TESTINGINDONESIA.CO.ID – Banyaknya seperti jembatan,jalan dan fasilitas lainnya yang dibangun untuk dapat menunjang aktifitas masyarakat dan juga menggerakan ekonomi negara, tentunya dari manfaat bangunan tersebut sangat besar dan luas karenanya fasilitas tersebut sangat dibutuhkan diberbagai tempat terutama didaerah-daerah yang belum terjangkau, Untuk dapat membangun jembatan yang layak,  perencanaan dan design dari jembatan tersebut harus dipikirkan secara baik-baik, yang tentunya melewati berbagai proses dan pengujian menggunakan alat khusus compression testing machine terhadap material yang akan dipakai sebagai pembangunan jembatan, jalan ataupun bangunan yang sedang dibangun, sehingga dapat mengetahui daya kuat dan beban maksimal yang dapat ditahan oleh jembatan, namun apabila jembatan tidaklah kuat dan sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat, maka bangunan tersebut akan mudah mengalami kerusakan.

Pemanfaatan alat compression testing machine untuk melakukan pengujian material dari pembangunan merupakan pilihan atau solusi yang cukup tepat, sebab alat uji tersebut dapat mengetahui daya kuat dari material yang dipakai, hingga material-material seperti bebatuan, bata, beton, semen dan logam. Cara kerja dari alat uji tersebut adalah dengan cara melakukan penekanan pada object yang aka diujinya, object tersebut biasanya sample dari bangunan yang sedang dibangun lalu diletakan pada mesin pengujian dan ditekan oleh mesin hingga retak, lalau hasil analisa dari penekanan dan daya kuat dari material tersebut dapat diketahui, yang membuat pengujian cukup penting.

Cara mengoprasikan mesin uji compression testing machine

  1. Letakan material atau object yang akan diuji pada mesin uji, material biasanya berupa batu,besi,beton, bata dan baja ataupun sample dari bangunan yang akan diuji.
  2. Setting mesin compression testing machine, dan memilih kategori object akan diuji pada mesin uji, masukan besaran object yang akan diuji.
  3. Sebelum pengujian dilakukan, atur kembali meja pengujian tempat object diletakan, lalu tekan start pada alat uji
  4. Setelah pengujian dimulai, penekanan pada object akan dilakukan oleh mesin, lalu hasil dari beban yang ditekan akan muncul pada layar pengujian, apabila object sudah mengalami kerusakan/ retakan pengujian dapat dihentikan.
  5. Setelah pengujian telah dilakukan hasil dari seluruh analisa yang dilakukan oleh mesin uji ditampilkan pada layar diantaranya batas maksimal berat yang dapat ditahan dan beban stress pada material dapat diektahui.

Kelebihan pengujian comperession testing machine

  • Menganalisa ketebalan material atau object yang diuji.
  • Dapat mengetahui standat dari material yang digunakan.
  • Dapat menghasilkan analisa dari sifat dair material yang diuji.

Kelebihan yang dimiliki mesin uji tersebut menjadikan salah satu alasan diperlukannya pengujian daya kuat suatu material menggunakan comperession testing machine, sehingga pembangunan jembatan dapat dilakukan dengan kualitas yang terbaik serta dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama, Testing Indonesia sebagai perusahaan yang menjual alat dan mesin uji, menjual compression testing machine yang berkualitas dan baik sehingga pengujian yang dilakukan terhadap material dapat diidentifikasi secara valid, untuk melakukan pemesanan mesin pengujian tersebut dapat menghubungi kami melalui nomor dibawah ini.

 

PT TESTINDO | TESTINGINDONESIA.CO.ID
Jl.Radin Inten II No 61B Duren Sawit Jakarta Timur
Whatsapp : +62 815-6141-954 (Zulfikri)
Email: sales@testindo.com
Telp: (021) 2956 3045

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *