Testingindonesia.co.idSpark tester adalah sebuah metode pengujian yang digunakan untuk mendeteksi lubang-lubang kecil, kebocoran, atau titik tipis pada lapisan material pelindung (coating) berbahan konduktif seperti pipa baja, pipa besi, tangki minyak. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa coating pada area pengelasan telah sempurna menutupi lapisan material dan tidak terdapat kebocoran.

Metode pengujian yang digunakan pada alat ini menggunakan arus AC tegangan tinggi yang terdapat pada elektroda, kemudian akan mengeluarkan percikan apabila terdapat lubang kecil, kebocoran, atau titik tipis pada lapisan yang menutupi material. Pengujian spark tester tidak memiliki system alarm seperti pada pengujian Holiday Detector, sehingga pada saat pengujiannya operator harus cermat dalam melakukan pengamatan dan mencatat percikan api  yang terpancar dari elektroda.

Pengujian spark tester dilakukan pada material yang sudah dilapisi atau dicoating, tujuannya adalah untuk menemukan lubang-lubang kecil yang terdapat pada material agar bisa diperbaiki. sehingga sangat efektif dan efisien dalam menghindari kebocoran pada material. Pengujian spark tester dapat menjadi sebuah alternative, karena pengujian ini lebih murah dan mudah jika dibandingkan dengan pengujian Holiday Detector.

Di dalam pengujiannya, alat ini dapat menghasilkan tegangan arus AC antara 10 dan 55 kv. Yang mana tegangan arus tersebut akan digunakan untuk menguji lapisan seperti composite coating, magnesium anode dan jenis lapisan lainnya dengan ketebalan 3 mm hingga 30 mm. Selain itu, pengujian Spark Tester banyak digunakan untuk menguji sambungan las Butt Weld pada industri plastic, karet, petrokimia dan pipa.

 

PST 100-Series

  • The PST-100 high voltage spark tester is a lightweight, hand held, spark test pistol.
  • The PST-100 is primarily used for detecting pinholes or flaws in electrically non-conductive coatings, linings, membranes, pipe wraps and other plastic coated metals.
  • The PST-100 generates a pulsed ring output voltage. The pulse repetition is 20mS @ 50Hz or 16.6mS @ 60Hz mains. The ring frequency is approximately 100kHz. The output voltage is adjustable from 10kV to 55kV.

spark tester

Testing Indonesia – Kami sebagai perusahaan yang bergerak pada bidang system dan monitoring system, kami jual spark tester dengan kualitas terbaik dan pastinya dengan harga yang bersahabat, untuk informasi lebih lanjut mengenai alat, anda dapat menghubungi kami melalui:

PT TESTINDO | Testingindonesia.co.id
Jl.Radin Inten II No 61B Duren Sawit Jakarta Timur
Whatsapp : +62 815-6141-954 (Zulfikri)
Whatsapp : +62 822-5870-6420 (Anto)
Email: sales@testindo.com
Telp: (021) 2956 3045

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *