Testingindonesia.co.idShaft power meter merupakan sebuah sensor pengukur digital yang menggunakan sinar laser di dalam pengujian-nya, alat ini digunakan untuk melakukan beberapa pendeteksian pada poros, RPM dan juga sebab akibat pada proses transfer pada sebuah daya. Alat ini juga digunakan untuk melakukan pemantauan pada kinerja sebuah kapal (ship performance monitoring).

APA ITU SHIP PERFORMANCE MONITORING?

shaft power meter

Secara umum, pemantauan kinerja yang dilakukan pada sebuah kapal akan menggunakan beberapa alat pengumpul data regular, yang mana ini biasanya terdiri dari kumpulan beberapa sensor. Biasanya untuk setiap armada kapal pasti akan memiliki beberapa sensor berukuran kecil untuk melakukan pemantauan kinerja kapal mereka.

Setiap armada juga harus memastikan kapal mereka beroperasi dengan baik, dengan melakukan penganalisaan aspek aspek lainnya pada kinerja kapal mereka, seperti seberapa hemat kapal mereka dalam melakukan pembakaran bahan bakar. Pengujian ini memang terdengar simple, tapi ini sangat penting agar kapal dapat beroperasi dalam keadaan paling maksimal dalam perjalanannya.

Baca Juga : APA ITU SHAFT POWER METER?

——————————————————————–

Satu lagi pengujian yang penting pada dunia perkapalan, yaitu pengujian daya poros. Dengan menggunakan sebuah alat pengukur daya pada poros, anda dapat melakukan pengukuran pada beberapa titik dengan menggunakan Shaft Power Meter untuk melakukan pengukuran pada titik data seperti torsi dan shaft horsepower. Dengan ini anda dapat memperoleh beberapa wawasan mengenai kinerja kapal anda, yang mana ini dapat memungkinakn anda untuk melakukan peningkatan pada pengoperasian kapal secara signifikan.

LALU BAGAIMANA MENINGKATKAN KINERJA KAPAL MENGGUNAKAN SHAFT POWER METER?

Alat shaft power meter ini menawarkan kualitas yang berbeda dalam melakukan pemantauan pada performa sebuah kapal, lebih tepatnya yang berkaitan dengan pengukuran horsepower yang mana ini tidak membutuhkan proses modififikasi atau melakukan disassembly. Alat ini juga sama seperti alat pemantauan lainnya, data yang didapatkan tidak hanya bereaksi terhadap kinerja kapal jasa, tetapi juga dapat digunakan untuk antisipasi dan juga menghindarinya. Ketika anda sudah memahami bagaimana kinerja pada kapal anda, maka anda bisa memahami kinerja mesin anda ketika mengalami penurunan.

Anda juga bisa menghindari beberapa potensi kegagalan dalam melakukan pemantauan ini, lalu melakukan pengoptimalan pada armada anda untuk kinerja yang lebih efisien lagi. Mari kita lihat beberapa hal yang bisa dilakukan dengan shaft power meter dalam melakukan peningkatan pada performa sebuah kapal:

DIAGNOSTIK DAN PENGUJIAN

Pengukuran menggunakan shaft power meter ini pada torsi, kecepatan dan pada daya poros baling baling. Ketiga hal tersebut sangat penting dalam memahami kinerja pada sebuah kapal. Dan secara khusus dapat memungkinakan anda untuk:

  • Melakukan diagnosis pada propulsi ketika terjadi masalah. Ketika sistem pembaca horsepower tidak sesuai dengan sistem pembaca horsepower seperti yang ditunjukkan oleh pengukur torsi, ini merupakan salah satu indikasi adanya sebuah masalah pada kapal.
  • Melakukan identifikasi pada getaran torsi yang berlebihan pada baling baling kapal.
  • Mencari tahu kapan lambung pada kapal mengalami penurunan

Salah satu contoh bagus dari pengujian menggunakan shaft power meter ini adalah kita dapat melakukan pendeteksian pada lambung kapal yang sudah terlalu kotor (Hull Fouling), seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah.

shaft power meter
Source : binsfeld.com

Hull fouling adalah proses penumpukan beberapa organisme pada lambung mesin kapal, faouling pada lambung kapal ini dapat menyebabkan peningkatan hambatan pada lambung kapal, ini juga menjadi salah satu penyebab bahan bakar kapal yang terlalu boros. Dan saat menggunakan alat shaft power meter ini, anda dapat melakukan pembandingan pada daya keluaran sebenarnya pada sebuah mesin, ini dapat memungkinakn anda untuk mengidentifikasi kapan tarikan pada kapal yang terlalu berlebihan dan menunjukkan potensi kapan kapal akan mengalami hull fouling.

Testing Indonesia – Kami sebagai perusahaan yang bergerak pada bidang system dan monitoring system, kami jual shaft power meter dengan kualitas terbaik dan pastinya dengan harga yang bersahabat. Untuk informasi lebih lanjut atau pembelian langsung pada alat anda dapat menghubungi kami melalui:

PT TESTINDO | Testingindonesia.co.id
Jl.Radin Inten II No 61B Duren Sawit Jakarta Timur
Whatsapp : +62 815-6141-954 (Zulfikri)
Whatsapp : +62 822-5870-6420 (Anto)
Email: sales@testindo.com
Telp: (021) 2956 3045

One Thought on “Efisiensi Sistem Pada Kapal Menggunakan Shaft Power Meter”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *