Testingindonesia.co.id – Kali ini kita akan membahas mengenai salah satu alat yang biasa digunakan dalam pengujian beton dan juga termasuk ke dalam salah satu pengujian NDT atau Non Destructive Test. Yakni ultrasonic pulse velocity test. Alat ini digunakan dengan cara menempelkan nya pada beton yang akan dilakukan pengukuran, lalu alat akan melakukan perambatan pada beton dengan memanfaatkan sinyal ultrasonic.

ultrasonic pulse velocity testPrinsip utama yang paling mendasar dari alat ini terdiri dari metode pengukuran pada waktu perjalanan dari pulse ultrasonic dalam melewati beton yang sedang dilakukan pengujian. Semakin baik dan bagus kualitas dari beton dalam segi kepadatan, homogenitas dan dari segi lainnya, maka kecepatan yang dihasilkan juga akan relatif lebih tinggi.

the pulse velocity (Kecepatan pulsa) dalam suatu material tergantung pada kerapatan dan sifat elastisnya. Hal ini terkait dengan kualitas dan kekuatan material. Oleh karena itu sangat memungkinkan untuk memperoleh informasi tentang sifat-sifat komponen dengan penyelidikan sonic. Adapun test ini dilakukang dengan metode kecepatan pulse elektronik yang sesuai dengan IS: 13311 (Bagian 1) – 1992.

Dengan melakukan pengukuran dengan ultrasonic pulse velocity test maka kita dapat melakukan penilaian pada:

  • Penilaian kualitatif kekuatan beton, gradasinya di berbagai lokasi anggota struktural dan merencanakan hal yang sama.
  • Setiap diskontinuitas dalam penampang seperti retak, menutupi delaminasi beton dll.
  • Kedalaman retakan pada sebuah permukaan.

Ultrasonic Testing of Concrete

Ultrasonic pulse velocity test terdiri dari pengukuran pada waktu tempuh, T pulsa elektronik mulai dari 50 hingga 54 kHz, yang diproduksi dari transduser elektro-akustik, yang kemudian akan dilakukan kontak dengan salah satu permukaan pada beton. Contoh : Dengan panjang jalur L, (yaitu jarak antara dua probe) dan waktu perjalanan T, kecepatan pulsa (V = L / T) dihitung.

Semakin tinggi modulus elastisitas, kepadatan dan integritas beton, semakin tinggi pula kecepatan pulsa. Kecepatan pulsa ultrasonik tergantung pada kerapatan dan sifat elastis material yang diuji. Meskipun kecepatan pulsa berhubungan dengan kekuatan beton, namun tidak ada korelasi statistik yang dapat diterapkan.

The pulse velocity di dalam beton dapat dipengaruhi oleh:

  • Panjang jalur
  • Dimensi lateral spesimen yang diuji
  • Kehadiran baja tulangan
  • Konten lembab beton

Pengaruh pada panjang lintasan dapat diabaikan asalkan tidak kurang dari 100mm ketika agregat ukuran 20mm digunakan atau kurang dari 150mm untuk agregat ukuran 40mm. Kecepatan pulsa tidak akan dipengaruhi oleh bentuk spesimen, asalkan dimensi lateral paling kecil (yaitu dimensi diukur pada sudut kanan ke jalur pulsa) tidak kurang dari panjang gelombang getaran pulsa.

Untuk pulsa frekuensi 50Hz, ini sesuai dengan dimensi lateral paling tidak sekitar 80mm. kecepatan pulsa di batang baja umumnya lebih tinggi daripada di beton. Karena alasan ini pengukuran kecepatan pulsa yang dilakukan di sekitar baja tulangan mungkin tinggi dan tidak mewakili beton. Pengaruh tulangan umumnya kecil jika batang berjalan searah dengan sudut siku-siku ke jalur pulsa dan jumlah baja kecil dalam kaitannya dengan panjang jalur. Kadar air beton dapat memiliki pengaruh kecil tetapi signifikan terhadap kecepatan pulsa.

Secara umum, kecepatan meningkat dengan meningkatnya kadar air, pengaruhnya lebih nyata untuk beton berkualitas rendah.

ultrasonic pulse velocity test

Inilah beberapa tingkatan kualitas pada beton berdasarkan pengujian Ultrasonic Pulse Velocity Test

VELOCITY PULSEKUALITAS BETON
> 4,0 km / sSangat bagus sampai sangat baik
3,5 – 4,0 km / sBaik sampai sangat baik, sedikit porositas mungkin ada
3,0 – 3,5 km / sDiduga memuaskan tetapi kehilangan integritas
<3,0 km / sMiskin dan kehilangan integritas ada.

Tabel 1 menunjukkan pedoman untuk penilaian kualitatif beton berdasarkan hasil tes UPV.

Untuk membuat penilaian yang lebih realistis dari kondisi permukaan anggota struktural, kecepatan pulsa dapat dikombinasikan dengan angka pantulan.

Tabel 2 menunjukkan pedoman untuk identifikasi lokasi rawan korosi dengan menggabungkan hasil kecepatan pulsa dan angka pantulan.

dentifikasi Lokasi Rawan Korosi berdasarkan Kecepatan Pulse dan Bacaan Hammer

NoHasil tesInterpretasi
1Nilai UPV tinggi, angka pantulan tinggiTidak rawan korosi
2Nilai UPV kisaran menengah, angka rebound rendahDelaminasi permukaan, kualitas rendah beton permukaan, rawan korosi
3UPV rendah, angka pantulan tinggiTidak rentan terhadap korosi, namun harus dikonfirmasi oleh uji kimia, karbonasi, pH
4UPV rendah, angka pantulan rendahRawan korosi, membutuhkan uji kimia dan elektrokimia.

Pendeteksian Kecacatan dengan Sinyal Ultrasonic pada Beton

ketika pulse ultrasonic merambat melalui beton dan bertemu dengan antarmuka beton – udara, maka akan ada transmisi energi yang diabaikan pada antarmuka sehingga setiap celah udara yang terisi ataupun dalam keadaan kosong yang terletak diantara transduser akan menghalangi langsung sinar ultrasonic ketika pada bagian yang kosong memiliki area yang sedang diproyeksikan.

Memperkirakan Kedalaman pada Retakan

Untuk memperkirakan kedalaman pada retakan yang terlihat pada sebuah permukaan dapat dilakukan pada saat waktu transit melintasi dua pengaturan transduser yang sudah ditempatkan pada permukaan. Salah satu pengaturan yang cocok adalah di mana transduser pengirim dan penerima ditempatkan pada sisi berlawanan dari retakan. Lalu dipilihlah 2 nilai pada X.

Persamaan dapat diturunkan dengan mengasumsikan bahwa bidang retakan tegak lurus terhadap permukaan beton dan bahwa beton di sekitar retakan memiliki kualitas yang cukup seragam. Hal tersebut sangat penting karena jarak X diukur secara akurat dan kopling yang sangat baik dikembangkan antara transduser dan permukaan beton. Metode ini sangat valid asalkan daerah pada retakan tidak mengadung air.

Metode Pengetesan

Ultrasonic Pulse Velocity testing dalam mode paling mendasar disebut  dengan time of flight. Hal ini mengecu pada pengaturan waktu kedatangan pulse electronic dari satu transduser menuju ke transduser lainnya dengan melalui benda padat. Pulse Ultrasonic dalam hal ini adalah gelombang-p (atau gelombang kompresi). Ultrasonic pulse velocity (UPV) dihitung dengan membagi jarak antara transduser dengan waktu kedatangan.

Interpretasi Hasil

Kualitas beton dalam hal keseragaman, ada atau tidaknya kecacatan internal, retak dan lain lain, alat ini akan menunjukkan tingkat pada pengerjaan yang sedang digunakan. Sehingga kita dapat melakukan penilaian dengan menggunakan pedoman yang sudah diberikan seperti dibawah ini, karena alat sudah dikembangkan uintuk melakukan karakterisasi kualitas pada tiap tiap beton. Di dalam struktur dan dalam hal kecepatan pada pulse electronic.

Testing Indonesia sebagai perusahaan yang bergerak pada bidang system dan monitoring, kami jual ultrasonic pulse velocity test dengan kualitas terbaik dan pastinya dengan harga yang bersahabat, untuk informasi alat dan pembelian anda dapat menhubungi kami melalui nomor telepon : 021-2956-3045 atau dengan melalui sales kami di email : sales@testingindonesia.com

Sumber : pcte.com & theconstructor.org

1 thought on “Mengenal Apa Itu Ultrasonic Pulse Velocity Test

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *