holiday detector

Testingindonesia.co.id – Di dalam pengujian yang dilakukan dengan menggunakan alat holiday detector ini, ada 2 macam pengujian yang digunakan. Yakni metode wet sponge holiday detector yang menggunakan tegangan rendah, dan juga ada metode DC spark yang menggunakan tegangan tinggi. Untuk metode tegangan rendah ini, biasanya digunakan untuk melakukan pemeriksaan pada lapisan yang memiliki ketebalan yang kurang dari 20 mil, dan metode tegangan tinggi akan digunakan pada lapisan yang memiliki ketebalan antara 10 hingga 20 mil, asalkan tegangan tersebut dihitung dengan benar dan dapat diatur secara tepat pada sebuah detector.

METODE SPONGE BASAH

Metode sponge basah pada alat holiday detector ini juga terdiri dari tongkat yang berisikan penjepit dengan ujung logam dengan sponge selulosa yang dibasahi pada bagian atasnya, kabel arde yang terhubung ke area yang tidak terlapisi pada struktur dan juga unit pendeteksi yang akan berbunyi (Alarm) jika terdeteksi ada kerusakan seperti lubang. Untuk pengaturan yang digunakan pada lapisan baja adalah (67,5v). beberapa hal yang harus dilakukan ketika melakukan pengujian menggunakan alat holiday detector tegangan rendah ini:

  • Hubungkan tongkat menuju ke unit pendeteksi dengan menggunakan kabel arde yang menghubungkan penjepit spons logam menuju ke unit pendeteksi
  • Lalu jepitkan spons menuju ke ujung tongkat
  • Pasangkan kabel arde ke alat pendeteksi dan jepit kabel arde ke struktur agar dapat menyelesaikan rangkaian. Penjepit ini juga harus bersentuhan dengan subsrat yang tidak dilapisi dan juga bukan dengan pelapis
  • Setelah itu basahi spons dengan air, peras sedikit air yang terdapat pada sponge untuk menghindari permukaan mengalami “telegraphing”
  • Nyalakan detector power
  • Lalu pindahkan alat secara perlahan pada permukaan benda yang diuji, dengan kecepatan yang tidak lebih dari satu kaki garis per detik. Dan jika ada pinholhe atau lubang, maka detector pada alat akan menghasilkan sinyal yang dapat saat air pada sapons menembus ke subsrat yang tidak terlindungi
BACA JUGA : CARA PENGGUNAAN ALAT HOLIDAY DETECTOR

METODE HIGH VOLTAGE

Untuk metode tegangan tinggi pada holiday detector mungkin cara penggunaan-nya hampir sama dengan metode tegangan rendah, namun alat ini menggunakan semacam bulu logam, karet neoprana atau elektroda sebagai pengganti spons di dalam pengujiannya, serta tegangan pada alat ini dapat disesuaikan. Pengujian dengan alat ini juga menggunakan alarm sebagai penanda jika terdapat kerusakan pada permukaan, serta alat ini juga bisa memberikan tanda visual seperti percikan api saat terdateksi kerusakan seperti pinhole atau lubang.

Metode apapun yang digunakan di dalam pengujian ini, subsrat harus konduktif secara elektrik, serta lapisan alat juga tidak boleh konduktif. Pelapis yang mengandung pigmen konduktif seperti seng, serpihan aluminium dll tidak dapat digunakan dalam metode pengujian ini.

Testing Indonesia – Kami sebagai perusahaan yang bergerak pada bidang system dan monitoring system, kami jual holiday detector dengan kualitas terbaik dan pastinya dengan harga yang bersahabat. Untuk informasi lebih lanjut mengenai alat dan pembelian anda dapat menghubungi kami melalui:

PT TESTINDO | Testingindonesia.co.id
Jl.Radin Inten II No 61B Duren Sawit Jakarta Timur
Whatsapp : +62 815-6141-954 (Zulfikri)
Whatsapp : +62 822-5870-6420 (Anto)
Email: sales@testindo.com
Telp: (021) 2956 3045

2 Thoughts on “Macam Macam Pengujian Pada Alat Holiday Detector”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *