Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai penggunaan pada alat vibration meter, sebelum itu mari kita bahas sedikit tentang apa itu vibration atau getaran. Dalam artian yang luas vibration atau getaran juga berkaitan dengan getaran pada mesin atau suatu benda yang biasa disebut dengan Mechanical Vibration yang bermakna sebagai suatu pergerakan bolak balik pada suatu benda seperti mesin sebagai reaksi yang dihasilkan dari gaya dalam maupun dari gaya luar.

vibration meter, alat ukur getaran, jual vibration meterVibration meter merupakan sebuah alat instrument yang digunakan untuk melakukan pengujian pada getaran suatu benda, seperti pada sebuah mesin sepeda motor, pompa maupun pada benda benda yang memiliki getaran lainnya yang digunakan pada dunia perindustrian. Cara kerja pada alat ini hanya dengan menempelkan alat pada benda yang akan dilakukan pengukuran yang mana setelahnya magnetic base akan melakukan pengiriman data melalui kabel menuju ke unit pembacaan.

Adapun getaran merupakan merupakan salah satu penyebab utama rusaknya sebuah mesin, hal tersebut dikarenakan jika mesin tersebut bergetar dengan cepat dalam kurn waktu yang lama, maka mesin akan mengalami aus yang mana pada saat tersebut mesin akan membutuhkan perbaikan dengan cepat agar mesin tidak mengalami kerusakan yang lebih besar lagi. Mesin merupakan rangkaian komponen yang saling terhubung, maka jika salaj satu komponen tersebut mengalami sedikit kerusakan, maka hal tersebut akan menyebabkan efek pada komponen mesin lainnya yang masih terhubung.

BACA JUGA : APAKAH ITU VIBRATION METER?

Karena itulah harus dilakukan penganalisaan pada getaran secara keseluruhan, jika hanya melakukan penukaran pada salah satu bagian komponen saja tanpa mempertimbangkan apa yang akan terjadi pada komponen lainnya, hal tersebut dapat menjadi salah satu akibat mesin tidak dapat bekerja dengan optimal. Perlu diingat juga, efek dari getaran ini tidak hanya berbahaya bagi mesin saja, getaran pada mesin ini juga dapat membahayakan para petugas yang sedang bekerja di area sekitar mesin.

Efek pada getaran dapat digolongkan kedalam 2 jenis yakni :

  • Hand Arm Vibration atau HAV : efek pada getaran ini terjadi pada si pekerja yang sedang melakukan pekerjaan dengan menggunakan alat, beberapa alat yang dapat menimbulkan getaran pada si pengguna seperti chain saw, bor, grinda, mesin compactor dan mesin lainnya.
  • Whole Body Vibration atau WBV : efek yang didapat dari getaran yang satu ini berdampak pada seluruh tubuh, getaran ini biasanya dihasilkan oleh benda benda berat seperti alat kontraktor, ataupun lantai pada sebuah pabrik.

Testing Indonesia sebagai perusahaan yang bergerak pada bidang monitoring dan system, kami jual Vibration Meter dengan kualitas terbaik dan pastinya dengan harga yang bersahabat, untuk informasi alat dan pembelian anda dapat menghubungi kami melalui nomor telepon : 021-2956-3045 atau dengan melalui sales kami di email : sales@testingindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *