai dengan crack awal, crack propagatin dan juga fracture akhir. Biasanya permukaan pada fracture ini akan berdiri secara tegak lurus terhadap beban yang sedang diberikan.

Ada 2 sifat makro yang dapat menandakan kegagalan pada pengukuran dengan fatigue testing machine, diantaranya adalah tidak adanya deformasi pada plastic yang besar dan farcture yang akan menunjukkan tanda tanda berupa ‘beachmark’ atau‘camshell’. Pada pengukuran dengan menggunakan alat fatigue testing machine ada beberapa tanda makro dari fatigue tersebut, yakni berupa tanda garis garis yang terdapat pada permukaan yang hanya dapat dilihat dengan menggunakan alat mikroskop electron.

Ada 3 metode pendekatan dalam melakukan prediksi umur pada fatik, pendekatan yang pertama adalah dengan menggunakan tegangan (stress approach) atau dengan istilah lain disebut dengan pendekatan grafik S-N atau metode umur-tegangan (stress life method), lalu yang kedua dengan menggunakan metode regangan (strain method) atau dengan istilah lain disebut dengan metode umur regangan (strain-life method) dan yang terakhir dengan menggunakan pendekatan mekanika pada patahan (fracture mechanics)

Gambar 1 : Fatigue pada material yang diberi beban tarik

Untuk karakteristik pada pengukuran fatigue dengan menggunakan alat fatigue testing machine ini dapat kita bedakan menjadi 2 karakteristik, yaitu makro karakteristik makro dan karakteristik micro. Untuk karakteristik makro adalah ciri ciri kelalahan yang dapat kita lakukan analisa secara visual, dengan menggunakan mata telanjang maupun dengan menggunakan kaca pembesar. Sedangkan karakteristik micro hanya dapat dilakukan pengamatan dengan menggunakan alat microskop.

Ada 2 cara pengujian yang dapat dilakukan dengan menggunakan fatigue testing machine ini, yaitu dengan cara memulai sebuah retakan dan melakukan perambatan pada retakan. Mayoritas pada umur fatigue sendiri terjadi ketika telah dimulai nya fatigue pada retakan, dan juga pada proses penguraian pada fatigue ketika pertama kali dilakukan pengontrolan. Contohnya seperti pada poros mesin, roda gigi, dan pada poros sumbu atau batang berputar.

Pada sisi lain, struktur yang memiliki ukuran yang besar atau sebuah materi komponen akan selalu berisi sebelum terjadinya retakan, contohnya saja seperti pada jembatan, kapal dan juga pada pesawat terbang. Di dalam struktur tersebut, umur pada fatigue akan habis dengan munculnya suatu pre-existing pada retakan. Proses fatigue dengan menggunakan fatigue testing machine ini akan dilakukan pada sebuah spesimen un-cracked yang mana kebanyakan dari umur fatigue akan dihabiskan dalam langkah inisiasi.

Pada komponen dan juga struktur rancang banguan seringkali berisi konsentrasi pada tekanan yang berupa bentuk. Fatigue retak ini hampir selalu mulai pada daerah yang memiliki konsentrasi yang tinggi. Sebagai contoh, perhatikan gambar dibawah, gambar tersebut menunjukkan sebuah fatigue atau kelelahan yang dimulai dari sebuah lubang yang terdapat pada sebuah batang yang berputar. Proses pematahan pada permukaan komponen yang digagalkan oleh fatigue sendiri umumnya akan berada tegak lurus dan flat pada tekanan yang diterapkan, dan juga akan sering menunjukkan beachmark punggung bukit yang sudah ditunjukkan pada gambar.

fatigue testing machine

Testing Indonesia – Kami sebagai perusahaan yang bergerak pada bidang system dan monitoring system, kami Jual Fatigue Testing Machine dengan kualitas terbaik dan pastinya dengan harga yang bersahabat, untuk informasi lebih lanjut mengenai alat, anda dapat menghubungi kami melalui:

PT TESTINDO | Testingindonesia.co.id
Jl.Radin Inten II No 61B Duren Sawit Jakarta Timur
Whatsapp : +62 815-6141-954 (Zulfikri)
Whatsapp : +62 822-5870-6420 (Anto)
Email: sales@testindo.com
Telp: (021) 2956 3045

One Thought on “Apa Itu Fatigue Testing Machine?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *