Pondasi adalah salah satu bagian penting pada bangunan yang berfungsi untuk menopang beban bangunan di atasnya, lalu menyalurkan beban ke dalam tanah agar tidak ada differential settlement pada sistem strukturnya.

Konstruksi bangunan bertingkat juga berkaitan dengan penggunaan pondasi untuk memperkuat strukturnya. Jenis pondasi yang biasa digunakan yaitu pancang dan bore pile. Untuk menentukan pilihan jenis pondasi yang tepat, diperlukan pengujian sondir untuk mengetahui daya dukung tanah.

Pembangunan gedung bertingkat tidak lepas kaitannya dengan penggunaan pondasi untuk perkuatan strukturnya. Ada 2 jenis pondasi yang biasa digunakan yaitu pancang dan bore pile. Pemilihan jenis tiang pondasi yang tepat bisa dilakukan setelah melakukan pengujian sondir untuk mengetahui daya dukung tanah.

Kondisi tanah yang bervariasi dan memiliki karakteristiknya masing – masing akan memberikan hasil pengujian yang berbeda juga, oleh karena itu pemilihan pondasi harus direncanakan sebaik mungkin.

Saat pengerjaan pondasi sudah selesai, diperlukan pengujian Kembali untuk mengetahui seberapa kuat pondasi dan daya dukung tanahnya. Pengujian yang dilakukan adalah Pile Driving Analyzer (PDA), Crosshole Sonic Logging (CSL) dan Pile Integrity Test (PIT).

Jika Anda menggunakan pondasi bore pile, pengujian yang dilakukan adalah Pile Integrity Test (PIT). Pengujian PIT dilakukan untuk mengetahui integritas luas dan volume pondasi, serta mendeteksi ada tidaknya retakan pada pondasi di dalam tanah. Alat untuk melakukan pengujian ini disebut Pile Integrity Tester, yang sudah mendapatkan standarisasi ASTM D5882-16: Standard Test Method for Low Strain Impact Integrity Testing of Deep Foundations.

Pile Integrity Tester adalah alat pengujian non-destructive atau tidak merusak material yang diuji. Alat ini bekerja dengan cara memeriksa tiang atau pondasi yang terpasang, alat ini dapat mendeteksi kerusakan pada pondasi seperti keretakan, patahan, sambungan yang terpasang kurang sempurna, perubahan diameter, serta memperkirakan Panjang tiang pondasi.

pile integrity tester, jual pile integrity tester, pile integrity test, pulse echo, pile integrity tester adalah

Apa saja keuntungan menggunakan Pile Integrity Tester?

  1. Dapat mendeteksi kerusakan tiang pondasi lebih dini.
  2. Mendeteksi ketidaksinambungan pada tiang pondasi.
  3. Dapat memperkirakan Panjang tiang.
  4. Dapat memperkirakan profil bore pile.
  5. Penggunaan yang cepat dan ekonomis.
  6. Mudah digunakan dan bersifat portable.

Mengapa Harus Melakukan Pile Integrity Test?

Pengujian PIT perlu dilakukan untuk mengetahui kondisi tiang pondasi agar bangunan dapat berdiri kokoh. Penggunaan Pile Integrity Tester dilakukan miniman 10 % dari jumlah tiang pondasi yang terpasang. Jika dalam pengujian tersebut terdapat pondasi yang dalam kondisi kurang baik, perlu dilakukan pengujian Pile Integrity Test lebih lanjut.

Persiapan Pengujian:

Penggunaan alat Pile Integrity Tester untuk pengujian PIT diperlukan beberapa persiapan untuk hasil yang maksimal. Yaitu:

  1. Bagian kepala tiang pondasi harus dalam keadaan rata, bersih, mudah dijangkau, serta bebas dari genangan air.
  2. Pengujian pada bore pile dapat dilakukan minimal setelah satu minggu pengecoran.
  3. Data – data hasil penyelidikan tanah pada lokasi pembangunan seperti data tiang, pengeboran, dan volume pengecoran harus lengkap.

Cara Kerja Pile Integrity Tester

Cara kerja Pile Integrity Tester adalah melakukan pukulan pada tiang pondasi menggunakan palu khusus. Pukulan pada kepala tiang pondasi ini nantinya akan menghasilkan stress-wave yang bergerak dari kepala hingga ke ujung tiang pondasi. Gelombang akan berjalan dengan kecepatan konstan material pondasi homogen. Gelombang akan Kembali ke bagian kepala pondasi jika stress-wave mengalami gangguan seperti retakan, terdapat sambungan, dan lainnya.

Hasil Pengujian Pile Integrity Tester

  • Grafik velocity.
  • Grafik velocity wave dan signal matching (untuk pengujian pondasi bore pile).
  • Perkiraan panjang dan profil pondasi tiang (untuk pengujian pondasi bore pile).

Itulah penjelasan mengenai alat Pile Integrity Tester. Jika Anda tertarik dengan alat ini, kami jual pile integrity tester, Anda bisa menghubungi melalui Nomor: 021-2956-3045, Email: sales@testindo.com, Whatsapp: 0813-9929-1909 (Zulfikri), atau bisa melalui chat online yang tersedia di website ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *