Testingindonesia.co.id – Pengukuran yang dilakukan dengan menggunakan alat ultrasonic pulse velocity test harus dilakukan oleh seseorang yang sudah professional pada bidangnya, karena jika tidak hasil pengukuran yang muncul akan sangat berbeda dengan keadaan sebenarnya dari si beton, adapun pengukuran yang dilakukan dengan menggunakan alat ini berkemungkinan besar berhasil, tapi ada kalanya pengukuran tersebut tidak sesuai dengan yang sudah diprediksi atau mengalamai kegagalan.

Dalam melakukan pengujian menggunakan alat ultrasonic pulse velocity test ini akan sangat menguntungkan jika menggunakan grid yang lebih kecil atau lebih halus, karena sangat dekat dengan daerah yang mengalami kecacatan. Cacat minor juga dapat ditemukan dengan menggunakan pengaturan ini, akan tetapi akurasinya akan sangat berbeda dengan yang sudah terjadi pada void 1, yang terletak pada bagian tengah.

Ini adalah kasus void 3 dan juga void 4, yang mana pada gambar diatas menunjukkan area dengan kecepatan rata rata yang lebih rendah, meskipun bola Styrofoam sudah dipindah tempatkan dari posisi semula. Void 5 juga akan dilakukan pengidentifikasian dengan presisi, meskipun pada gambar tidak memperlihatkan dengan begitu jelas perbedaan kecepatan dengan sangat jelas. Void 2 adalah satu satunya cacat yang gagal dilakukan pendeteksian pada metode ini, mungkin saja melalui kombinasi ukuran dan mendalaminya lagi. Meskipun cara tersebut juga belum dipastikan berhasil, penganalisaan pada gambar juga dapat menunjukkan beberapa tren yang sama dengan tren yang akan dihasilkan selama dilakukannya investigasi pada struktur.

Dengan menggunakan cara tersebut, tentu ada jaminan jika didukung dengan alat yang tepat pada saat dilakukan penganalisaan, kemungkinan besar pengujian dapat memperlihatkan area konkrit dimana terdapat perbedaan. Akan tetapi juga harus diperhatikan ukuran pada beton yang akan dilakukan pengujian, agar kita juga dapat menentukan ukuran pada uji mesh untuk pengukuran pada permukaan dan besaran pada heterogenitas yang nantinya ditemukan. Dengan cara ini, kemungkinan besar kita dapat mengetahui kemampuan dari alat UPV Test ini dalam melakukan pendeteksian heterogenitas pada beton dari struktur yang aktual, ini juga dikombinasikan juga dengan software, yang mana dapat meningatkan potensi pada alat UPVT dalam kasus inspeksi pada struktur.

Testing Indonesia – Kami sebagai perusahaan yang bergerak pada bidang system dan monitoring system, kami jual ultrasonic pulse velocity test dengan kualitas terbaik dan pastinya dengan harga yang terjangkau. Untuk informasi pada alat dan penawaran pada harga anda dapat menghubungi kami melalui:

WA : +62-813-992-919-09 (Zulfikri)

Phone : 021-2956-3045

Email : Sales@testingindonesia.com

Office : Jl.Radin Inten II No 61 B Duren Sawit Jakarta Timur

ultrasonic pulse velocity test

 

Source : scielo.br

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *