inclinometer

Apa itu inclinometer?

Inclinometer adalah sensor yang digunakan untuk mengukur besarnya sudut inklinasi atau deformasi struktur apa pun. Bengkok digambarkan dalam persentase atau derajat mengenai gravitasi. Sensor pada alat digunakan untuk mengukur kemiringan lereng selama kegiatan seperti tunneling, ekskavasi, dan dewatering. Kegiatan seperti itu mempengaruhi tanah yang mendukung struktur. Prosedur pemasangan alat tentu tergantung pada bidang aplikasi. Ini dapat dipasang secara vertikal untuk memantau kemiringan yang terpotong atau gerakan apa pun di dinding dan tanggul penopang. Untuk memantau penyelesaian tanah di atas titik tunneling, alat akan dipasang secara horizontal.

Apa Saja Jenis Pada Inclinometer?

Testing Indonesia menyediakan alat dalam 2 jenis yaitu:

Manual Inclinometer & Inclinometer Digital

inclinometer

Sistem manual pada alat terdiri dari komponen-komponen berikut:

  • Probe inclinometer
  • Gulungan kabel (ditandai setiap 0,5 m / 1 m)
  • Unit Pembacaan Seluler
  • Aksesori: Baterai Kabel Reel, Pengisi Daya Baterai, Baterai Seluler, Pengisi Daya Seluler

Sistem pada digital inclinometer merupakan sistem yang paling sering digunakan. Untuk probe manual, kedua sensor MEMS dipasang 90 ° satu sama lain (biaksial). Probe berkisar ke ± 30 ° dari vertikal.

Casing Inclinometer

alat ini digunakan untuk memandu probe di dalam casing dengan empat alur roda memanjang, berjarak 90 °. Dari semua ini, hanya satu set alur yang berlawanan dengan arah perpindahan yang diharapkan yang digunakan. Umumnya alat dipasang di tanah, di dalam lubang yang dibor dan ruang annular digerus. Namun, ada instalasi lain dimana casing tertanam dalam struktur beton. Sambungan casing menyegel tanah, nat, dan bahan lainnya sambil menjaga alur tetap bersih.

Gulungan Kabel

Gulungan kabel inclinometer terpasang pada probe pengukur kemiringan dan perangkat pembacaan. Ini digunakan untuk mengirimkan sinyal listrik selama pengukuran dan berfungsi sebagai kontrol kedalaman yang tepat dan berulang untuk probe.

Kabel memiliki desain yang berbeda dan dibangun untuk memberikan stabilitas longitudinal jangka panjang. Kabel berfungsi sebagai pita pengukur. Dengan kata lain, ini dibuat agar tahan lama, tahan air, tidak melar, tidak menyusut dengan resistensi torsi tinggi.

Android Mobile Readout Unit

Digital / android inclinometer menggunakan ponsel yang diaktifkan Android sebagai unit pembacaan untuk merekam data pada setiap interval kedalaman. Ini mampu menyimpan beberapa set data dan dapat melakukan pemeriksaan lapangan untuk memverifikasi validitas pengukuran.

In-Place Inclinometer

Komponen – Komponen

  1. Perakitan roda bawah
  2. In-Place
  3. Spacer tubing (panjang: perlu ditentukan sesuai kebutuhan)
  4. Penempatan tabung (bagian paling atas)
  5. Kit suspensi
  6. Penutup pelindung
  7. Kotak persimpangan
  8. Data Logger: ESDL-30

In-Place Inclinometer selanjutnya dibagi menjadi dua jenis – Uniaksial dan Biaksial. Indikator kemiringan dua arah di tempat terdiri dari beberapa sensor MEMS yang terpasang pada suhu 90 °.

Testing Indonesia sebagai perusahaan yang bergerak pada bidang system dan moniroting system, kami Jual Inclinometer dengan kualitas terbaik dan pastinya dengan harga yang bersahabat, untuk informasi alat dan penawaran anda dapat menghubungi kami melalui nomor telepon : 021-2956-3045 atau dengan melalui sales kami di email : sales@testingindonesia.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *