Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai robotic total station, mulai dari apa itu total station, robotic total station, perbedaan antara total station dan robotic total station dalam penggunaannya. Serta kita juga akan membahas mengenai manfaat dari alat serta berapa kah biaya yang diperlukan untuk mendapatkan alat ini. Adanya ketersediaan teknologi baru yang berguna untuk mengotomisasi beberapa tugas pada lokasi kerja meningkat dengan sangat drastis.

Untuk melakukan pemilihan alat untuk sebuah perusahaan lalu mengimplementasikannya? Hal tersebut bukanlah suatu hal yang mudah. Terkadang ada perbedaan yang tidak jelas pada persamaan ROI, serta proses implementasinya yang sangat rumit. Robotic Total Station atau RTS mungkin dapat menjadi solusi dari permasalahan ini. RTS ini dapat memberikan manfaat yang mungkin dapat berdampak lebih, seperti mengurangi kerepotan pada proses instalasi dll. Alat ini juga merupakan teknologi yang sangat mudah, dengan jalur implementasi yang sangat jelas, berikut beberapa manfaat pada alat :

  • Proses pada pengukuran yang lebih akurat
  • Meningkatnya Produktifitas
  • Mengurangi adanya kesalahan
  • Proses pengerjaan ulang yang lebih sedikit
  • Barang dengan kualitas terbaik

Robotic Total Station? Apa Itu?

 

 

 

robotic total station
Sumber Gambar : leica-geosystems.com

BACA JUGA : Mengenal Total Station

Alat ini diproduksi dengan konsep yang sederhana, Robotic Total Station atau RST merupakan salah satu total station yang akan memungkinkan proses pengukuran pada jarak yang jauh. Ini berarti kita hanya akan membutuhkan satu orang sebagai operator dari alat, karena alat ini dapat melakukan perhitungan serta inspeksi pada jarak yang jauh dengan jangka waktu yang singkat jika kita bandingkan dengan Total Station tradisional yang cenderung lebih yang sederhana.

Beberapa Manfaat Pada Robotic Total station

Produktifitas Pada Lapangan :

– Layout yang lebih cepat serta lebih akurat

– Proses pada pemeriksaan yang cenderung lebih cepat dan juga lebih akurat.

Penaikan Pada Kualitas :

  • Akurasi
  • Jumlah pada titik inspeksi
  • Pengurangan pada kesalahan serta pengerjaan ulang

Komunikasi menuju PC lapangan :

  • Efisiensi pada aksebilitas data waktu yang lebih nyata
  • Dan akurasi yang ditingkatkan

Improved handover :

– Data yang sudah dibuat

  • Proses penyelesaian yang lebih cepat

Beberapa dari manfaat serta keunggulan utama yang terdapat pada alat Robotic Total Station :

Kita beri saja contoh jika kita menggunakan total station dalam proses pemeriksaan, jika kita menggunakan jasa 2 orang untuk melakukan pengukuran maka kita dapat menghasilkan setidaknya 400 poin dalam 1 hari, namun jika kita tidak menggunakan total station kita hanya akan mendapatkan maksimal 200 poin per-hari dengan 2 orang pekerja. Adapun dengan menggunakan robotic total station kita hanya akan membutuhkan 1 orang sebagai pekerja, maka dalam 1 hari kita dapat menghasilkan 600 poin. Bisa dibilang kita akan mendapatkan keuntungan dalam produktifitas yang mencapai angka 600%.

Peningkatan yang signifikan di dalam segi produktifitas akan memungkinkan para tim untuk melakukan pemeriksaan pada banyak poin, serta menghasilkan kualitas  yang lebih baik dan akan lebih sedikit pengerjaan ulang.

Studi Kasus

robotic total station

ada sebuah perusahaan konstruksi yang sangat besar yang terletak di Hawaii, mereka lebih memilih untuk melakukan pengendalian pada Robotic Total Station ketika mereka dikontrak untuk melakukan precast struktur pada daerah parkir yang besar. Mereka lebih yakin hasil uji coba akan jauh melebihi dari apa yang mereka harapkan.

Pada tiap tiap komponen pada precasting akan memiliki pasak yang diikat pada selongsong, yang mana akan memungkinkan panel prefabrikasi untuk dilakukan pemasangan di tempat. Memang perusahaan ini awalnya dibangun dengan beberapa persentase dengan persentase 875.000 pasak yang dibutuhkan agar berada di luar spesifikasi.

Akurasi pengukuran yang dilakukan tim dengan menggunakan Robotic Total Station ternyata lebih jauh melebihi harapan mereka. Tidak ada satupun pasak dari 875.000 tersebut yang harus dilakukan pengerjaan ulang. Dan juga, tidak ada dilakukannya penundaan di tempat. Semua pemasangan pada panel dilakukan dengan tepat waktu begitu mereka tiba di lokasi tujuan. Proyek selesai dengan hasil dua minggu lebih cepat dengan rencana yang sudah disiapkan sebelumnya.

Tidak hanya kontraktor yang tidak perlu untuk mengeluarkan biaya pada pengerjaan ulang pasak, akan tetapi kita juga akan mengehemat biawa pada penyewaan peralatan, itu juga termasuk derek yang digunakan untuk mengangkat panel. Biaya RTS, Software, training. Kita akan mendapatkan lebih dari 10 kali lipat keuntungan pada projek. Dengan menggunakan RTS ini perusahaan tersebut juga menjadi lebih kompetitif dari sebelum – sebelumnya. Setelah dilakukannya uji coba, hal tersebut akan mengubah pada proses penawaran yang akan dimasukkan ke dalam keuntungan dari si pengguna alat.

Berapa Biaya Yang Dibutuhkan Untuk Robotic Total Station?

Jika kita melihat harga pada alat ini tentu kita akan menemukan banyak merek dengan harga – harga yang berbeda. Dan titik utama pada harga alat ini tergantung pada anda, saya akan memberitahu opsi harga pada alat ini, yakni pada kisaran 10.000 Dollar Amerika hingga lebih dari 50.000 Dollar Amerika.

Testing Indonesia sebagai perusahaan yang bergerak pada bidang monitoring dan system. Kami Jual Robotic Total Station dengan kualitas terbaik dan pastinya dengan harga yang bersahabat. Untuk informasi alat dan pembelian anda dapat menghubungi kami melalui nomor telepon : 021-2956-3045 atau dengan melalui sales kami di email : sales@testingindonesia.com

Sumber : connect.bim360.autodesk

One Thought on “Robotic Total Station – Manfaat Serta Biaya Pada Alat”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *