Pada artikel kali ini Testing Indonesia akan membahas mengenai apa itu extensometer, jenis extensometer, prinsip dan cara kerja pada extensometer, proses pemasangan pada extensometer, serta apa saja keuntungan dan keterbatasan yang dimiliki oleh alat ini.

Apa Itu Extensometer?

Extensometer adalah sebuah alat elekrtonika yang memiliki fungsi untuk mengatur pergeseran tanah pada sebuah permukaan yang memiliki kerawanan terhadap terjadinya bencana longsor. Selain itu juga extensometer ini memiliki sensor yang memiliki daya tahan terhadap perubahan pada cuaca atau bahkan cuaca yang extrem.

Beberapa Jenis Yang Terdapat Pada Extensometer

  • Single, Point, Rod, Mechanical : Alat ini berfungsi untuk melindungi para pekerja di tambang, jika ada getaran atau pergeseran tanah maka alat ini akan berfungsi sehingga tidak ada kecelakaan yang terjadi pada tambang tersebut
  • Multiple Point, Rod, Groutable : Alat ini berfungsi untuk membantu proses pengerjaan sumur, biasanya alat ini di pasang pada lubang bor ke arah bawah.
  • Multiple Point, Rod, Snap ring : Alat ini mempunyai kemiripan dengan alat yang sebelumnya, alat ini dapat mengcengkram lubang bor sampai delapan jangkar dan di pasang dalam berbagai macam kedalaman.
  • Multiple Point, Rod, Hydraulic : Alat ini berfungsi untuk sistem hidrolic pada permukaan tanah yang lunak dan permukaan yang kasar.
  • Multiple Point, Rod, Flexible : Alat ini sangat fleksibel untuk digunakan pada lubang bor, alat ini dapat memantau pergerakan pada tanah.
  • Multiple Point, Retrievable : Alat ini dapat memantau pada balok, kolom pada sebuah bangunan, cara kerja alat ini adalah lubangi beton tersebut menggunakan bor kemudia masukan alat ini pada lubang tersebut.
  • Magnetic Extensometer : Alat ini untuk mengukur kedalaman tanah yang telah di bor, Sebuah probe diturunkan di dalam tabung pemandu teleskop untuk mendeteksi dan mengukur posisi jangkar magnetik.
  • Tape Extensometer : Alat ini dapat menghitung pergeseran tanah dan juga untuk menghitung deformasi pada struktur beton bangunan.
  • Settlement Point (Borros Type) : Alat ini mempunyai jangkar bertangkai tiga, pipa luar dan dalam, pipa bagian dalam menempel pada anchors dan bebas bergerak melalui pipa luar
  • Anchors : Alat ini dapat di gunakan untuk pengerjaan struktur bangunan yang berhubungan dengan materi tanah dan bebatuan untuk bagian dari strukturnya.

Prinsip Kerja Pada Extensometer

Extensometer merupakan sebuah alat yang sudah dirancang untuk melakukan pengukuran perubahan pada daya jarak antara eyebolt yang sudah dipasangkan pada dinding terowongan, struktur ataupun lereng yang tidak dalam keadaan stabil.

Extensometer menggunakan tape stainless steel yang sebelumnya sudah dilubangi pada interval yang sudah tepat, yang mana kemudian rekaman akan disimpan di dalam sebuah bingkai, bingkai ini juga yang menampung mikrometer digital dan alat pengencang elektronik lainnya.

Pada saat penggunaan nya, pengait yang terletak pada ujung selotip akan dipasangkan pada eyebolt pertama, yang kemudian akan dilepaskan hingga pengait yang terletak pada ujung tape extensometer dapat dijepitkan ke 2 buah eyebolt

Setelah terjadi pengenduran pada tape dan juga bingkai, selanjutnya akan diletakkan pada suatu lubang. Pegangan yang terdapat pada Tape-Tensioning akan diputar , hal ini bertujuan agar memperpendek panjang dari frame dan juga untuk meningkatkan ketegangan pada tape. Apabila ketegangan yang diinginkan sudah tercapai maka alat akan menunjukka reaksi dengan menyalakan lampu hijau atau lampu merah, setelah itu mikrometer akan dapat terbaca. Prosedur tersebut akan dilakukan pengulangan hingga terlihat perbedaan hasil dalam pembacaan, setelah didapatkan, perbedaan tersebut akan menjadi ukuran perubahan jarak yang terjadi antara kedua eyebolt.

Proses Pemasangan Pada Extensometer

Sensor ini digunakan untuk melakukan pengukuran pada gerakan relatif, dengan melakukan pembandingan perbedaan jarak yang terjadi antara 2 titik dengan pembacaan jarak 1 mm. Alat ini akan dipasangakan pada daerah longsor untuk memonitor deformasi yang terjadi pada area permukaan. Alat ini juga dipasangkan dengan pemicu bunyi sirine setelah alat berhasil mendapatkan gerakan yang sudah mencapai suatu jarak. Sistem utama pada alat ini juga dilengkapi dengan box panel untuk menghindari barang agar tidak tercuri atau melindungi barang dari kontak langsung dengan air.

Cara pemasangan pada alat ini ialah dengan cara menentukan retakan yang terdapat pada tanah, kemudian pasangkan alat pada retakan tersebut. kedua, lalu tarik kawat yang tegak lurus melintang pada retakan yang akan dipantau dan dipantau kemudian kaitkan ke patok beton yang sebelumnya sudah dibuat pada sisi sebelah pada retakan. Lalu hubungkan logger yang sudah ditempatkan pada kotak khusus dengan menggunakan listrik.

Cara Kerja Pada Sistem

Data yang sudah didapatkan dari stasiun pemantau, selain disimpan di dalam data logger, data juga akan dikirim menuju stasiun induk dengan melalui Modem dalam bentuk SMS. Kemudian data yang sudah diterima oleh server akan disimpan dalam bentuk format data di dalam file server, lalu data akan diproses agar data tersebut dpat ditampilkan pada layar tampilan PC ataupun pada layar telepon genggam. Dan jika terdapat pergesekan yang sudah melebihi batas pada daerah yang sudah diapsangi alat tadi, maka alat akan akan mengaktifkan alarm dan mengirim pesan tanda adanya bahaya kepada si pengguna alat dalam bentuk pesan pendek.

Keuntungan Dan Keterbatan Pada Extensometer

Extensometer menggunakan teknologi machine punched tape. Panjang pada tape dan juga selubung akan dikontrol secara hati hati selama pembuatan tape ke 2 berlangsung, kemudian masing masing tape dapat ditukar. Jika ada terdapat kaset yang rusak maupun pecah dapat diganti kembali tanpa harus kehilangan data yang kontiniutas.

Extensometer dengan model ini memiliki pegangan yang berbentuk seperi gulungan yang pastinya ramah pengguna. Karena untuk meregangakan tape dapat menghabiskan banyak waktu dan tenaga yang diperlukan untuk melakukan pembacaan.

Tegangan tape yang benar akan ditunjukkan dengan indikator elektronik yang disediakan pada alat, akurasi hingga 0,1 mm sangat mungkin dicapai, tidak seperti alat lainnya, pembaca digital akan lebih mudah digunakan daripada indikator dial. Akan tetapi tampilan pada layar akan sedikit buram jika alat berada langsung dibawah sinar matahari.

Untuk menjaga agar alat tetap dalam kondisi yang sempurna, sangat disarankan untuk selalu menghadiri layanan pemeliharaan tahunan.

Testing Indonesia sebagai perusahaan monitoring system kami men- jual extesometer yang tentunya dengan kualitas terbaik dan dengan harga yang bersahabat. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami melalui nomor telepon : 021-2956-3045 atau dengan melalui sales kami di : sales@testingindonesia.com

 

sumber : Alat Uji Geoteknik

5 thoughts on “Memantau Tanah Longsor Menggunakan Extensometer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *