Istilah ‘inspeksi beton’ digunakan secara luas dan mencakup berbagai kegiatan, seperti pengujian kekuatan tekan (compressive strength) beton, pemindaian beton, pengukuran delaminasi pada beton, pengujian tarik jangkar dari perlengkapan beton, dan banyak lagi.

Pada artikel kali ini kami akan membahas metode non-destruktif untuk inspeksi bangunan beton seperti pemindaian dengan georadar untuk inspeksi beton, pengujian probe Windsor untuk pengujian compressive strength dan sounding untuk mengidentifikasi delaminasi. Berikut manfaat dari pengujian bangunan beton menggunakan metode non-destruktif.

Inspeksi Beton Menyeluruh

Pemindaian beton menggunakan georadar adalah metode yang digunakan untuk menemukan tulangan, utilitas, saluran dan rongga, mengukur ketebalan pelat dan memeriksa struktur beton. Alat ini memberikan pandangan yang komprehensif dari pelat beton, dinding atau kolom tanpa merusaknya, yang merupakan keuntungan utama.

Kontraktor pekerjaan finishing menggunakan georadar untuk menemukan utilitas sebelum membuat lubang dan bukaan pada struktur beton. Dengan georadar, Anda dapat menghilangkan kemungkinan pemotongan saluran, saluran utilitas dan tulangan secara tidak sengaja yang pada akhirnya memberikan peningkatan biaya dan efisiensi kerja. Pemindaian beton dengan georadar dapat digunakan untuk mendeteksi logam, plastik, PVC, kantong udara, rongga, dan fitur geologis.

Pengujian Compressive Strength

Pengujian probe windsor adalah metode yang sangat populer untuk pengujian compressive strength beton. Manfaat utamanya adalah untuk menjamin stabilitas dan kinerja struktur beton dengan mengukur compressive strengthnya. Ini dapat mengukur kekuatan tekan maksimum struktur beton hingga 17.000 psi. Ahli struktur menggunakan metode ini untuk inspeksi bangunan dan menentukan apakah struktur beton aman untuk digunakan atau tidak.

Mengidentifikasi Titik Lemah Bangunan

Sounding adalah metode pemeriksaan beton non-destruktif di lapangan yang digunakan untuk mengidentifikasi delaminasi pada beton. Delaminasi didefinisikan sebagai jatuhnya beton menjadi lapisan-lapisan. Hal ini terjadi ketika campuran air, udara dan material yang lebih ringan dipindahkan, menciptakan area berlubang di pelat beton dan mengakibatkan kegagalan permukaan beton. Pengujian delaminasi membantu mengidentifikasi titik-titik lemah ini dan memberikan gambaran kepada kontraktor pekerjaan pemeliharaan tentang pekerjaan tambal sulam yang diperlukan untuk dilakukan.

Selain itu, manfaat lain pengujian NDT pada struktur beton yaitu:

  • Memastikan keamanan struktur beton.
  • Mengurangi perbaikan yang mahal.
  • Penyelesaian proyek tepat waktu.
  • Membantu dalam proses instalasi.
  • Memastikan kualitas keseluruhan dari pekerjaan yang dilakukan.

Itulah manfaat dari pengujian ndt pada struktur beton. Hubungi kami di Office: 021-2956-3045, Email: sales@testingindonesia.com, Whatsapp: 0813-9929-1909 (Zulfikri), 0822-5870-6420 (Anto) jika Anda tertarik dengan georadar kami. Kami juga menyediakan jasa georadar dan jasa pengujian ndt lainnya sebagai alternatif jika Anda membutuhkan.

 

sumber gambar: pixabay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *