testingindonesia.co.id – Pengujian uji tekan atau yang biasanya juga dikenal compression testing merupakan salah satu dari beberapa pengujian yang biasanya dilakukan dengan Metode compression testing machine pada sebuah material atau benda untuk mengetahui nilai dan kualitas integritas hingga kemanana pada suatu barang dalam jangka waktu yang lama. Pengujian tersebut biasanya diapplikasikan pada beberapa bidang seperti indutsri dibidang lokomotif yang memerlukan untuk mengujian ketahanan kaca bagian depan mobil serta industry material bangunan yang pengujian tersebut ditujukan pada material beton ataupun material lainnya yang akan digunakan untuk konstruksi, tidak hanya material seperti tadi pengujian uji tekan tersebut juga biasanya dilakukan pada material yang dapat dikatakan mudah mengalami kerusakan ataupun rapuh, seperti logam,plastic,keramik,komposit, hingga karton yang dimana bahan –bahan tersebut sering digunakan untuk banyak kebutuhan dan membutuhkan daya kuat yang layak.

Prinsip dari compression testing

Dalam prinsip pengujian compression testing sendiri akan dilakukan penilaian pada saat tegangan pada material/object telah mencapai batas ketahanan pada material yang diuji, pada saat material mencapai batas yang dapat ditahannya tentunya material tersebut akan mengalami kerusakan ataupun hancur sehingga beban pada diagram analisa akan mengalami penurunan, dan dari data tersebutlah nantinya pengolahan data kembali untuk dapat mengetahui daya kuat dari material yang diuji, dalam pengujian yang dilakukan haruslah menggunakan mesin khusus dengan  standart yang telah ditentukan seperti ASTM ataupun ISO terkait dalam pengujian kompresi berbagai material.

Manfaat dari pengujian compression test

  • Dapat mengetahui kualitas maupun ketebalan pada sebuah material yang diuji, sehingga data tersebut nantinya akan digunakan sebagai data evaluasi material.
  • Dapat mengetahui kondisi suatu material yang layak dan berkualitas berdasarkan standart yang telah ditetapkan.
  • Mendapatkan hasil pengujian yang akurat dan berstandart, sehingga hasil pengujian dapat bermanfaat dalam jangka panjang.

testing

Mesin comporession sendiri memiliki beberapa jenis yang dapat membantu dalam pengujian, jenis dari compression testing tersebut pastinya akan mempengaruhi dari nilai hasil yang akan dikeluarkan, beberapa testing machine yang biasanya digunakan yaitu:

  • Box compression tester
    Mesin uji untuk mengukur kuat dari kardus, yang biasanya digunakan pada industri untuk menghasilkan kardus berkualitas
  • Concrete compression testing machine
    Mesin uji yang digunakan untuk mengukur sample dari material seperti beton ataupun material lainnya, yang mana hasil dari pengujian tersebut menjadi data acuan dari kualitas material yang digunakan untuk pembangunan.
  • Universal Testing Machine (UTM)
    Salah satu dari jenis compression testing machine yang dapat melakukan pengujian lainnya seperti uji tarik dan uji tekan pada material dan tentunya masih menggunakan Metode compression testing machine.

Tentunya jenis-jenis dari mesin pengujian tersebut harus memiliki standart yang telah ditentukan seperti mesin uji tekan lainnya, sehingga pengujian yang dilakukan berkualitas dan yang terpenting hasil dari pengujian tersebut dapat bermanfaat untuk banyak hal. Testing Indonesia sebagai perusahaan yang menjual berbagai alat uji dan mesin pengujian menjual compression testing machine berkualitas, untuk melakukan pemesanan dapat menghubungi kami melalui nomor dibawah ini.

PT Testindo | Testingindonesia.co.id
Jl.Radin Inten II No 61B Duren Sawit Jakarta Timur
Whatsapp : +62 815-6141-954 (Zulfikri)
Email: sales@testingindonesia.com
Telp: (021) 2956 3045

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *