Dalam proses produksi atap genteng pengukuran dan pengujian diperlukan untuk memastikan kualitas produk yang selalu tinggi. Dalam sistem pengukuran dan pengujian semi-otomatis DASTOKON dan di pabrik BSPK, laser triangulation sensor atau proximity sensor laser digunakan untuk inspeksi 3D dan untuk penilaian permukaan genteng.

proximity sensor, jual proximity sensor, sensor perpindahan, laser proximity sensor, laser sensor triangulation, inspeksi genteng dengan proximity sensor

Proximity sensor laser adalah sensor dengan teknologi laser yang berfungsi untuk mengukur perpindahan, jarak, dan ketebalan. Sensor laser ini biasa digunakan untuk melakukan pengukuran dan pemantauan dalam otomatisasi pabrik, produksi elektronik, robotika, dan pembuatan kendaraan.

Proximity sensor laser ini memiliki pengontrol yang terintegrasi penuh. Oleh karena itu, pemasangan dan pengkabelan sederhana dimungkinkan di ruang instalasi terbatas atau pada robot produksi. Performanya yang tinggi memungkinkan sensor memberikan hasil pengukuran yang presisi pada tingkat pengukuran yang tinggi.

Sensor bekerja dengan dioda laser, yang memproyeksikan titik cahaya ke material atau target pengukuran. Cahaya yang dipantulkan dari titik tersebut dicitrakan oleh sistem penerima optik ke elemen yang peka terhadap posisi. Jika poisis titik cahaya berubah, perubahan ini dicitrakan pada elemen penerima dan dievaluasi.

Proximity sensor dipasang pada perlengkapan bergerak yang berputar. Profil genteng dalam arah memanjang dan melintang diperoleh dengan bergerak di sepanjang garis pengukuran yang ditentukan di atas sumbu x dan y untuk memeriksa spesifikasi akurasi ukuran yang kompleks.

proximity sensor, jual proximity sensor, sensor perpindahan, laser proximity sensor, laser sensor triangulation

Untuk mengukur kekasaran genteng, sensor dibawa melalui sumbu z ke posisi jarak optimal ke permukaan genteng, mencapai diameter titik cahaya terkecil. Dari sejumlah besar pengukuran, titik pengukuran tertentu diekstraksi dengan algoritma yang sesuai (40 titik pengukuran per mm) dan kekasaran ditentukan. Karena proximity sensor beroperasi dengan laser semikonduktor Kelas 2, tidak diperlukan tindakan pencegahan khusus terhadap radiasi laser.

Keuntungan

  • Parameter baru yang sebelumnya tidak dapat diuji seperti kekasaran permukaan dapat diperoleh secara objektif dan langsung disertakan dalam proses produksi.
  • Pemeriksaan genteng individu di laboratorium pusat dengan waktu tunggu yang lama hingga hasil pengujian tersedia dapat diabaikan sepenuhnya.
  • Tingkat inspeksi meningkat secara substansial.
  • Kesalahan yang terjadi secara sistematis terdeteksi dalam waktu singkat
  • Persyaratan untuk sistem pengukuran
  • Rentang pengukuran yang besar (> 40mm) agar dapat memperoleh profil genteng dalam satu langkah kerja tanpa pelacakan sensor.
  • Tingkat pengukuran tinggi (5000 pengukuran / dtk) untuk periode inspeksi singkat.
  • Akurasi tinggi (linearitas lebih baik dari 60μm) untuk pengukuran profil dengan resolusi tinggi secara bersamaan (<3μm) untuk kekasaran permukaan.
  • Warna bentuk independen untuk akurasi pengukuran konstan untuk bahan genteng yang berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *