tensile strength tester

Testingindonesia.co.id  –  Tensile Strength Tester atau yang lebih kita kenal dengan alat uji tarik merupakan sebuah teknik pengujian yang digunakan pada mesin universal (UTM), yang mana tegangan pada pengujian akan dikontrol dan diterapkan pada sampel hingga akhirnya sampel mengalami kerusakan seperti patah ataupun pecah. Tensile strength tester ini juga sudah menjadi teknik pengujian yang paling umum pada Universal Testing Machine, pengujian ini digunakan untuk mencari tau kekuatan pada sebuah material kerika material tersebut diregangkan. Metode ini juga bisa digunakan untuk menentukan kekuatan luluh, kekuatan tarik ultimit, daktilitas, modulus young dan juga raio poisson.

ULTIMATE TENSILE STRENGTH TESTER

UTST adalah tegangan maksimum yang terpapar pada sebuah spesimen ketika spesimen dilakukan pengujian. Ini mungkin juga bisa berbeda dengan kekuatan spesimen, ketika spesimen tersebut patah, ini akan lebih mengarah kepada kerapuhan sebuah spesimen atau benda. Dan juga sifat pada tiap tiap material dapat mengalami perubahan sesuai dengan kondisi lingkungan tempat mereka berada, contohnya pada kondisi suhu atau hawa dingin atau bahkan panas yang sangat extrem.

HOOKE LAW

Hooke law atau hukum hook bisa kita artikan sebagai hubungan gaya yang kita terapkan, serta perpanjangan yang ditunjukkan di dalam sebuah spesimen pengujian di mana rasio pada tegangan terhadap regangan begitu konstan.

 

BACA JUGA : MENGENAL TENSILE STRENGTH TESTER

 

SPESIMEN PADA TENSILE STRENGTH TESTER

Dalam melakukan persiapan pada spesimen uji, tentu ada beberapa hal yang akan disiapkan tergantung pada spesifikasi pengujian seperti apa yang akan kita lakukan pada spesimen tersebut. Biasanya spesifikasi yang digunakan adalah BS EN ISO 6892-1 dan ASTM E8M. Biasanya di dalam pengujian tarik ini akan menggunakan penampang standar yang berbentuk bulat atau dengan bentuk persegi dengan 2 shoulder dan reduced section gauge diatanya keduanya. Shoulder ini dapat memungkinkan spesimen untuk dapat dicengkeram dengan kuat.

Tensile strength tester ini juga sudah banyak digunakan oleh beberapa industri besar di seluruh belahan dunia, pengujian yang digunakan pada universal testing machine ini biasanya diujikan pada beberapa bahab seperti kertas, tekstil, plastic dan juga bahan bahan yang terbuat dari polimer. Pengujian ini juga dilakukan untuk mengetahui beberapa sifat mekanik pada sebuah benda yang sedang kita uji cobakan.

Testing Indonesia – Kami sebagai perusahaan yang bergerak pada bidang system dan juga monitoring system, kami jual tensile strength tester dengan kualitas terbaik dan pastinya dengan harga yang bersahabat. Untuk informasi lengkap tentang alat dan pembelian anda dapat menhubungi kami melalui:

PT TESTINDO | Testingindonesia.co.id
Jl.Radin Inten II No 61B Duren Sawit Jakarta Timur
Whatsapp : +62 815-6141-954 (Zulfikri)
Whatsapp : +62 822-5870-6420 (Anto)
Email: sales@testindo.com
Telp: (021) 2956 3045

 

3 Thoughts on “Pentingnya Tensile Strength Tester Pada Material”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *