Pengeboran inti beton (Coring beton) adalah metode yang cepat dan aman untuk mengebor struktur beton. Teknisi yang terampil dan ahli menggunakan core drill machine canggih untuk membuat lubang dan bukaan di dinding, pelat, dan kolom untuk berbagai penggunaan.

core drill machine, georadar, peran georadar pada coring beton
proses coring beton

Namun mesin core drill tidak bekerja sendirian dalam proses pengeboran beton ini. Core drill machine dibantu oleh alat georadar untuk memindai struktur beton sebelum pengeboran. Dalam proses pengeboran struktur beton tidak boleh sembarangan, maka dari itu sebelum melakukan pengeboran dilakukan scan pada struktur beton untuk mengetahui apakah ada benda yang menghalangi atau tidak di dalamnya.

Georadar adalah metode non destruktif yang digunakan untuk memeriksa struktur beton, mengukur ketebalan pelat serta menemukan tulangan, kabel, saluran dan rongga. Coring beton digunakan untuk membuat lubang dan bukaan melingkar yang presisi pada beton untuk berbagai aplikasi, seperti pipa, kabel listrik, drainase, HVAC, dan pengujian struktural.

core drill machine, georadar, peran georadar pada coring beton

Apa saja yang bisa dilakukan georadar pada proses coring beton? Berikut peran georadar dalam proses coring beton:

Peran Georadar pada Proses Coring Beton

Georadar dapat menandai lokasi Rebar

Georadar memeriksa struktur beton menggunakan gelombang elektromagnetik. Alat ini dapat mendeteksi lokasi yang tepat dari tulangan di kolom, pelat dan dinding di gedung beton. Hal ini dapat mencegah pemotongan tulangan yang tidak disengaja, yang dapat membahayakan keselamatan struktur bangunan. Ini juga memberikan informasi tentang jarak tulangan yang membantu engineer dalam analisis struktur.

Dapat mengidentifikasi rongga beton

Rongga udara dapat terjadi pada struktur beton karena berbagai alasan. Ini adalah ruang yang paling rentan terhadap kerusakan. Pengeboran apa pun dapat mengakibatkan keruntuhan, membahayakan stabilitas struktur dan keselamatan orang-orang yang bekerja.

Georadar dapat menemukan rongga udara dan operator menandai lokasinya. Dengan begitu, teknisi pengeboran beton tahu di mana titik yang tidak boleh dibor. Ini juga membantu engineer struktur menganalisis bagian-bagian yang membutuhkan pekerjaan tambal dan perbaikan untuk meningkatkan stabilitas struktur.

Dapat mendeteksi utilitas

Peran ini merupakan aplikasi georadar yang paling penting sebelum melakukan operasi coring pada struktur beton. Alat ini digunakan untuk menemukan instalasi utilitas, seperti saluran pipa, saluran listrik dan saluran HVAC.

Hal ini membantu teknisi pengeboran beton memilih tempat yang tepat untuk membuat bukaan. Ada banyak insiden di mana kerusakan saluran pipa secara tidak sengaja mengakibatkan kebocoran air besar, yang menempatkan struktur dalam bahaya dan berakhir dengan perbaikan besar.

Demikian pula, pemotongan saluran listrik secara tidak sengaja mengakibatkan pemadaman listrik dan kadang-kadang dapat menyebabkan korsleting listrik, yang membahayakan nyawa pekerja. Itulah sebabnya sebagian besar pengerjaan core drilling membutuhkan layanan Georadar untuk pemindaian beton sebelum mengebor beton tersebut.

Berapa Ukuran Lubang yang Dapat Dibor Peralatan Coring Beton?

Lubang pada beton dibuat untuk berbagai aplikasi. Ukuran lubang yang dapat dibor oleh core drill machine tergantung pada kemampuan mesin tersebut.

Itulah peran georadar pada proses coring beton. Semoga artikel ini bermanfaat. Jika Anda tertarik dengan georadar dan core drill machine, hubungi kami di Office: 021-2956-3045, Email: sales@testingindonesia.com, Whatsapp: 0813-9929-1909 (Zulfikri).

sumber gambar: canwestconcrete.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *