Testingindonesia.co.id – korosi dini atau kerusakan pada subsrat biasanya disebabkan oleh kegagalan pada pelapisan, sebagian besar disebabkan oleh cacat pada lapisan akhir. Alat holiday detector digunakan untuk melakukan pendektesian pada lubang atau yang biasa dikenal dengan “holidays” atau “breaks in a coating”. Pengujian menggunakan holiday detector ini mampu melakukan pendeteksian pada kerusakan yang bahkan tidak dapat dilihat dengan mata telanjang.

Untuk pengujian yang dilakukan pada permukaan sebuah pipa, akan sangat disarankan untuk menggunakan alat holiday detector dengan tegangan tinggi, atau dengan menggunakan teknik porositas, metode ini sangat ideal dalam melakukan pemeriksaan dan pendeteksian pada permukaan. Pada saat melakukan persiapan sebelum inspeksi atau pengujian, hal yang pertama dilakukan adalah dengan menyambungkan pegangan tongkat tegangan tinggi (high voltage wand handle) menuju ke bagian depan dari instrument, setelah itu sambungkan kabel arde menuju ke “detector handle” dengan cara memasukkannya dan memutarnya searah dengan jarum jam. Jangan pernah mneghubungkan atau melepas bagian instrument ketika instrument masih dalam keadaan dinyalakan.

Pastikan juga semua aksesoris pada alat sudah lengkap dengan melakukan cek menggunakan daftar pemeriksaan:

  • APS instrument
  • Mil-spec waterproof carrying case
  • 4″ rubber paddle electrode
  • Voltage adjusting screwdriver
  • Instruction manual
  • One electrode (3 versions to choose from)
  • Compax connector for full circle electrodes
  • 20′ ground cable
  • Battery charger
  • Two batteries

BACA JUGA : Pengujian Holiday Detector pada Coating, Cat dan Lining Defects

Setelah itu lakukan pemasangan pada elektroda menuju ke “high voltage wand handle” lalu lakukan pemeriksaan pada struktur atau permukaan benda yang akan dilakukan pengujian. Elektroda juga harus selalu didekatkan dengan permukaan benda yang dilakukan pengujian. Dari titik ini, alat pengujian dapat dinyalakan dan pengujian dapat dilakukan. Alat akan menyala saat menahan switch yang terdapat pada alat, dan jika switch pada alat dilepas maka alat juga akan ikut mati. Ada 3 pilihan yang terdapat pada kit yakni: Full circle Spring electrode for Any one pipe diameter between 4” and 36”, Half Circle Spring Elctrode for any one pipe, 0.75” and 8”, lalu ada pilihan Silicone-Rubber Brush Electrode with any one width between 2” and 8”.

Testing Indonesia – Kami sebagai perusahaan yang bergerak pada bidang system dan monitoring system, kami jual holiday detector dengan kualitas terbaik dan pastinya dengan harga yang bersahabat. Untuk informasi lebih lanjut mengenai alat dan pembelian anda dapat menghubungi kami melalui:

PT TESTINDO | Testingindonesia.co.id
Jl.Radin Inten II No 61B Duren Sawit Jakarta Timur
Whatsapp : +62 815-6141-954 (Zulfikri)
Whatsapp : +62 822-5870-6420 (Anto)
Email: sales@testindo.com
Telp: (021) 2956 3045

2 Thoughts on “Tata Cara Penggunaan Alat Holiday Detector”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *