Testingindonesia.co.id – Untuk memastikan performa tertinggi pada mesin sebuah kendaraan seperti motor, seorang mekanik tentu harus mengetaui perubahan yang terjadi pada hasil modifikasi yang mereka lakukan pada mesin. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan mesin chassis dynamometer atau  yang biasa disebut dengan dynotest.

Dengan mesin ini kamu akan mengetahui data-data terkait performa mesin kendaraan seperti torsi, speed, dan power kendaraan. Berbeda dengan engine dynamometer yang harus melepas mesin saat ingin melakukan pengujian, dengan chassis dynamometer pengujian dapat dilakukan langsung menggunakan rangka kendaraan oleh sebab itu mesin ini disebut juga mesin chassis dynamometer.

Untuk memiliki mesin dynotest memerlukan investasi dana yang tidak murah, karena di dalam mesin ini terdapat instrument seperti sensor-sensor yang harganya tidak murah. Oleh karena itu kamu perlu tahu apa saja yang mempengaruhi harga mesin dynotest motor?

Apa Sih Yang Perlu Dipertimbangkan Saat Ingin Investasi Mesin Dynotest?

Budget

Faktor budget biasanya menjadi pertimbangan utama saat ingin investasi mesin dynotest, untuk kisaran harganya sendiri chassis dynotest dengan brand lokal dibandrol dengan harga 300 hingga 900 juta rupiah tergantung pada pemakaiannya, sedangkan untuk brand luar negeri dibandrol dengan harga 1 hingga 3 milyar rupiah.

Brand

Saat kamu ingin investasi mesin dynotest, kamu bisa melakukan riset sederhana tentang brand-brand dynotest apa saja yang ada dipasaran, tujuanya adalah untuk mengetahui fitur-fitur apa saja yang dimiliki brand-brand tersebut, selain itu kamu juga bisa mengetahui perbandingan harga dari masing-masing brand tersebut. Selain fitur dan harga, kualitas dari masing-masing brand berbeda, untuk brand lokal sendiri, build quality dari chassis dynotest nya dirancang dengan kualitas yang sesuai dengan standard yang ada, sedangkan untuk brand luar negeri terkhusus Eropa, biasanya memiliki build quality yang tinggi serta pemakaian nya yang jangka panjang.

Fitur

Selain brand fitur menjadi sebuah pembeda harga mesin dynotest, Biasanya fitur brand dalam negri bisa digunakan untuk mengukur akselerasi tanpa beban pada kendaraan. Sedangkan brand luar negeri seperti Superflow, anda bisa mengukur akselerasi kendaraan dengan mensimulasikan kendaraan anda seperti, mendaki, menurun dan jalan mendatar.

Mengenal Mesin Dynotest Motor SuperFlow CycleDyn

dynotest

SuperFlow CycleDyn adalah Chassis Dynamometer yang dirancang untuk menguji sepeda motor, kart, ATV (quads), dan kendaraan yang serupa. Pengujian pada dinamometer dapat meningkatkan akurasi pengukuran, dan meningkatkan produktivitas. CycleDyn adalah sistem dinamometer modular, yang berarti Anda dapat memilih komponen yang sesuai untuk mendapatkan dynamometer yang tepat untuk kebutuhan Anda. CycleDyn juga cocok untuk penggunaan di atas tanah atau pemasangan pada pit (pit installation), yang membuatnya sangat serbaguna untuk semua konfigurasi bengkel.

Di dalam pengujiannya Chassis Dynamometer Cycledyn ini menggunakan beberapa komponen penting seperti:

HAND HELD CONTROLLER

Kontroller ini menggunakan sistem wire (kabel), yang ditempatkan di dalam tempat yang tahan terhadap benturan. Memiliki fitur eight-line by forty-character liquid crystal display (jumlah karakter huruf yang dapat di input kedalam layar). Serta dua puluh tujuh tombol dengan 10 diantaranya merupakan screen key atau tombol pada layar.

SENSOR BOX

Sensor Box mencakup dua mikroprosesor 32-bit untuk mengumpulkan data lebih dari 1000 Hz dan menampilkan data 100 baris per detik pada display. Dua pengontrol set-point dapat dioperasikan dalam mode loop terbuka atau tertutup. Weather station internal mengukur kondisi atmosfer selama pengujian sehingga WinDyn® dapat mengoreksi data yang direkam minimal dapat memenuhi standar seluruh dunia (ECE, DIN, SAE, STP, dll.).

Empat liquid crystal displays (LCD) dapat dikonfigurasi ke saluran yang dipilih si pengguna. Desain kotak sensor modular memungkinkan ekspansi yang mudah untuk sensor opsional termasuk OBDII, aliran udara, aliran bahan bakar, tekanan, suhu, lambda, dan beberapa perangkat pengukuran emisi.

MONITORING DAN ANALISA

harga mesin dynotest
dynotestindonesia.wordpress

Dengan menggunakan 10 layar custom, Anda dapat memantau data pengujian secara real-time pada meter, digital readouts, grafik batang, dan plot. Data di setiap layar terus diperbarui bahkan saat layar tidak digunakan. Kemampuan analisis data dan grafik pasca uji bawaan memungkinkan Anda melihat hingga 10 halaman yang ditentukan pengguna dalam format tabel. Saat pengujian selesai, data tabular dan data grafis Anda dapat muncul berdampingan di layar untuk memudahkan perbandingan. Anda juga dapat melapisi data pengujian untuk membandingkannya secara grafis.

Jika kamu tertarik dengan mesin dynotest untuk motor ini atau memiliki pertanyaan terkait informasi atau harga mesin dynotest motor ini jangan ragu untuk menghubungi kami di No Whatsapp +62 813-9929-1909 (Zulfikri).

 

Feature Image : oneaddiction

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *