Pada saat ini para industry seperti penelitian serta pengembangan sangat membutuhkan pemantauan, pengukuran serta penganalisaan terhadap getaran. Sayangnya, teknik yang cocok untuk membuat sistem pengukuran pada getaran dengan tepat & berulang tidak selalu jelas bagi peneliti dengan penganalisaan pada getaran. Ada beberapa tantangan terkait saat mengukur getaran yang meliputi pemilihan komponen yang sesuai, konfigurasi sistem, pengkondisian sinyal, analisis bentuk gelombang dan pengaturan. Sensor getaran muncul sebagai solusi dari berbagai macam permasalahan yang berkaitan dengan getaran.

sensor getaran, jual sensor getaran

Mari Kita Bahas Dulu Apa itu Sensor Getaran

alat ini juga disebut sensor piezoelektrik. Sensor ini adalah perangkat fleksibel yang digunakan untuk mengukur berbagai proses. Sensor ini menggunakan efek piezoelektrik sambil mengukur perubahan dalam akselerasi, tekanan, suhu dengan mengubah muatan listrik.

Bagaimanakah Prinsip Kerja Pada Sensor Getaran

Prinsip kerja pada alat ini adalah dengan beroperasi dengan berdasarkan berbaai macam optik, prinsip kerja pada mekanis ini adalah dengan melakukan penganalisaan pada getaran sistem yang sudah selesai dilakukan pengamatan. Sensitivitas sensor ini biasanya berkisar antara 10 mV / g hingga 100 mV / g, dan ada sensitivitas yang lebih rendah dan lebih tinggi juga dapat diakses. Sensitivitas sensor dapat dipilih berdasarkan aplikasi. Jadi, sangat penting untuk mengetahui tingkat kisaran amplitudo getaran yang sensornya akan terungkap di seluruh pengukuran.

Jenis Jenis Pada Sensor Getaran

  • Accelerometer Sensor

Sensor ini biasa digunakan untuk melakukan pengukuran pada getaran serta gaya kejut

  • Strain Sensor

Sensor ini digunakan untuk permukaan melengkung. Ketika massa dan ukuran signifikan, maka diperlukan regangan data.

  • Velocity Sensor

Sensor ini digunakan untuk permukaan melengkung. Ketika massa dan ukuran signifikan, maka diperlukan regangan data.

>>>BACA JUGA Apa Saja Rahasia Dibalik Sensor Getaran<<<

  • Gyroscope Sensor

Sensor ini digunakan di mana informasi orientasi diperlukan.

  • Pressure or Microphone Sensor

Sensor-sensor ini digunakan untuk pemantauan kesehatan , serta untuk menentukan frekuensi getaran.

  • Laser Displacement Sensor

Sensor ini digunakan untuk menghitung perpindahan lurus tanpa mengubah produk atau struktur.

  • Capacitive Displacement or Eddy Current

Sensor ini digunakan untuk menghitung perpindahan lurus tanpa mengubah produk atau struktur. Dan masih banyak lagi

Dimana Sajakah Pengaplikasian Pada Sensor?

Pengaplikasian pada alat ini dapat mencakup berbagai macam industri untuk melakukan pengukuran pada getaran. Karakteristik pada industri juga akan menentukan karakteristik pada sensor getaran. Misalnya, sensor ini akan digunakan pada industri yang bergerak pada bidang seperti tenaga angin dan juga pertambangan dengan rotasi turbin yang lambat dan dengan respon frekuensi 1 Hz ataupun kurang.

Sementara itu, seperti pada industri minyak dan juga gas akan membutuhkan rentang frekuensi tinggi mulai dari 10 Hz hingga 10 kHz dengan menggunakan alat ini untuk membantu menangani putaran pada kecepatan roda gigi serta pada putaran turbin. Namun kebanyakan industri yang menggunakan sensor getaran seperti industri makanan dan minuman, pertambangan, pengerjaan logam, gas dan minyak, kertas, pembangkit llistrik dan masih banyak lagi.

Testing Indonesia sebagai perusahaan  yang bergerak pada bidang system dan monitoring system, kami jual sensor getaran dengan kualitas terbaik dan pastinya dengan harga yang bersahabat. Untuk informasi pada alat dan pembelian anda dapat menghubungi kami melalui nomor telepon : 021-2956-3045 atau dengan melalui sales kami di email : sales@testingindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *