Hardness tester adalah alat untuk mengukur kekerasan logam dan benda padat lainnya tanpa merusak struktur dan keutuhan material tersebut. Ada dua jenis hardness tester yang ada di pasaran yaitu bench hardness tester dan portable hardness tester. Memilih jenis hardness tester tergantung pada metode pengukuran yang ingin Anda lakukan, apakah Anda ingin mengukur langsung di lapangan atau di dalam ruangan. Kedua alat ukur kekerasan ini memiliki keunggulannya masing-masing. Simak artikel berikut supaya Anda tidak bingung dalam memilih hardness tester.

Cara Memilih Hardness Tester yang Tepat

Bench Hardness Tester

bench hardness tester

Alat ukur kekerasan ini merupakan model lama yang mengukur kekerasan menggunakan metode seperti Brinell, Rockwell, atau Vicker. Nama bench hardness tester diklasifikasikan berdasarkan skala pengukurannya seperti Brinell hardness tester, rockwell hardness tester, dan vicker hardness tester. Ada juga jenis hardness tester yang dapat mengukur lebih dari satu skala, bahkan bisa ketiganya. Semua jenis alat ukur kekerasan jenis bench ini memiliki ukuran yang besar dan berat (lebih dari 50 kg), sehingga perlu diletakkan di lantai atau meja, tidak cocok jika Anda lebih sering melakukan pengujian di lapangan.

Portable Hardness Tester

memilih hardness tester

Kebalikannya dari bench hardness tester, alat ukur kekerasan portable ini memiliki ukuran yang kecil, ringan, serta dapat mengukur segala jenis skala ukur kekerasan. Keuntungan dari portable hardness tester ini adalah Anda dapat membawanya ke manapun, Anda bisa dengan mudah mengukur kekerasan material langsung di lapangan tanpa perlu membawa sampel material ke laboratorium atau workshop.

Portable hardness tester adalah alat elektronik, jadi alat ini juga memberikan fitur-fitur berguna seperti menyimpan hasil pengukuran di penyimpanan internal, transfer data ke komputer untuk membuat report, dan masih banyak lagi. Dilihat dari keunggulannya, jelas portable hardness tester ini merupakan pilihan, tapi ada beberapa kasus pengukuran yang hanya bisa dilakukan oleh bench hardness tester. Portable hardness tester juga memiliki metode pengukurannya sendiri, yaitu UCI, Leeb, dan Combined.

Itulah penjelasan bagaimana cara memilih hardness tester yang tepat. Testing Indonesia jual hardness tester berkualitas untuk kebutuhan Anda. Hubungi kami di Office: 021-2956-3045, Email: sales@testingindonesia.com, Whatsapp: 0813-9929-1909 (Zulfikri), 0822-5870-6420 (Anto) jika Anda butuh informasi terkait hardness tester kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *