Adanya bencana tanah amblas seakan akan menghantui orang orang yang tinggal di daerah perkotaan ataupun pedesaan, contohnya saja gedung tinggi yang menghasilkan berat berlebihan dan menyebabkan amblasnya tanah. Peristiwa tanah amblas ini juga kerap terjadi di daerah perkotaan. Inilah beberapa faktor atau penyebab terjadinya tanah amblas.

  • Hujan

Hujan memang sangat dibutuhkan bagi para makhluk yang hidup di bumi, namun hujan juga kerap menyebabkan bencana yang mengakibatkan banyaknya kerugian. Salah satu bencana yang dapat ditimbulkan hujan adalah amblasnya tanah. Setelah musim kemarau yang cukup lama dapat menyebabkan kerapuhan pada struktur tanah, jika pada saat yang sama hujan dengan intensitas menengah keatas mengguyur daerah tanah rapuh tersebut

Maka hujan akan membuat lubang dan tanah dengan seketika akan mengembang. Untuk langkah pencegahan-nya yakni dengan melakukan penanam pohon, akar pada pohon akan menahan tanah dan membatasi jumlah air yang akan masuk.

  • Kurangnya Kepadatan Pada Tanah

Tanah yang memiliki tekstur yang dapat berubah ubah seperti tanah lempung atau tanah liat yang berada di kedalaman 2 – 3 meter biasanya memiliki tekstur yang tidak padat dan tidak tebal. Pada daerah yang berada diatas tanah liat ini sangat berpotensi untuk longsor atau amblas terutama apabila daerah tersebut diguyur hujan dengan instensitas yang tinggi.

Tanah akan sangat mudah lembek jika bersentuhan langsung dengan air atau akan sangat keras jika terjadi musim kemarau. Tanah ini menjadi salah satu tanah yang memiliki potensi besar terjadinya longsor.

  • Tanah Yang Mengandung Bebatuan

Tanah yang mengandung banyak bebatuan akan tetapi struktur pada tanah yang tidak cocok dengan bebatuan atau tidak menyatu dengan padat sangat memungkinkan untuk terjadinya longsor  atau amblas jika tanah terguyur oleh hujan yang sangat deras.

  • Penataan Pada Lahan

Amblasnya tanah juga dapat disebabkan oleh salahnya penataan tanaman pada daerah rawan longsor, jika pada daerah tertentu harus ditanam pohon yang memiliki akar kuat, namun jika kita menanam tanaman dengan akar yang tidak kuat seperti jagung dan tebu,  sangat mungkin jika tanah tersebut akan mengalami amblas atau bahkan longsor.

  • Adanya Getaran

Penyebab lain amblasnya tanah adalah adanya terdapat getaran di dalam tanah yang membuat struktur bumi pada tanah mengalami ketidak stabilan. Adanya getaran ini biasanya disebabkan oleh bencana alam seperti gempa bumi atau kegiatan manusia seperti pengeboran dll.

  • Belebihan Dalam Pengambilan Air Tanah

Jaman peradaban manusia bisa dibilang sudah sangat maju, hal itu dapat dibuktikan dengan beberapa penemuan alat yang sangat praktis. Salah satunya adalah pengambilan air tanah yang berada di kedalaman ratusan meter, jika pengambilan air tersebut tidak dikontrol dengan baik, maka akan dapat mengurangi kekuatan pada tanah dan sekaligus akan menyebabkan amblas atau bahkan longsor pada tanah.

  • Adanya Beban Berat Pada Permukaan Tanah

Amblasnya tanah juga dapat disebabkan karena beban yang dihasilkan oleh gedung gedung, yang mana nantinya akan menyebabkan tidak stabilnya struktur pada tanah, jika tanah tidak dapat menahan beban tersebut maka tanah disekitar juga akan amblas. Ini juga sangat berbahaya jika gedung yang berada diatas tanah juga amblas yang mungkin akan memakan ratusan bahkan ribuan jiwa dalam hitungan puluhan detik. Sebaiknya sebelum melakukan pembangunan pada bangunan tanah disekitar harus diperiksa oleh tenaga kerja ahli, agar dikemudian hari tidak ada penyesalan sama sekali.

  • Erosi

Tanah amblas juga disebabkan oleh erosi atau terjadinya pengikisan pada tanah, seperti oleh air, angin dll. atau bahkan juga bisa disebabkan oleh manusia itu sendiri.

  • Terdapat Timbunan Lahan

Biasanya jika terdapat lubang pada suatu lahan maka akan dilakukan penimbunan. Hal tersebut juga merupakan salah satu penyebab terjadinya amblas pada tanah, hal tersebut dikarenakan timbunan tanah tersebut bukanlah struktur asli dari tanah tersebut, serta sangat diragukan kualitas kestabilan dari tanah tersebut jika tanah tidak ada penahan seperti batuan. Untuk mendapatkan kepastian sebaiknya menggunakan jasa monitoring untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

  • Daerah Pembuangan Sampah

Pada daerah pembuangan sampah sangat berpotensi mengalami amblas, hal tersebut dikarenakan sampah yang menganggal tanah, yang mana sanggalan pada tanah tersebut dapat mengurangi kekuatan tanah.

sumber : ilmugeografi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *