Pemantauan kualitas air limbah telah berkembang secara signifikan selama dekade terakhir. Pabrik-pabrik industri saat ini memiliki akses ke teknologi yang mampu memantau berbagai parameter kualitas air limbah dan kontaminan yang menjadi perhatian dengan cara yang sederhana dan efektif. Alur informasi mengenai kualitas air yang berkelanjutan ke sistem kontrol pabrik dapat memberikan nilai yang signifikan. Berikut 4 manfaat pemantauan kualitas air limbah yang perlu ketahui, agar lingkungan kita lebih bersih dan sehat.

Beberapa Manfaat Pemantauan Kualitas Air Limbah

Menaati Peraturan

Banyak produsen industri berada di bawah tekanan karena memikirkan cara memenuhi peraturan limbah yang semakin ketat. Manfaat langsung dari pemantauan kualitas air secara online (water quality monitoring system) adalah kemampuannya untuk mendeteksi dan meningkatkan waktu respons terhadap perubahan atau peristiwa yang mungkin terlewat dari perhatian. Dengan hanya mendapatkan visibilitas yang lebih besar dari proses pengolahan air limbah, operator memiliki informasi real-time yang diperlukan untuk meramalkan dan menyelesaikan masalah jauh sebelum menjadi masalah kepatuhan.

Kontrol Proses Air Limbah

Kontrol proses air limbah

Terkait langsung dengan peraturan adalah salah satu kemampuan untuk mengolah air limbah dari proses produksi secara efektif dan efisien sebelum dibuang. Dari perspektif kontrol dan peningkatan proses, informasi real-time adalah data yang berharga.

Metode tradisional yang digunakan untuk mengakses informasi kualitas air biasanya sangat terkait dengan laboratorium. Sementara analisis laboratorium diperlukan untuk tujuan laporan yang tepat, analisis tersebut hanya menyediakan snapshot informasi berkala dengan interval panjang di antaranya, yang seringkali tidak digunakan untuk pengendalian proses. Selebihnya, biaya, waktu, dan kerumitan yang terkait dengan sebagian besar pengujian membuat penghalang untuk kapasitas pengujian yang lebih sering.

Menggunakan pemantauan kualitas air limbah yang berkelanjutan, operator menjadi lebih mudah untuk mengakses banyak informasi historis secara real-time untuk membantu mengambil keputusan.

Tindakan pengendalian proses dapat dilakukan dengan lebih aman, dan hasil dari tindakan pengendalian tersebut nanti dapat dipantau secara real-time untuk mengukur kinerjanya. Bagi kalian yang ingin mendapatkan efisiensi lebih besar dalam proses pemantauan kualitas air real-time mungkin sistem yang tepat.

Feedback Pabrik Produksi

Identifikasi kejadian dan pemantauan real-time menjadi tren pemantauan kualitas air dari waktu ke waktu juga berfungsi sebagai alat yang bermanfaat untuk memberikan feedback ke pabrik produksi. Operator pabrik produksi nanti dapat menggunakan informasi tadi untuk mengidentifikasi proses yang tidak efisien dan memperbaikinya, karena mereka memiliki pengalaman untuk membuat keputusan berdasarkan data. Hal ini tidak hanya akan menambah pendapatan ke dalam produksi dari pemulihan produk yang hilang, tetapi secara bersamaan akan mengurangi beban instalasi pengolahan air limbah.

Pengurangan Biaya

Hasil dari pengoperasian instalasi pengolahan air limbah lebih efisien dengan pemantauan real-time yang berarti dapat mengurangi biaya.

Tergantung pada jenis pengolahan yang digunakan, penghematan dapat diperoleh melalui biaya energi yang lebih rendah, pengurangan penggunaan bahan kimia dan pembuangan lumpur, dan masih banyak lagi. Untuk beberapa pabrik, peningkatan kualitas air limbah membuat pengurangan biaya tambahan atau denda izin. Adanya pengurangan biaya atau peningkatan pendapatan yang timbul dari perbaikan feedback pabrik produksi dan laba atas investasi untuk pemantauan kualitas air.

Itu dia 4 manfaat pemantauan kualitas air limbah yang perlu kamu ketahui, salah satu instrumen yang dapat digunakan untuk kebutuhan pemantauan kualitas air limbah adalah HMA-2000 Series. Dapatkan instrumen tersebut pada sumber air yang kalian gunakan seperti bendungan, waduk, dan lain-lain.

Jika ingin mendapatkan HMA-2000 Series untuk merasakan manfaat pemantauan kualitas air limbah Anda, bisa hubungi kami di Office: 021-2956-3045, Email: sales@testingindonesia.com, Whatsapp: 0813-9929-1909 (Zulfikri), 0822-5870-6420 (Anto) untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai water quality monitoring system kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *