Testingindonesia.co.idUltrasonic Pulse Velocity Test adalah sebuah metode pengujian yang terdapat pada NDT Instrumen, alat ini digunakan untuk melakukan pengujian pada sebuah beton dengan menggunakan gelombang ultrasonic yang terdapat pada alat, gelombang ultrasonic yang terdapat pada alat akan melakukan perambatan pada beton dan akhirnya kembali pada alat. Nah, untuk melakukan penggunaan pada alat ini, juga dibutuhkan beberapa operator yang berpengalaman, kali ini kita akan membahas bagaimana jika penggunaan alat dilakukan oleh beberapa operator yang belum atau sama sekali tidak memiliki pengalaman pada alat ini. Langsung saja kita menuju ke pembahasannya.

Gambar 1
Gambar 2
Gambar 3

Dalam perbandingan yang dilakukan mengenai penggunaan terhadap mesin ultrasonic oleh beberapa operator yang berbeda juga akan dilakukan. Faktor ini sangat relevan, karena pada bidang ini juga sering menganalisa permintaan pada beberapa operator yang bekerja secara bersamaan. (Gambar2) menunjukkan 2 gambar pada hasil kecepatan yang dilakukan operator yang berbeda, 1 gambar dengan dengan operator yang berpengalaman dan satunya seorang operator yang sedang menjalani masa pelatihan, pada (Gambar1) bagian (a) dan (b). Proses pembacaan tersebut dilakukan tanpa menggunakan penguatan.

Penganalisaan pada (gambar1), dapat kita amati bahwa ketika proses pembacaan dilakukan oleh seorang operator yang berpengalaman, maka hasil yang didapatkan akan lebih teratur, baik itu dalam hal warna sebagai rata rata dari kecepatan. Pada kasus penganalisaan yang dilakukan oleh seorang operator yang tidak memiliki pengalaman, hasil kecepatan yang dihasilkan akan lebih rendah serta daerah yang dapat diartikan akan memiliki beberapa masalah pada beton. Untuk membuktikan beberapa fakta ini, pada (Gambar2) ini adalah sebuah hasil yang dilakukan penganalisaan statistic dari semua kecepatan yang sudah diperoleh pada masing masing operator dalam melakukan penganalisaan pada sebuah dinding yang sama.

Penganalisaan pada (Gambar3) sudah membuktikan dengan sangat tepat, tentang apa yang sudah dilakukan pemeriksaan dalam interpretasi gambar yang dihasilkan oleh program pada sebuah komputer, yang mana oprator yang tidak berpengalaman akan memperoleh hasil percepatan yang secara signifikan berada di bawah seorang operator yang memiliki pengalaman banyak pada pengujian, seorang operator yang berpengalaman akan menghasilkan perbedaan rata rata 300 m / s. Mungkin karena itulah, melakukan penyimpulan pada sebuah hasil adalah sebuah hal yang sangat penting, untuk beberapa pekerja di masa yang akan datang, pelatihan yang dilakukan ini tidak hanya sebatas pada sebuah tim yang akan melakukan sebuah tes, beberapa tim juga harus memikirkan tim yang akan menginterpretasikan sebuah hasil. Seperti yang sudah kita lihat, karena kurangnya pelatihan seseorang yang sudah dikatakan professional pul dapat membayakan proses analisa pada sebuah struktur.

Testing Indonesia – kami sebagai perusahaan yang bergerak pada bidang system dan monitoring system, kami Jual Ultrasonic Pulse Velocity Test dengan kualitas terbaik, serta kami juga menawarkan harga barang dengan harga yang bersahabat, untuk informasi pada alat anda dapat klik link nya >>>DISINI<<< atau jika anda anda ingin mengajukan permohonan pada harga alat anda dapat menghubungi kami melalui :

WA : +62-813-992-919-09 (Zulfikri)

Phone : 021-2956-3045

Email : Sales@testingindonesia.com

Office : Jl.Radin Inten II No 61 B Duren Sawit Jakarta Timur

ultrasonic pulse velocity test

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *