Testingindonesia.co.id – Alat Holiday detector adalah sebuah sistem yang difungsikan untuk melakukan pengujian pada sebuah permukaan benda, dengan cara melakukan pengecekan apakah terdapat lubang lubang atau pinhole pada permukaan material tersebut. Material yang dimaksud tersebut adalah material yang sudah dilakukan proses pengelasan sebelumnya. Permukaan yang tidak rata pada hasil pengelasan tersebut biasanya akan ditemukan pada pengelasan seperti pipa yang mana hasil dari pengelasan tersebut akan menimbulkan beberapa bintik (sampah las) yang mana ini dapat mengakibatkan celah kosong jika pipa tersebut langsung dilakukan proses pengecatan.

Jika tidak dilakukan pengujian sebelumnya, celah celah kosong pada permukaan tersebut nantinya dapat bereaksi dengan menimbulkan beberapa dampak seperti karat atau korosi. Oleh karena itulah sangat dibutuhkan sebuah pengujian guna untuk menemukan beberapa celah kosong tersebut dan segera dilakukan maintenance atau perbikan agar celah tersebut tidak merambat ke beberapa permukaan lapisan lainnya.

Untuk pengujian dengan menggunakan alat holiday detector ini ada beberapa teknik yang digunakan, serta beberapa peralatan yang disediakan. Yang dapat anda lakukan dengan cara melalui beberapa penerapan pada tegangan rendah dan juga tinggi tergantung pada pilihan anda. Untuk coating yang sudah diterapkan pada subsrat beton juga dapat dilakukan pengujian untuk diskontinuitas, baik itu menggunakan tegangan rendah maupun dengan menggunakan tegangan tinggi holiday detector, tentu ini juga tergantung pada ketebalan lapisan tersebut.

BACA JUGA : CARA KERJA ALAT FATIGUE TESTING MACHINE

Untuk tegangan rendah pada alat holiday detector ini digunakan ketika sebuah sistem pelapisan tersebut memiliki ketebalan kurang dari 500 mikrin (20 mils). Dan tegangan tinggi pada holiday detector digunakan untuk melakukan pengujian pada sistem ketebalan sebuah permukaan lapisan. Holiday detector dengan tegangan tinggi akan membutuhkan beberapa perawatan khusus agar tidak merusak lapisan permukaan atau agar tidak menyebabkab cedera pada saat digunakan oleh seorang operator.

Pengujian Menggunakan Alat holiday Detector

holiday detector

untuk proses pengujian yang dilakukan dengan menggunakan alat holiday detector ini biasanya pada permukaan benda metal seperto interior pada sebuah tanki, kapal penyimpanan bahan kimia dan juga pada kedalaman sebuah struktur karena pentinnya untuk menjaga lapisan pelindung pada sebuah lapisan yang berada di lingkungan yang bisa dibilang agresif.

Alat holiday detector ini juga termasuk kedalam Non-Destructive Test atau NDT yang dilakukan pada lapisan permukaan, misalnya pada lapisan waterproof karet pada sebuah beton, yang mana lubang akan dilakukan pendeteksian menggunakan pembetukan rangkaian listrik di daerah daerah yang mana dirasa cukup untuk menahan muatan listrik. Jika aliran listrik sudah terdeteksi, maka daerah pengujian tersebut bisa disebut sebagai daerah konduktif, yang dapat mengindikasikan keberadaan diskontinuitas seperti lubang dan beberapa rongga rogga kecil.

Prinsip Kerja Alat Holiday Detector

Untuk prinsip kerja dari alat ini sendiri, alat holiday detector akan mengalirkan beberapa arus energi listrik pada material yang sudah dicoating baik proses coating tersebut baru dilakukan atau sudah lama. Pada pengujiannya alat akan mengeluarkan suara untuk memberitahukan sinyal jika terdeteksi lubang atau poros pada coating sebuah permuikaan, biasanya pada coating yang baru saja dilapisi dapat berupa bubble atau gelembung atau porositas. Dan pada coating yang sudah lama umumnya akan terdapat beberapa regangan antara caoating dengan logamnya.

Beberapa manfaat pada penggunaan alat Holiday Detector ini seperti:

  • Kita dapat mengetahui secara persis dimana letak ketidak-padatan pada sebuah lapisan
  • Menjaga dan juga melakukan perawatan pada hasil coating secara berkala
  • Kita bisa merespon dan melakukan tindakan yang cepat untuk memerbaiki coating yang rusak tersebut
  • Dapat menghemat biaya anggaran jika dibandingkan dengan anggaran perbaikan total

holiday detector

Testing indonesia – Kami sebagai perusahaan yang bergerak pada bidang system dan monitoring system, kami jual Holiday Detector dengan kualitas terbaik dan pastinya dengan harga yang bersahabat. untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi kami melalui:

PT TESTINDO | Testingindonesia.co.id
Jl.Radin Inten II No 61B Duren Sawit Jakarta Timur
Whatsapp : +62 815-6141-954 (Zulfikri)
Whatsapp : +62 822-5870-6420 (Anto)
Email: sales@testindo.com
Telp: (021) 2956 3045

 

3 Thoughts on “Pentingnya Alat Holiday Detector Dalam Pengujian Poros”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *